ABSTRAK
Virtual Reality Rumah Adat Indonesia Menggunakan Unity Engine Berbasis Web, (12120153) Ardi Santoso.
Kurangnya pengetahuan terhadap rumah adat Indonesia serta keterbatasan dalam media pembelajaran sering kali dialami masyarakat. Oleh sebab itu perlu adanya aplikasi yang dapat menyampaikan informasi mengenai rumah adat Indonesia secara akurat. Cube Mapping merupakan suatu teknik pemberian tekstur pada suatu model 3D dengan memproyeksikan lingkungan sekitar melalui 6 buah gambar yang berada kedalam 6 sisi kubus dan disimpan sebagai tekstur persegi. Untuk itu, dalam pembuatan aplikasi ini akan menggunakan metode cube mapping untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih nyata. Berdasarkan uraian tersebut, dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mensimulasikan rumah adat di Indonesia dan membuat pengguna seolah berada dalam lingkungan tersebut sehingga dapat mendapatkan informasi yang lebih akurat. Teknologi pemprograman terkini memungkinkan untuk menampilkan objek 3D melalui browser internet. Oleh karena itu, agar memudahkan pengguna dalam menggunakannya, aplikasi ini akan diaplikasikan dalam bentuk aplikasi berbasis web.
DAFTAR PUSTAKA
Ghazali, Muhammad Imam, Febriliyan Samopa, dan Nisfu Asrul Sani. 2015. Pengembangan Peta InteraktifTigaDimensiGedungRektoratInstitutTeknologiSepuluhNopemberMenggunakan Unity 3D Engine. ISSN: 2337-3539 (2301-9271 Print). Surabaya :JURNAL TEKNIK ITSVol.4 No.1 2015.
Jesica,Samuri Klarisa, Longkeng Fridelita Celia, dan Oktoverano Lengkong. 2015. RancangBangunAplikasiPembelajaran Rumah Adat Pulau Sulawesi dengan Visualisasi 3 Dimensi. Minahasa Utara : Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015 9 – 10 Oktober 2015.
Muhammad Rizki Utama. 2014. Pembangunan Peta Kampus 3D UniversitasKomputer Indonesia Berbasis WEBGL. ISSN: 2089-9033. Bandung :Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA)Agustus2014.
Pramono, Andy. 2013. MediaPendukungPembelajaranRumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality.ISSN: 1693-4024.Malang :Jurnal ELTEKVol.11 No.01April 2013.
Prasetyo, Eri, Dian Kusuma Ningtyas, dan Prasetiyo. 2008. Teknik Cube Mapping Dengan Open GL.Depok :JurnalInformatikaVol.4 No.1 April 2008.
Setiawan, Sari Indah Anatta. 2011. Google SketchUpPerangkatAlternatifDalamPemodelan 3D.ISSN:2085-4552. Tanggerang :ULTIMATICSVol.III No.2 Desember 2011.
Tjahyadi, Michello Pratama, Alicia Sinsuw, Virginia Tulenan, dan Steven Sentinuwo. 2014. Prototipe Game MusikBambuMenggunakan Engine Unity 3D.ISSN:2301-8364. Manado :E-journal Teknik InformatikaVol.4 No.2 2014.
Wardijono,Bheta Agus. 2011. StudiTentang Cube Mapping UntukPemetaanTeksturPadaObjek 3D.ISSN:1412-9434. Jakarta :Jurnal KomputasiVol.10 No.1 1 Juni 2011.
Wardijono, B.A., F. Hendajani, S.A.Sudiro, dan A.I. Ramadhani. 2015. Pengembangan Model Grafik 3 DimensiMonumen Nasional danLingkunganSekitarnyaDenganTeknologi Virtual Reality Berbasis Web. ISSN: 2407-1846 e-ISSN : 2460-8416. Depok :Seminar Nasional Sains dan Teknologi 201517 November 2015.