Pada
era globalisasi saat ini, pengembangan daya pikir terhadap seorang anak harus
ditanam sejak usia dini. Hal ini disebabkan karena daya serap otak anak sangat
baik pada usia 1-5 tahun. Salah satu hal yang dapat mendukung daya serap otak
anak adalah dengan melalui pendidikan, namun masih sangat banyak anak-anak yang
tidak mengerti dan paham tentang hewan yang hidup pada habitatnya seperti
darat, udara dan laut. Ketidakpahaman anak terhadap suatu pengetahuan mungkin
disebabkan karena apa yang diajarkan kurang menarik sehingga rasa ingin tahu
anak berkurang. Salah satu hal yang dapat mendukung perkembangan otak anak
adalah melalui pendidikan interaktif.
Oleh Karena itu perlu sebuah alat
pembelajaran berbasis animasi interaktif pengenalan hewan yang bertujuan
untuk mengenalkan hewan untuk pendidikan anak usia dini. Dalam penulisan Pene;itian
ini, animasi interaktif dibuat dengan metode System Development Life Cycle (SDLC) waterfall yang menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak
secara berurutan dimulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian dan tahap
pendukung. Metode pembelajaran berbasis teknologi informasi melalui animasi
interaktif memiliki banyak keunggulan dari metode belajar konvensional pada
anak usia 1-5 tahun, tampilan animasi interaktif dalam dunia pendidikan dapat
membantu siswa pada penyampaian materi dan lebih komunikatif sehingga dapat
lebih mudah mengingat materi pembelajarannya.
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digitial Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: ANDI
Desstya, Anatri, Haryono dan Saputro, Sulistyo. 2012. Pembelajaran Kimia Dengan Metode Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Media Animasi dan Kartu Di Tinjau Dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. ISSN: 2252-7893. Universitas Sebelas Maret: Jurnal Inkuiri Vol 1 No 3.
Diartono, Dwi Agus. 2008. Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. ISSN : 0854-9524. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIk Vol XIII No. 2. Juli 2008
usein, Umar. 2005. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo.
Nurtianto, P. & Syarif, A.M. 2013. Adobe Flash dalam Membuat Sistem Multimedia Interaktif. Yogyakarta: ANDI
Setiawan, Lisa Laurentia. 2008. Tutorial Praktis PHOTOSHOP CS3. Yogyakarta: NEOTEKNO.
Sukamto, Rosa Ariani dan Muhammad Shalahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula