PENERAPAN DATA MINING PENJUALAN PERALATAN DAPUR MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA PT. HANSAE YES 24

research
  • 18 Jul
  • 2018

PENERAPAN DATA MINING PENJUALAN PERALATAN DAPUR MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA PT. HANSAE YES 24

ABSTRAK

 

Anugrah Bella Pertiwi (11120897), Penerapan Data Mining Penjualan Peralatan Dapur Menggunakan Metode K-Means Clustering Pada Pt. Hansae Yes24.

Dalam dunia bisnis yang selalu dinamis dan penuh persaingan para pelakunya harus selalu memikirkan cara-cara untuk terus survive, ada tiga kebutuhan bisnis yang dapat dilakukan, yaitu penambahan jenis maupun peningkatan kapasitas produk, pengurangan biaya operasional perusahaan, dan peningkatan efektifitas pemasaran serta keuntungan. PT. Hansae Yes 24 Jakarta ingin mengetahui jumlah penjualan bagian Peralatan Dapur dengan melihat trend penjualan pada toko Yes24Indonesia PT. Hansae Yes 24 dapat memperoleh analisa data penjualan yang paling banyak diminati masyarakat terhadap Peralatan Dapur. Metode k-means merupakan salah satu teknik data mining yang di gunakan untuk membantu merancang strategi persediaan atau pemesanan stok barang yang efektif dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersedia di perusahaan. Teknik ini bertujuan untuk mengelompokkan Peralatan Dapur yang dijual pada Pt Hansae Yes24 Jakarta menjadi beberapa cluster dari data transaksi yang berukuran besar dengan menggunakan algoritma k-means. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan algoritma k-means, data yang diambil sebagai contoh kasus adalah data transaksi penjualan peralatan dapur di Pt Hansae Yes24 Jakarta. Pencarian cluster ini menggunakan Rapidminer untuk mengetahui produk mana yang paling banyak terjual untuk jumlah stok harus banyak dan produk yang paling dimitani untuk jumlah stok harus sedang,sedangkan untuk produk yang sedikit terjual sehingga jumlah stok harus sedikit, produk diharapkan dapat membantu pengembang dalam merancang strategi penjualan peralatan dapur di Pt.Hansae Yes24 Jakarta .

Kata Kunci : Pt Hansae Yes24, Data Mining Clustering K-means.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Hermawati, 2013. Data Mining, Surabaya;Andi Offset

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Bisinis (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta

Wibowo, Rizky Saputro, Bambang Eka Purnama ,Sukadi, 2012. Pembuatan toko online barang furniture pada usaha dagang (ud) pendowo jati pacitan. Issn : 2302-5700 diambil dari   http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/127/124

Lestari, Sri Budi Lestari. 2015  Shopping Online Sebagai Gaya Hidup, diambil dari http://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmusos/article/view/10364

Susanti, Vivi dan Cholichul Hadi, M.Si.,. 2013 Kepercayaan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Gadget secara Online diambil dari, http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/110911101_RINGKASAN.pdf

Nasari,Fina dan Surya Darma, 2015. Penerapan K-Means Clustering Pada Data Penerimaan Mahasiswa Baru. ISSN: 2302-3805 diambil dari

http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/837/801

http://yusnitadewi.ilearning.me/2013/10/01/eksplorasi-data-mining-software-rapid-miner/

Tanggal 1 Mei     Waktu 12:27

https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel

tanggal 25 Mei  Waktu 18: 41