ABSTRAKSI
Penerapan Algoritma C4.5 Pada Sistem Penunjang Keputusan Penjurusan Siswa Berbasis Web, (11151202) Ria Intani.
Penjurusan
bagi siswa SMA diperkenalkan sebagai upaya untuk mengenalkan siswa
terhadap bobot dan minat serta kemampuan akademik siswa. Penjurusan
siswa ini bertujuan untuk memaksimalkan nilai akademisnya dan
mempengaruhi pemilihan bidang ilmu atau studi bagi siswa-siswi yang
ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Dengan menerapkan teknik
klkasifikasi dalam data mining, dapat digali suatu informasi strategis
yang dapat digunakan untuk menentukan penjurusan siswa. Dari 105 siswa
yang terdiri dari 49 siswa di SMA Yasti Cisaat memilih jurusan IPS dan
56 siswa memilih jurusan IPA yang didapat dari data siswa kelas X tahun
ajaran 2015/2016, dapat diselesaikan dengan menggunakan teknik data
mining, yaitu dengan metode algoritma C4.5 menggunakan lima variabel
yaitu nilai UN IPA, nilai rata-rata IPS, nilai rata-rata IPA, tes
permintaan, minat. Akurasi yang dihasilkan dari metode algoritma C4.5
adalah sebesar 94,36%. Agar mendapatkan nilai informasi yang lebih cepat
dan fleksibel, aplikasi ini dibuat dengan berbasis web, sehingga bisa
diakses dimanapun.
DAFTAR PUSTAKA
Nasution,
M. (2014). Implementasi sistem pendukung keputusan untuk mentukan
penjurusan untuk menentukan penjurusan siswa dengan metode SMART. Pelita
Informatika Budi Drama, 13-19.
Nugroho, Y. S. (2015). Klasifikasi dan Klastering Penjurusan Sisw SMAN 3 Boyolali. Khazanah Informatika, 1-6.
Winata, S. (2013). Penerapan Algoritma C4.5 untuk Penentuan Jurusan di SMA Bruden Purworejo. Jurnal EKSIS, 21-28.
Swastina, L. (2013). Penerapan Algoritma C4.5 untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa. Gema Aktualita Vol. 2, No. 1, 93-98.
Liliana, S. (2013). Penerapan Algoritma C4.5 untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa Gema Aktualita.
Defiyanti, S. (2013). Analisis dan Prediksi Kinerja Mahasiswa Menggunakan Teknik Data Mining, Syntax Vol. 2. Ed 1.
Ginting,
Selvina Lorena Br, Wendi Zarman, Ida Hamidah. 2014. Analisa dan
Perancangan Algoritma C4.5 dalam Data Mining untuk Memprediksi Masa
Studi Mahasiswa Berdasarkan Data Nilai AKademik. ISSN: 1997-911X.
Yogjakarta: Porsiding Seminar Nasional APlikasi Sains & Teknologi
(SNAST) 2014.
Yunus,
Mahmud, Harry Soekotjo Dahlan dan Purnomo Budi Santoso. 2014. SPK
Pemilihan Calon Pendonor Darah Potensial dengan Algoritma C4.5 dan
Fuzzy Tahani. Malang: Jurnal EECCIS Vol. 8 No. 1, Juni 2014.
Nasional,
D. P (2004). Panduan Penilian Penjurusan Kenaikan Kelas dan Pindah
Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Nasional, D. P. (2006). Panduan Penyusunan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Indoneisa.
Nandari,
Bhirawa Anoraga dan Sukandi. 2014. Pembuatan Website Portal Berita Desa
Jetis Lor. IJNS - Indonesia JOurnal on Networking and Security - Vol. 3
No. 3, Juli 2014: ISSN: 2302-5700 2354-6654.
Kusrini,
dan KOniyo. 2007. Tuntutan Praktis Membangun Sistem INformasi Akuntasi
dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogjakarta: Andi.
Ladjamudin.
2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogjakarta: Garah Ilmu.
Laksono, Bowo. Kusrini, dan Koniyo. 2007. Tuntutan Praktis Membangun
Sistem Informasi AKuntasi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server.
Yogyakarta: Andi.
Booch,
G., Maksimchuk, R. A., Engle, M. W., YOung, B. J., Conallen, J., &
HOuston, K. A. 2007. Object Oriented Analysis and Design with
Application 3rd edition. Boston: Pearson Education.
Maria
Etik Sulistyani, B. S. (2015). Sistem Penentuan Jurusan Sekoplah
Menengah Atas Negeri 1 Karangmojo. Seminar Nasional Tekonologi Informasi
dan Multimedia 2015, 247-225. ISSN: 2302-3805.
Swastina, L., (2003). Penerapan Algoritma C4.5 untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa. Gema Aktualita Vol. 2 No. 1 , 93-98.
Hongowibowo,
A. S. (2009). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Berbasis Web
dengan Forward Chaining dan Backward Chaining. TELEKOMUNIKA ISSN.
1693-6930, 187-194.