ABSTRAKSI
Herdian Pratama (11151209), Perancangan Animasi
Interaktif Pengenalan Jenis Burung Kicau Dalam Kontes Burung Kicau
Burung
merupakan salah satu binatang yang memiliki banyak jenisnya, ada sebagian jenis
burung yang memiliki kemampuan mampu mengeluarkan suara yang merdu untuk
didengarkan. Oleh karna itu ada sebagian manusia yang memutuskan untuk memilih
burung tersebut menjadi hewan peliharaan. Sebelum memelihara burung tersebut
ada baiknya kita mempelajari tentang jenis-jenis burung berkicau. Pada saat ini
banyak cara untuk mempelajari tentang jenis-jenis burung, dengan media animasi
interaktif akan lebih mudah untuk mempelajari jenis-jenis burung. Karena
animasi interaktif memiliki daya tarik tersendiri sebagai media pembelajaran
karena media ini membuat proses belajar menjadi lebih menarik. Salah satu software yang digunakan adalah macromedia flash professional 8, karna
software ini fleksibel digunakan untuk pembuatan animasi interaktif.
Kata kunci : Burung, Animasi Interaktif, Macromedia Flash Professional 8
DAFTAR PUSTAKA
A.S, Ranang,dkk. 2010. Animasi Kartun
Dari Dialog Sampai Digital.
Jakarta:PT.Index.
Binanto, Iwan. 2010, Multimedia Digital
Dasar Teori Dan Pengembangannya.
Yogyakarta: Andi
Offset
H. Gilang, Oryza. 2015, Implementasi Animasi Interaktif
Mengenal Hewan
di
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gemilang Cikampek. ISBN 978-602-72850-0-2.
Koferensi Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (KNIT) 2015. 8 Agustus 2015:
diambil dari :
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/38
Iskandar, Johan dan Budiawati Iskandar. 2015,
Pemanfaatan Aneka Ragam Burung
dalam
Kontes Burung Kicau dan Dampaknya Terhadap Konservasi Burung Dialam: Studi
Kasus di Kota Bandung, Jawa Barat. ISSN: 2407-8050. Vol 1, Nomor 4, Juli 2015:
diambil dari :
http://biodiversitas.mipa.uns.ac.id/M/M0104/M010411.pdf
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011, Media
Pembelajaran manual dan Digital
Bogor: Ghalia
Indonesia.
Mahardika, Andaru dan Henny Destiana. 2014, Animasi
Interaktif Pembelajaran
Pengenalan
Hewan dan Alat Transportasi Untuk Siswa Taman Kanak-Kanak. Vol.X, No.1, Maret
2014: diambil dari :
ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/download/105/101
Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak.
Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tim Divisi Litbang Madcoms. 2006. Mahir Dalam 7 Hari
Macromedia Flash Pro 8.
Yogyakarta: Andi Offset