M. Muksin (12130275) Perancangan Aplikasi Pemandu Wisata Lombok Dengan Metode Algoritma Dijkstra Berbasis Android.
Berwisata merupakan kegiatan perjalanan yang dilakukan manusia keluar daerah ataupun keluar negeri entah itu perorangan ataupun kelompok untuk mengunjungi suatu destinasi tertentu dengan tujuan rekreasi, mempelajari keunikan daerah dan mengunjungi suatu tempat yang digunakan untuk melakukan kegiatan wisata. Tempat wisata dapat berupa tempat wisata alam, kuliner (makanan), rumah adat dll. Dalam melakukan suatu perjalanan wisata ke suatu tempat, terkadang wisatawan bingung mencari tempat wisata ataupun tempat kuliner di daerah tersebut dan kurang tahu akan daerah yang dikunjungi, mungkin saja di daerah tersebut banyak sekali tempat wisata, misalnya pulau lombok. Oleh sebab itu diharapkan masalah tersebut bisa teratasi dengan aplikasi pemandu wisata lombok dengan algoritm dijkstra yang berbasis mobile ini bisa mempermudah para wisatawan asing maupun lokal dalam melakukan kunjungan wisata di lombok, selain itu dapat memudahkan para wisatawan mengunjungi objek wisata, karena aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti: maps wisata, Dijkstra (jarak terdekat).
Kata Kunci: Pemandu Wisata, Dijkstra, Mobile Android
DAFTAR PUSTAKA
Andi. 2011. Paling Dicari Java Script Source Code. Semarang: Wahana Komputer.
Ayuliana. 2009. Testing dan Implementasi. Jakarta : Informatika Jakarta.
Fathansyah. 2015. Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.
Faridayonarisa. 2012. Pengertian Eclipse. Diambil dari: http://blog.akakom.ac.id/faridayonarisa/2012/09/07/pengertian eclipse/ (04Februari 2015).
Latifah dan Prasetyo. 2015, Aplikasi Traimasure Perjalanan Kereta Api Dengan Algoritma Dijkstra Untuk Mengukur Stasiun yang Terdekat. Vol.XII No. 2-2015.
Tetlaumbanua dan Zai. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Mobile Toure System Berbasis Nndroid.Vol.14 No. 1-2013.
Saniman dan Fathoni. 2008. Ringkasan Algoritma. Bandung: Wahana Komputer.
Sulistyorini, Prastuti. 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. Pekalongan: jurnal teknologi informasi DINAMIKA Volume XIV, No. 1: 23-29.
Safaaat H. 2015. Android Programan Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
Pangestu dan Widayati. 2016, Program Aplikasi Tentang Teori Dasar Berbasis Mobile. Vol.15 No. 2-2016.
Pratama dan Hermawan. 2012, Aplikasi Pembelajaran Potensi Akademik Berbasis Android. ISSN 2301 - 4156.
Wibowo dan Herlawati. 2011. Menggunakan UML Bandung: Informatika Bandung.