PENYELEKSIAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN WARGA DI KAMPUNG KOTA INTAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVQUAL

research
  • 11 Jul
  • 2018

PENYELEKSIAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN WARGA DI KAMPUNG KOTA INTAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVQUAL


ABSTRAK


 


 


Tati Yuliana (11130461), Penyeleksian Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Kebersihan Lingkungan Warga Di Kampung Kota Intan Menggunakan Metode Fuzzy Servqual


 


 


Kebersihan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam masyarakat, karena dengan kebersihan maka akan terwujud masyarakat yang sehat. Untuk itu Pemerintah membentuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang bertugas dalam pelayanan kebersihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kebersihan Lingkungan warga di Kampung Kota Intan Kota Administrasi Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan pihak-pihak yang berkepentingan seperti Ketua RT dan Wakil RT serta para warga asli Kampung Kota Intan dengan melakukan observasi mencari sumber data dan menyebarkan kuesioner. Dalam penelitian ini didapat jumlah sampel untuk warga adalah 50 orang. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas swadaya kebersihan pada warga masih kurang berkualitas, karena pelayaan yang diberikan belum mampu memberikan kepuasan dalam diri mayarakat. Dalam hal ini utuk mengukur kepuasan warga digunakan metode Fuzzy Servqual (Service Quality). Pendekatan Fuzzy Servqual memungkinkan untuk merepresentasikan ketidakpastian yang berhubungan dengan kesamaran, seperti informasi mengenai elemen tertentu dari problem yang dihadapi, seperti kepuasan pelanggan, tingkat Persepsi, Harapan dan Kualitas Pelayanan.


 


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kebersihan, Kepuasan Warga, Fuzzy Servqual, Service Quality.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


Unduhan

 

REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


 


 


Ananda Shenia dan Rouf Irwan. 2011. Buku Pintar Menguasai Microsoft Excel. Ciganjur: Mediakita.


 


Azizah, dkk. 2007. Analisa Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonogiri Menggunakan Metode Fuzz Servqual. Wonogiri: Jurnal Teknik Industri Vol. 10 no. 2, Juli 2007: 22-26.


 


Harto, Budi. 2015. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Bengkel Resmi BAJAJ Padang). Padang: Jurnal Sistem Informasi Vol. 3 no.1, 2 : 20-30.


 


Indah Wahyu Maesarini, 2017. Analisis Kualitas Pelayanan Kebersihan Lingkungan Di Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa Kota Administrasi Jakarta Selatan. Jakarta: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi. Vol 8 no. 2, September 2016: 164-171.


 


Jaluanto Sunu Punjul Tyoso. 2016. Sistem Informasi Manajemen (ed 1). Yogyakarta : Deepubish.


 


Kartika dan Suprayogi. 2017. Implementasi Fuzzy – Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Layanan Mahasiswa. Semarang: Jurnal Teknik Informatika Vol. 7 No. 1 Januari 2017: 38-49.


 


Kepman PAN No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.


 


Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 81/KEP/M.PAN/1993 Tentang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum.


 


Kusumadewi, Sri dan Purnomo, Hari. 2013. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


 


Kottler, Philip and Amstrong, Gary, 2001. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jakarta : Idek.


 


Metode fuzzy servqual dan QFD. Jurnal Magister Manajemen Teknik Industri ITS: Surabaya.


 


Perangin-angin, dkk. 2013. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Menggunakan Integrasi Metode Fuzzy Servqual (Studi Kasus : RSU Vina Estetica Medan). Medan: Jurnal Saintia Matematika Vol. 1 No. 6 2016 : 529-541.


 


Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.. Bandung: Penerbit Alfabeta.


 


Suharjo Bambang. 2013. Statistika Terapan Diserti Contoh Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.


 


Sujarwani, V dan Poly Endrayanto. 2012. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.


 


Suryadi, Kadarsah dan Ramdhani, Ali. 2013. Sistem Penunjang Keputusan Suatu


Wacana Struktural Idealisasi Dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.