Animasi Interaktif Pembelajaran Panca Indra Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar

research
  • 11 Jul
  • 2018

Animasi Interaktif Pembelajaran Panca Indra Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar


ABSTRAKSI


Lwendi Sitanggang (11122841), Animasi Interaktif Pembelajaran Panca Indera Manusia.




Animasi interaktif merupakan media pembelajaran yang cukup populer saat ini. Penyampaian yang lebih interaktif dan berwarna serta memiliki nilai seni dan kreatifitas tinggi dalam penyampaian materi, menjadikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan menyampaikan informasi secara manual. Software yang digunakan untuk animasi interaktif ini adalah Adobe Flash CS6 dan Adobe Flash Player. Hasil Penelitian kuisioner membuktikan bahwa dengan adanya animasi interaktif, pembelajaran menjadi lebih menarik. Pembelajaran panca indra manusia dengan menggunakan buku di sekolah membuat para pelajar merasa bosan, pembelajaran berbentuk buku yang mudah rusak, bidak ukuran yang besar, tidak tersedianya soal latihan, buku yang mudah hilang serta kurangnya faktor interaktif dalam pembelajaran ini, karena dengan interaktif nya proses pembelajaran murid tidak akan merasa jenuh dan bosan.


REFERENSI


DAFTAR PUSTAKA


Abu Yazid Bustomi. 2013. Aplikasi Pembelajaran Panca Indera Pada Manusia Berbasis Android. Vol. 6 No. 1 Februari 2013.




Aditiya. 2009. Trik Dahsyat Menjadi Animator 3D Andal. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.




Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.




Latifah dan Triyono. 2014. Media Pembelajaran Interaktif Induksi Elektromagnetik Di SMP Muhammadiyah 1 Kudus Pada Kelas8. ISSN: 1979-9330. Volume. 11 No. 4 Tahun 2014. Diambil Dari: http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1300/1288




Musyaffak, Ahmad. 2014. Cara Aktif Membuat CD Interaktif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




Nugraha, Jevri Setia Wamiliana, dan DIan Kurniasari. 2012. Pembuatan Media Pembelajaran Pengenalan Tata Surya dan Exoplanet dengan Menggunakan Unity Untuk Sekolah Menengah Pertama. Vol. 1, No. 1 Tahun 2012. Diambil dari: http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi/article/view/412/354.




Puspitosari, Heni. 2011. Animasi Grafis dengan Adobe Flash Pro CS5 Tingkat Lanjut. Yogyakarta: Skipta Media Creative.




Satria Wiratama. 2012. Perangkat Lunak Pembelajaran Panca Indera Manusia Untuk Tingkat Pelajar SMP Berbasis Android. LPKIA. Vol. 1, No.1.




Samodera, Didik Wira, Vincent Suhartono dan Stefanus Santoso. Multimedia Pembelajaran Reproduksi Pada Manusia. ISSN: 1414-9999 Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 5 No. 2 Oktober 2009.




Saputra, Redy N Zakarias S Soeteja dan Dadang Sulaeman. 2013. Pembelajaran Seni Grafis Melalui Media CD Interaktif Untuk SIswa SMA. Volume 1, Nomor. 3, Agustus 2013. Diambil dari: http://ejournal.upi.edu/index.php/GRADASI_ANATOLOGI/article/view/278/1




Somarville, Ian. 2011. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga.




Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta Sinar Grafika Offset.