Industri jasa pangkas rambut tradisional seperti Asgar99 masih mengandalkan proses
manual dalam hal antrean, pencatatan transaksi, dan pembayaran, yang menyebabkan
ketidakefisienan dan berkurangnya daya saing dibandingkan barbershop modern.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi berbasis
web untuk mendigitalisasi proses layanan di Asgar99, termasuk pemesanan (booking)
online, pembayaran digital, pengelolaan data pelanggan, serta ulasan dan rating.
Sistem ini dikembangkan menggunakan metode Waterfall dan framework CodeIgniter
3.1.11 yang ringan, fleksibel, dan cocok untuk skala UMKM. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dengan pemilik, serta studi
pustaka dari penelitian terdahulu. Hasil perancangan sistem mencakup fitur registrasi
pengguna, booking online dengan verifikasi kode/barcode, pembayaran online dengan
upload bukti transfer, serta dashboard admin untuk manajemen barber, pengguna, dan
transaksi. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode blackbox dan pengujian
otomatis dengan Selenium, yang menunjukkan bahwa seluruh fitur berjalan sesuai
kebutuhan. Implementasi sistem ini terbukti mampu meningkatkan efisiensi
operasional, mengurangi antrean manual, mempermudah pencatatan, serta
memberikan nilai tambah berupa kemudahan akses layanan bagi pelanggan dan
kontrol yang lebih baik bagi pemilik usaha. Diharapkan sistem ini menjadi solusi
efektif bagi UMKM pangkas rambut tradisional dalam menghadapi tantangan
digitalisasi. Saran pengembangan ke depan adalah penambahan fitur pengiriman struk
otomatis melalui WhatsApp atau media digital lainnya seperti email dan Telegram.
Full Tugas Akhir
[1] F. W. Hanafi et al., “Pengembangan Sistem Reservasi Online Pada Layanan,” vol. 2, no. 1, pp. 26–32, 2024.
[2] D. Firmansyah, H. Purwanto, T. Wiharko, and B. Purbayanto, “Aplikasi Booking Barbershop Online Berbasis Web menggunakan Framework CodeIgniter,” Intern. (Information Syst. Journal), vol. 6, no. 2, pp. 146–155, 2024, doi: 10.32627/internal.v6i2.849.
[3] Y. H. Maulana, M. A. Pratama, and M. Darip, “SISTEM PEMESANAN DAN PEMBAYARAN BOOKING KAMAR HOTEL BERBASIS QR CODE ( STUDI KASUS : DI HOTEL ABADI ),” vol. 9, no. 3, pp. 4530–4537, 2025.
[4] R. Rivanto and L. Wardini, “Customer rating , customer review”.
[5] M. Syarif, “Waterfall Sebagai Model Pengembangan Sistem Persediaan Apotek Berorientasi Objek,” J. Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 44–52, 2022.
[6] K. C. Laudon and J. P. Laudon, Management Information Systems THIRTEENTH EDITION GLOBAL EDITION.
[7] I. T. Suryadin, “Sistem Informasi Pemesanan Dan Transaksi Jasa Pangkas Rambut Pada Ndasmu Barbershop Berbasis Website,” vol. 12, no. 2, pp. 35–41, 2024.
[8] T. Information and D. Analytic, “Technology Information and Data Analytic Perancangan Sistem Absensi Digital dan Monitoring Kehadiran dan Lembur di PT . TRIKARSA BAHTERA,” vol. 2, no. 1, pp. 56–61, 2025.
[9] A. Gufron, F. N. Putra, and N. Haryuni, “Rancang Bangun Aplikasi Formulasi Pakan Ternak Berbasis WEB Menggunakan Framework CodeIgniter 3,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 46–54, 2021, doi: 10.47134/jacis.v1i2.12.
[10] S. Sahara, M. B. Hartawan, and Z. S. Zain, “Pengembangan Layanan Print Online Berbasis Website,” vol. 5, no. 3, pp. 2366–2377, 2024.
[11] M. Ridwan, T. H. Sinaga, and M. Elsera, “Penerapan Framework Codeigniter Dalam Perancangan Aplikasi Manajemen Iuran Perumahan Griya Mandiri,” Djtechno J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 49–58, 2022, doi: 10.46576/djtechno.v3i1.2196.
[12] J. Nasional, S. Informasi, M. Alvin, D. Hernyka, and E. Kurniawan, “Implementasi Framework Codeigniter Pada Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kerja Praktik di Program Studi Sistem Informasi,” vol. 01, pp. 67–77, 2023.
[13] Visky Windri Aidil Putra, Rendy Rahmadani Saputra, Muhammad luthfillah andria, Mutia Hasanah, and Risnal Diansyah, “Perancangan Sistem Booking Online Berbasis Web Dengan Metode Waterfall Studi Kasus: Dangau Barbershop,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 11, no. 2, pp. 204–210, 2024, doi: 10.30656/prosisko.v11i2.8593.
[14] N. R. Wiwesa, “User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 3, no. 2, pp. 17–31, 2021, [Online]. Available: https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2
[15] I. N. Hanifah, A. Aminulloh, and I. Prawoto, “Praktik Pembayaran Jasa Cukur Rambut d i Barbershop Ma ’ had Al - Zaytun dalam Perspektif Teori Al-Maslahah,” no. April, 2025.
[16] J. A. Bisnis, “Ulasan Pelanggan Daring dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian di Kalangan Mahasiswa FIA Unija ( Online Customer Reviews and Their Influence on Purchase Decisions Among Students of FIA Unija ),” vol. 2, no. 1, 2025.
[17] K. Wijaya and A. Christian, “Implementasi Metode Model View Controller ( MVC ) Dalam Rancang Bangun Website SMK Yayasan Bakti Prabumulih,” vol. XXI, no. 1, 2019, doi: 10.31294/p.v20i2.
[18] I. Šušter and T. Ranisavljević, “Optimization of Mysql Database,” J. Process Manag. new Technol., vol. 11, no. 1–2, pp. 141–151, 2023, doi: 10.5937/jpmnt11-44471.
[19] T. K. Tjay, I. B. Trisno, and Y. Widianto, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Salon Kecantikan pada Cory Beauty Center Berbasis Web dengan Menggunakan Framework Codeigniter dan Mobile Apps,” vol. 7, no. 6, pp. 2456–2468, 2024.