ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )

research
  • 23 Jul
  • 2018

ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )


ABSTRAK


 


Muhamad Ubaedi (11123677), ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPOTRANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap kualitas produk. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis yang digunakan untuk mengukur harapan atribut produk dan kinerja dari sudut pandang konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk CV Modern Stamp adalah baik dari persepsi konsumen, ditunjukkan dengan nilai rata-rata tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan (harapan) konsumen dan kinerja produk sebesar 91,25%, yang berarti kinerja produk 91,25% sudah memenuhi harapan konsumen. Ada empat atribut kualitas produk yang sudah memenuhi harapan konsumen dapat dilihat pada kuadran II yaitu : kualitas stampel yang dihasilkan bagus,desaign yang dibuat sesuai dengan pesanan,produk stampel lebih awet dan tahan lama dan konsumen merasa puas terhadap mutu stampel. Dan ada 3 indikator kualitas produk yang perlu ditingkatkan kualitasnya  pada kuadran I dan kuadran III yaitu : ketersediaan pusat reparasi/perbaikan stampel,pilihan jenis stampel variasi dan pilihan warna tinta stampel menarik.


Kata Kunci : Kepuasan konsumen, Kualitas produk, Importance       Performance Analysis


Unduhan

  • File_15 Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf

    ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )_File_15 Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf

    •   diunduh 288x | Ukuran 268 KB
  • File_12 Bab I Pendahuluan.pdf

    ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )_File_12 Bab I Pendahuluan.pdf

    •   diunduh 414x | Ukuran 223 KB
  • File_16 Bab V Penutup.pdf

    ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )_File_16 Bab V Penutup.pdf

    •   diunduh 175x | Ukuran 154 KB
  • File_1 Lembar Judul Skripsi.pdf

    ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )_File_1 Lembar Judul Skripsi.pdf

    •   diunduh 329x | Ukuran 30 KB

 

  • File_1 Lembar Judul Skripsi.pdf

    ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )_File_1 Lembar Judul Skripsi.pdf

    •   diunduh 329x | Ukuran 30,361
  • File_18 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )_File_18 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 232x | Ukuran 548,476
  • File_14 Bab III Metodologi Penelitian.pdf

    ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )_File_14 Bab III Metodologi Penelitian.pdf

    •   diunduh 510x | Ukuran 239,305
  • File_13 Bab II Landasan Teori.pdf

    ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK CV MODERN STAMP DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ( IPA )_File_13 Bab II Landasan Teori.pdf

    •   diunduh 582x | Ukuran 311,159

REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


Analisis Data. 2014. Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS. Diambil dari : http://www.spssindonesia.com/2014/02/cara-mudah-melakukan-uji-t-dengan-spss.html


 


Ardi Suhendra,Dwi Prasetyanto . 2016 .Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2  Juni 2016 . Diambil dari : file http://download.portalgaruda.org/article.php?article=455691&val=5231. (Juni 2016)


 


Canon, Joseph. P, dkk, 2008. Pemasaran Dasar, Buku I Edisi 16, Salemba Empat.      


 


Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Januari 2013. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.


 


Fajar, Laksana, 2008, Manajemen Pemasaran, Graha Ilmu, Yogyakarta.


 


Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13,Erlangga


            Jakarta.


 


Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.


 


Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas,Jilid 1, dialihbahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks                                                                                           


 


Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga


 


Kusworo, Dedy. 2012 . Panduan Lengkap SPSS versi 20. Jakarta. PT Elex


            Komputindo.


 


Lovelock, Christopher, and Jochen Wirtz. 2011. Service Marketing, People,


Technology, Strategy. New Jersey: Prentice Hall Upper Sadle River.


 


Melfa Yola, Duwi Budianto . 2013 . Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). ISSN 2088-4842. Diambil dari: http : // download. portalgaruda. Org / article . php ? article=421756&val=7501. (1 Mei 2013)


 


Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.


Uji Instrumen . Cara Membaca dan Mencari r tabel Product Moment. Diambil dari :http://www.spssstatistik.com/cara-membaca-dan-mencari-r-tabel-product-moment/


 


Weni Novandari,Sri Murni Setyawati dan Siti Zulaikha Wulandari . 2011 . Analisis Kinerja Produk UKM Batik Banyumas Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Potential Gain Of Customer Value’s (PGCV) Index.  ISSN: 1412-3126. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2011, Hal. 104 – 113. Diambil dari : download.portalgaruda.org/article.php?article=129759&val=548. (September 2011)


 


Widiyono dan Mukhaer Pakkanna. 2013. Pengantar Bisnis : Respon terhadap Dinamika Global. Mitra Wacana Media. Jakarta.