Tri Sulistiono (11160335), Pemilihan Faktor Pendukung
Siswa-Siswi Berprestasi Menggunakan Metode Analytical
Hierarchy Process (AHP) Tingkat Sekolah Dasar.
Pemilihan siswa
berprestasi di setiap sekolah pada umumnya berdasarkan nilai raport. Siswa yang
nilai raport menduduki peringkat 1 sampai 3 tingkat sekolah akan dianggap
sebagai siswa berprestasi. Sistem pemilihan siswa berperstasi yang hanya
berdasarkan aspek akademik dan non akademik membutuhkan suatu perhitungan yang
tepat, cepat dan akurat.
Pemilihan siswa
berprestasi dengan metode Analytical
Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu model yang digunakan untuk mencari
alternatif yang ada berdasarkan multi kriteria.Kriteria yang digunakan terdiri
dari 4 kriteria yaitu nilai rata-rata raport, ekstrakulikuler, sikap dan
absensi.
Proses pemodelan ini
memerlukan pembentukan matriks keputusan yang kemudian dilanjutkan proses
normalisasi matrik keputusan dan proses pembobotan yang diakhiri dengan proses
perangkingan.
Kata Kunci: Sistem pendukung keputusan,
AHP, Sekolah Dasar.
DAFTAR
PUSTAKA
Arifin,
Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, Depag
RI.
Baharuddin
dan Esa, Nurwahyuni.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar–Ruzz Media.
Damanik,
Olivia Olin. (2015).Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Peserta Olimpiade SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Deli serdang Menerapkan
Metode Elimination And Choice Translation Reality (Electre). ISSN:
2301-9425. Medan: Jurnal Pelita Informatika Budi Darma Volume IX Nomor 1 tahun 2015. Diambil dari: https://www.scribd.com/document/332541380/26-Jurnal-Olin-Olivia-Damanik#di akses (19
Oktober 2016)
Fathurrahman,
Muhammad dan Sulistyorini.2012.Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Hamalik,
Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik,
Oemar. 2009. Belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hamalik,
Oemar. 2011. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Idmayanti
Rika. (2014).Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) Pada Politeknik
Negeri Padang Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making.
ISSN: 2086-4981. Padang: Jurnal Teknologi Informasi
dan PendidikanVol 7 No.1 Tahun 2014. Diambil dari: http://www.jurnal- tip.net/jurnal-resource/file/3-Vol7No1Mar2014-RikaIdmayanti.pdf
di akses (19 Oktober 2016).
Kusrini.
2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.
Lemantara,
Julianto. (2013).Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode
AHP dan Promethee. ISSN: 2301-4156. Yogyakarta :JNTETI Volume 2 Nomor 4 Febuari
2013. Diambil dari: http://ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/viewFile/24/73di akses (19
Oktober 2016).
Rohman,
Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Slameto.
2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: RinekaCipta.
|
Sugiyono, 2008.Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.