ABSTRAK
SistemPakarDiagnosaGejalaKecanduanGamesOnlineDengan MenggunakanMetode Certainty FactorBerbasis Mobile, (12120201) Andreas.
Kurangnya pengetahuan serta tanggapan dari masyarakat akan kecanduan terhadap games online. Membuat angka kecanduan terhadap games online meningkat drastis. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah sistem pakar yang dapat menggantikan peran seorang pakar. Sistem Pakar mengandung pengetahuan dan pengalaman banyak pakar dalam bidang pengetahuan tertentu. Implementasi sistem pakar banyak digunakan dalam bidang kesehatan misalnya ganguan kejiwaan (psikologis) seperti melakukan diagnosa terhadap suatu kecanduan atau ketagihan.Diagnosa dilakukan untuk menjelaskan apakah seseorang mengalami/menderita penyakit tertentu misalnya penyakit psikis seperti kecanduan games online. Untuk memudahkan dalammendiagnosa gejala kecanduan terhadap games online maka digunakan metode Certainty Factor. Danuntuk memudahkan para pengguna maka sistem pakar ini akan diaplikasikan dalam bentuk aplikasi mobileberbasis Android.
DAFTAR PUSTAKA
Anggraini, Dini, Beni Irawan, dan Tedy Rismawan. 2014. DiagnosaPenyakitTelingaHidungdanTenggorokan(THT)PadaAnakDenganMenggunakanSistemPakarBerbasisMobile Android. ISSN: 2338-493x. Pontianak :Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas TanjungpuraVol.02 No.2 2014.
Booch, G., Maksimchuk, R. A., Engle, M. W., Young, B. J., Conallen, J., & Houston, K. A. 2007. Object-Oriented Analysis and Design with Applications 3rd edition. Boston: Pearson Education.
Damarullah,Wandy, Amir Hamzah, dan Uning Lestari. 2013. AplikasiPengenalandanPembelajaran Bahasa Korea (Hangeul) Berbasis Android. ISSN: 2338-6304. Yogyakarta :Jurnal SCRIPTVol.1 No.1 Desember 2013.
Hidayatullah, M.J Dewiyani Sunarto, dan Teguh Sutanto. 2013. RancangBangunAplikasiPembelajaran Sandi PramukaPadaSiswa Tingkat SekolahDasarBerbasis Android. ISSN: 2338-137X. Surabaya :JSIKAVol.2 No.2 2013.
Lengkong, Hendra Nugraha, Alicia A.E. Sinsuw, ST., MT., dan Arie S.M Lumenta, ST., MT. 2015. PerancanganPenunjukRutePadaKendaraanPribadiMenggunakanAplikasiMobileGISBerbasis Android Yang TerintegrasiPadaGoogle Maps. ISSN: 2301-8402. Manado :E-journal Teknik Elektro dan Komputer2015.
Sari, Weni Wilda. 2013. PerancanganSistemPakarUntukMengetahuiInfertilitasPadaPerempuanMenggunakanMetode Certainty Factor. ISSN: 2301-9425. Medan :Pelita Informatika Budi DarmaVol.V No.1 November 2013.
Sianturi, Ericksan. 2014. Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. ISSN: 2301-9425.Medan : Pelita Informatika Budi Darma Vol.VII No.3 Agustus 2014.
Syahran, Ridwan. 2015. KetergantunganOnlineGamedan Penanganannya.ISSN: 2443-2202.Palu:Jurnal Psikologi Pendidikan & KonselingVol.1 No.1Juni 2015.
Tjandra, Suhatati, dan C. Pickerling. 2015. AplikasiMetode-Metode Software Testing Pada Configuration, Compatibility dan Usability PerangkatLunak. ISSN: 2089-1121. Surabaya :Seminar Nasional “Inovasi dalam Desain dan Teknologi” - IDeaTech2015.
Veradani,Oksi. 2014. SistemPakarUntukMendiagnosaBabyBluesPadaWanitaDalam MasaNifasDenganMenerapkanMetode Certainty Factor. ISSN: 2301-9425. Medan :Pelita Informatika Budi DarmaVol.VII No.3 Agustus 2014.
WahanaKomputer, 2013, Step By Step Menjadi Programmer Android.
Wahyudi,Eko Nur. 2007. AlgoritmadanPemrograman Format Laporandengan Pascal. ISSN: 0854-9524. Semarang :Jurnal Teknologi Informasi DINAMIKVol.XII No.1 Januari 2007.
Wardhani,Retno dan Moh Husnul Yaqin. 2013. Game Dasar-DasarHukum Islam DalamKitabMabadi’ulFiqhJilid I. ISSN: 2085-0859. Lamongan :Jurnal TeknikaVol.5 No.2 September 2013.