PENERAPAN DATA MINING ANALISIS TERHADAP DATA PENJUALAN AIR CONDITIONERDENGAN METODE ALGORITMA APRIORI

research
  • 19 Jul
  • 2018

PENERAPAN DATA MINING ANALISIS TERHADAP DATA PENJUALAN AIR CONDITIONERDENGAN METODE ALGORITMA APRIORI

ABSTRAK

 

 

Natalia Sri Yanti (11120804), Penerapan Data Mining Analisis Terhadap Data Penjualan AC Dengan Metode Algoritma Apriori

 

Penjualan produk air conditioner (AC) mengalami peningkatan setiap bulan, produk yang ditawarkan bermacam merk, merek mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk tersebut, untuk mengetahui merek dengan penjualan terbanyak diperlukan algoritma apriori untuk dapat mengetahuinya, dan dengan bantuan tools tanagra,produk dengan penjualan terbanyak dapat diketahui. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Salah satu tahap analisis pola asosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menhasilkan algoritma yang efisien adalah analisis pola frekuensi tinggi. Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan support dan confidence. Support adalah probabilitas konsumen membeli beberapa produk secara bersamaan dari jumlah seluruh transaksi, sedangkan confidence adalah kuat nya hubungan antar item dalam aturan asosiasi. Algoritma apriori dapat membantu untuk pengembangan stategi pemasaran.

 

Kata Kunci : Penjualan, Air conditioner, Algoritma Apriori

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Goldie Gunadi, Dana Indra Sensuse. Penerpan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frekuent Pattern Growth(FP-GROWTH) :Studi kasus percetakan PT.Gramedia. ISSN : 2085-725X. Jurnal         TELEMATIKS MKOM Vol.4 No.1, Maret 2012 hal118-132 diambil dari https://www.scribd.com/doc/263139983/Jurnal-Apriori-Dan-Frequent-Pattern-Growth (20 April 2016)

 

Hapsari Dita Anggraeni,Ragil Saputra, S.Si,M.Cs, Beta Noranita, S. Si,M.Kom. Aplikasi data mining analisis data transaksi penjualan obat menggunakan algoritma apriori(Studi kasus: di Apotek Setya sehat semarang) Semarang: jounal of informatics and technology, vol 2, no. 2 tahun 2013 diambil dari http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint  (28 April 2016)

 

Kusrini M.kom, 2007.Konsep dan aplikasi Sistem pendukung keputusan, Yogyakarta : Andi offset

 

Kusrini,EmhaTaufiq Luthfi.2009.Algoritma data mining,yogyakarata:Andi offset

 

PrasetyoEko.2012. Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Yogyakarta: Andi

 

PrasetyoEko.2014. Data Mining Mengelola menjadi Informasi Menggunakan Matlab, Yogyakarta: Andi

 

 

Sugiyono Prof.Dr.2009.Metode Penelitian Bisinis (Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan R&D), Bandung : Alfabeta

 

Sri Rahayu Siregar. Impelementasi data mining pada penjualan tiket pesawat menggunakan algoritma apriori (studi kasus:Jumbo travel medan). ISSN : 2301-9425. Medan: Pelita Informatika Budi Darma, Vol.VII, No.1 Juli 2014: 152-156. Diambil dari http://pelita-informatika.com/berkas/jurnal/28.%20Sri%20Rahayu.pdf.

                (28 April 2016)

 

 

 

 

 

Yanto Robi, Khoiriah Riri. Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. ISSN : 2354-5771. Citec Journal, Vol 2,No.2, Febuari 2015 – April 2015 hal:102-113 di ambil dari http://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/41

            (28 April 2016)

 

 

Pane Dewi Kartika. Implementasi data mining pada penjualan produk elektronik dengan algoritma apriori (studi kasus: kreditplus). ISSN:2301-9425. Pelita Imformatika Budi Darma, Vol.IV, No.3 Agustus 2013 hal 25-29. Diambil dari

            http://pelita-informatika.com/berkas/jurnal/4330.pdf  

(28 April 2016)