Pendeteksian gangguan pada LAN (Local Area Network) seringkali
membutuhkan waktu yang lama.Hal ini dikarenakan tidak semua pengguna LAN
mengerti penanganan gangguan pada LAN.Selain itu administrator LAN
sendiri terkadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam mendeteksi
gangguan pada LAN.Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pakar
untuk mendeteksi gangguan jaringan LAN.Sistem pakar ini dapat digunakan
pengguna LAN untuk membantu mendeteksi gangguan pada LAN dan dapat
dijadikan sebagai asisten pakar oleh administrator LAN.Metode yang
digunakan dalam pembangunan inference engine untuk sistem pakar ini
adalah metode Forward Chainning.Sebelum pembangunan inference engine
dilakukan ekstraksi pengetahuan dari pakar dengan menggunakan
representasi grafis dan dependency diagram.Hasilnya direpresentasikan ke
dalam Knowledge Based Table yang selanjutnya digunakan untuk
pembangunan sistem pakar.Hasil pembangunan sistem pakar terdiri dari
halaman admin dan pengguna. Melalui halaman admin dapat diinputkan
knowledge based dan dari halaman pengguna dapat dilakukan konsultasi
dalam bentuk tanya jawab. Hasil dari tanya jawab akan memberikan hasil
berupa jenis gangguan yang terjadi pada LAN. Penggunaan sistem pakar ini
dapat mempersingkat waktu pendeteksian jenis gangguan yang terjadi pada
LAN.
Jurnal_SisPak_Gangguan_Jaringan_LAN