PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN JENIS BURUNG KICAU DALAM KONTES BURUNG KICAU

research
  • 18 Jul
  • 2018

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN JENIS BURUNG KICAU DALAM KONTES BURUNG KICAU

ABSTRAKSI

 

Herdian Pratama (11151209), Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Jenis Burung Kicau Dalam Kontes Burung Kicau

 

Burung merupakan salah satu binatang yang memiliki banyak jenisnya, ada sebagian jenis burung yang memiliki kemampuan mampu mengeluarkan suara yang merdu untuk didengarkan. Oleh karna itu ada sebagian manusia yang memutuskan untuk memilih burung tersebut menjadi hewan peliharaan. Sebelum memelihara burung tersebut ada baiknya kita mempelajari tentang jenis-jenis burung berkicau. Pada saat ini banyak cara untuk mempelajari tentang jenis-jenis burung, dengan media animasi interaktif akan lebih mudah untuk mempelajari jenis-jenis burung. Karena animasi interaktif memiliki daya tarik tersendiri sebagai media pembelajaran karena media ini membuat proses belajar menjadi lebih menarik. Salah satu software yang digunakan adalah macromedia flash professional 8, karna software ini fleksibel digunakan untuk pembuatan animasi interaktif.

 

Kata kunci : Burung, Animasi Interaktif, Macromedia Flash Professional 8

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

A.S, Ranang,dkk. 2010. Animasi Kartun Dari Dialog Sampai Digital.

Jakarta:PT.Index.

 

Binanto, Iwan. 2010, Multimedia Digital Dasar Teori Dan Pengembangannya.

Yogyakarta: Andi Offset

 

H. Gilang, Oryza. 2015, Implementasi Animasi Interaktif Mengenal Hewan

di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gemilang Cikampek. ISBN 978-602-72850-0-2. Koferensi Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (KNIT) 2015. 8 Agustus 2015: diambil dari :

http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/38

 

Iskandar, Johan dan Budiawati Iskandar. 2015, Pemanfaatan Aneka Ragam Burung

dalam Kontes Burung Kicau dan Dampaknya Terhadap Konservasi Burung Dialam: Studi Kasus di Kota Bandung, Jawa Barat. ISSN: 2407-8050. Vol 1, Nomor 4, Juli 2015: diambil dari :

 http://biodiversitas.mipa.uns.ac.id/M/M0104/M010411.pdf

 

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011, Media Pembelajaran manual dan Digital

Bogor: Ghalia Indonesia.

 

Mahardika, Andaru dan Henny Destiana. 2014, Animasi Interaktif Pembelajaran

Pengenalan Hewan dan Alat Transportasi Untuk Siswa Taman Kanak-Kanak. Vol.X, No.1, Maret 2014: diambil dari :

 ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/download/105/101

 

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: CV. Andi Offset.       

Tim Divisi Litbang Madcoms. 2006. Mahir Dalam 7 Hari Macromedia Flash Pro 8.

Yogyakarta: Andi Offset