PEMILIHAN FAKTOR PENDUKUNG SISWA-SISWI BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) TINGKAT SEKOLAH DASAR

research
  • 20 Jul
  • 2018

PEMILIHAN FAKTOR PENDUKUNG SISWA-SISWI BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) TINGKAT SEKOLAH DASAR

ABSTRAK

 

Tri Sulistiono (11160335), Pemilihan Faktor Pendukung Siswa-Siswi Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Tingkat Sekolah Dasar.

Pemilihan siswa berprestasi di setiap sekolah pada umumnya berdasarkan nilai raport. Siswa yang nilai raport menduduki peringkat 1 sampai 3 tingkat sekolah akan dianggap sebagai siswa berprestasi. Sistem pemilihan siswa berperstasi yang hanya berdasarkan aspek akademik dan non akademik membutuhkan suatu perhitungan yang tepat, cepat dan akurat.

Pemilihan siswa berprestasi dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu model yang digunakan untuk mencari alternatif yang ada berdasarkan multi kriteria.Kriteria yang digunakan terdiri dari 4 kriteria yaitu nilai rata-rata raport, ekstrakulikuler, sikap dan absensi.

Proses pemodelan ini memerlukan pembentukan matriks keputusan yang kemudian dilanjutkan proses normalisasi matrik keputusan dan proses pembobotan yang diakhiri dengan proses perangkingan.

 

Kata Kunci: Sistem pendukung keputusan, AHP, Sekolah Dasar.

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, Depag RI.

 

Baharuddin dan Esa, Nurwahyuni.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar–Ruzz   Media.

 

Damanik, Olivia Olin. (2015).Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Peserta Olimpiade   SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Deli serdang Menerapkan Metode Elimination And Choice   Translation Reality (Electre). ISSN: 2301-9425. Medan: Jurnal Pelita Informatika Budi    Darma Volume IX Nomor 1 tahun 2015. Diambil dari:       https://www.scribd.com/document/332541380/26-Jurnal-Olin-Olivia-Damanik#di akses    (19 Oktober           2016)

 

Fathurrahman, Muhammad dan Sulistyorini.2012.Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

 

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

 

Hamalik, Oemar. 2009. Belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

 

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

 

Idmayanti Rika. (2014).Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa BBM          (Bantuan Belajar Mahasiswa) Pada Politeknik Negeri Padang Menggunakan Metode  Fuzzy Multiple Attribute Decision Making. ISSN: 2086-4981. Padang: Jurnal Teknologi  Informasi dan PendidikanVol 7 No.1 Tahun 2014. Diambil dari: http://www.jurnal-       tip.net/jurnal-resource/file/3-Vol7No1Mar2014-RikaIdmayanti.pdf di akses (19 Oktober           2016).

 

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

 

Lemantara, Julianto. (2013).Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan      Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP dan Promethee. ISSN: 2301-4156.      Yogyakarta :JNTETI Volume 2 Nomor 4 Febuari 2013. Diambil dari:      http://ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/viewFile/24/73di akses            (19       Oktober           2016).

 

Rohman, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

 

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: RinekaCipta.

 

 

Sugiyono, 2008.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.