ABSTRAK
Arjuna Novel Purba (12120321), Perancangan Aplikasi Learning Programming Language Berbasis Android
Perkembangan teknologi pada zaman sekarang yang cukup pesat berdampak terhadap kehidupan manusia. Hal ini dapat dilihat dari munculnya berbagai produk teknologi yang mampu mendukung kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, misalnya dengan adanya televisi, komputer, smartphone. Seiring dengan perkembangan teknologi ini, kita semakin dibutuhkan untuk responsif sebagai syarat pembuatan suatu media pembelajaran yang dapat membantu dalam memecahkan masalah yang ada di dunia pendidikan. Banyak media pembelajaran dibuat dengan sangat menarik dan interaktif sehingga pengguna merasa nyaman dan tidak mendapatkan lelah atau bosan. Oleh karena itu penulis membuat aplikasi pembelajaran bahasa pemrograman Java dan HTML berbasis Android yang dapat memberikan kemudahan dalam penyampaian materi, meningkatkan efektivitas, efisiensi waktu dan meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Dengan bantuan Intel XDK dalam merancang dan menggunakan bahasa HTML5 membuat terbentuknya media pembelajaran berbasis Android.
Kata Kunci: Aplikasi Pembelajaran, Java, HTML
Perancangan Aplikasi Learning Programming Language Berbasis Android_File_16 Bab III Analisa dan Perancangan Software.docx
Perancangan Aplikasi Learning Programming Language Berbasis Android_File_15 Bab II Landasan Teori.docx
Perancangan Aplikasi Learning Programming Language Berbasis Android_File_1 Lembar Judul Skripsi.docx
Perancangan Aplikasi Learning Programming Language Berbasis Android_File_14 Bab I Pendahuluan.docx
Perancangan Aplikasi Learning Programming Language Berbasis Android_File_17 Bab IV Penutup.docx
Perancangan Aplikasi Learning Programming Language Berbasis Android_File_19 Daftar Riwayat Hidup.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Avestro, Joyce. 2007. Pengenalan Pemrograman 1. Jeni. Juni 2007. Versi 1.2.
Hartono, Andhika, Hindriyanto Dwi Purnomo, dan Yos Richard Beeh. 2014. Rancangan dan Implementasi Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Pascal pada Platform Android. Salatiga: Vol. 11. No.2, Agustus 2014 : 101 – 202.
Hidayatullah, M.J Dewiyani Sunarto dan Teguh Sutanto. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Sandi Pramuka Pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android. ISSN 2338-137X, Surabaya: JSIKA Vol 2, No 2 2013.
Mengenal Intel XDK, Perangkat Development untuk Membangun Aplikasi Cross-Platform. Diambil dari : https://www.codepolitan.com/mengenal-intel-xdk-perangkat-development-membangun-aplikasi-cross-platform/ (25 Juli 2016).
Pengenalan Tentang Intel XDK. Diambil dari : http://www.rizalafni.com/2016/01/pengenalan-tentang-intel-xdk.html (21 Juli 2016)
Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung : PT. Prestasi Pustakarya.
Safaat, Nazruddin. 2015. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika Bandung.
Shalahuddin, dan Rosa A.S. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung.
Suria, Ozzi dan Christian Wibisono Kurniawan. 2015. Pengembangan Aplikasi Multimedia Untuk Sarana Edukasi Aksara Jawa Menggunakan Framework Codeigniter dan HTML5. ISSN 2089-9815, Yogyakarta : 28 Maret 2015.
Tim EMS. 2015. Pemrograman Android dalam Sehari. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.