Alex Daniel Pillay (11122990), Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Shalat Berbasis Android Pada RA Al-Amah
Pendidikan pada anak usia dini merupakan masa peka bagi anak, karena masa ini merupakan masa terjadinya pematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi lingkungan dan menginternalisasikan dalam pribadinya. Media pembelajaran yang hanya mengandalkan alat-alat tulis seperti buku, kertas, pensil atau penadalam proses belajar-mengajar menyebabkan terjadinya ketidak- lancaran komunikasi antara orang tua atau guru dengan anak atau siswa. Shalat merupakan amalan ibadah yang termasuk rukun islam yang kedua dan sangat penting sekali diajarkan kepada usia dini dengan memperkenalkannya sejak dini. Dalam hal ini media pembelajaran harus lebih kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran guna meningkatkan minat belajar pada usia dini khususnya belajar membaca untuk anak RA guna pembekalan ilmu sebelum melanjutkan ke pendidikan yang lebih lanjut.
Dengan adanya aplikasi animasi interaktif ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi anak-anak kita. Media pembelajaran yang disajikan tentu saja belajar sambil bermain dengan tujuan menumbuhan minat belajar dan memperkenalkan teknologi informasi pada anak usia dini.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Shalat, Pembelajaran, Media Interaktif
Ananda Sehenia. S Jarot Darma. 2009. Buku Pintar Menguasai Multimedia. Jakarta: Mediakita
Arum Puspita Malita Dhika. 2014. Visuaisasi Tuntunan Sholat Untuk Tuna Runggu Berbasis Media Interaktif. No.1-5 Semarang
Habibi. 2015. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish
Jasmadi. Widodo S Chomsin. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompotensi. Jakata: Kopotindo
Kinasih Prabowo. 2014. Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Sholat Fardhu Lima Waktu. ISSN : 1979-9330. Speed Journal Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Volume 11 No 1 - Februari 2014
Madcoms. 2012. Mahir dalam 7 hari adobe Photoshop cs6. Yogyakarta: ANDI
Nu’man Baihaqi. 2014. Risalah Shalat, Shalawat, Zikir dan Do a. Tangerang : Al Aras
Nurdiana dalam junalnya. 2015. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Shalat Berbasis Multimedia Menggunakan Metode Computer Assisted Intruction. Volume : V Nomor 2 Januari 2015
Purnama Eka Bambang. 2013. Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta : Graha Ilmu
Rosa Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Sukadi Isma Trisna Santi. 2014. Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanak-Kanak (TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan. Volume 6 No 2 – 2014
Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Rosda
Wahana Komputer. 2012. Adobe Flash CS6. Semarang: Andi
Zinnurain, Gafur Abdul. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Tata Cara Sholat Untuk Sekolah Dasar. Volume 2 No 2 - 2015
La Hompu Ummi Hidayat, Yamin Muh dan S. Sagala. Multimedia Pembelajaran Interaktif Makhraj Huruf Hijaiyah, Wudu Dan Salat Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android. Volume 2 No 2 – 2016