File Tugas Akhir Periode 1 2025

research
  • 22 Oct
  • 2025

File Tugas Akhir Periode 1 2025

Sistem pengaduan masyarakat adalah alat yang sangat dibutuhkan untuk menyampaikan keluhan
dan masalah yang muncul dalam komunitas. Namun, metode pengaduan yang masih dilakukan
dengan cara manual sering kali menghadirkan kendala dalam pencatatan, pemantauan, dan tindak
lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi pengaduan
masyarakat yang berbasis web untuk mempermudah proses pelaporan dan pengelolaan secara
digital. Platform ini dibangun menggunakan framework Laravel dengan arsitektur Model-ViewController, serta didukung oleh database MySQL. Fitur utama dalam sistem ini meliputi registrasi
dan login warga, membuat pengaduan, verifikasi admin, dan tanggapan kepada warga. Setiap
pengaduan yang diterima akan disimpan dan ditampilkan dalam Riwayat untuk memastikan adanya
akuntabilitas dan transparasi. Pengujian untuk sistem ini dilakukan melalui uji penerimaan pengguna
yang melibatkan pengguna sebagai penilai secara langsung. Temuan dari pengujian memperlihatkan
bahwa sistem beroprasi sebagaimana mestinya dan diakui oleh pengguna. Dengan adanya sistem
ini, diharapkan bahwa proses pengaduan dalam masyarakat dapat berjalan lebih cepat, teratur, dan
tercatat dengan baik, sehingga mendukung peningkatan layanan publik yang berorientasi digital.

Unduhan

  • File_1.pdf

    File_1 Cover

    •   diunduh 48x | Ukuran 2,796 KB
  • File_3.pdf

    File_3_BAB 2

    •   diunduh 1x | Ukuran 247 KB
  • File_6.pdf

    File_6_BAB 5

    •   diunduh 1x | Ukuran 180 KB
  • File_2.pdf

    File_2_BAB 1

    •   diunduh 2x | Ukuran 309 KB
  • File_4.pdf

    File_4_BAB 3

    •   diunduh 1x | Ukuran 918 KB

 

  • File_4.pdf

    File_4_BAB 3

    •   diunduh 1x | Ukuran 940,339
  • File_5.pdf

    File_5_BAB 4

    •   diunduh 1x | Ukuran 756,765
  • FULL SKRIPSI.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 1x | Ukuran 6,320,719
  • File_7.pdf

    File_7_Lampiran

    •   diunduh 11x | Ukuran 1,032,036
  • File_8.pdf

    File_8

    •   diunduh 39x | Ukuran 238,452

REFERENSI

[1] M. Erlangga Agustriwahyu Prasetya, A. Al Kaafi, J. Kramat Raya No, K. Senen, K. Jakarta
Pusat, and D. Khusus Ibukota, “Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Volume
3 No. 2 Desember 2023 Perancangan Program Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Di
RW.001 Kelurahan Sunter Jaya Jakarta,” vol. 3, no. 2, pp. 87–96, 2023, [Online]. Available:
http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/simpatik
[2] I. N. Rachmawan, H. Tolle, and ..., “Pengembangan Aplikasi Web Layanan RT/RW Desa
Made Kabupaten Lamongan dengan menggunakan Metode Prototipe,” … Teknol. Inf. dan
…, vol. 7, no. 6, pp. 2904–2912, 2023, [Online]. Available: https://jptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13068%0Ahttps://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/jptiik/article/download/13068/5855
[3] A. Amani Bestari and A. Voutama, “Penerapan Uml Pada Sistem Informasi Pengaduan
Masyarakat Berbasis Web,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 2655–2662,
2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9528.
[4] I. Firaldi, I. Purnamasari, and R. Mayasari, “Perancangan Sistem Layanan Pengaduan
Masyarakat Di Desa Limusnunggal Berbasis Web,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8,
no. 4, pp. 7615–7623, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i4.10333.
[5] M. Rifqi Irwandy, M. Rizki Al Ghifari, M. Rizky Aditia Ramadan, M. Ikhsan, and B. Oloan
Lubis, “Perancangan Aplikasi Sistem Pengaduan Masyarakat Pada Kelurahan Kalibaru
CilodongKota Depok Berbasis Website,” J. Regulasi Tekhnologi Digit. Di Indones., vol. 1,
no. 1, pp. 35–47, 2023, [Online]. Available: https://globaldifa.com/index.php/thusscience
[6] M. Taufik Aufa, Jasmir, and E. Rohaini, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan
Pengaduan Masyarakat Kelurahan Bagan Pete Kota Jambi Berbasis Website,” J. Inform.
Dan Rekayasa Komputer(JAKAKOM), vol. 4, no. 1, pp. 937–945, 2024, doi:
10.33998/jakakom.2024.4.1.1673.
[7] Y. L. Setyoadi and M. Ziveria, “Pembuatan Sistem Informasi Layanan Pengaduan pada
Kelurahan Gandaria Utara Berbasis Website,” J. Mhs. Inst. Teknol. dan Bisnis Kalbis, vol.
8, no. 1, pp. 817–831, 2022.
63
[8] K. Kurniasih and H. Mulyono, “Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web
Pada Kantor Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 4, pp.
678–688, 2022, doi: 10.33998/jurnalmsi.2022.7.4.692.
[9] F. Rusdhianto, R. Imanda, U. Muhamadiyah, and P. Hamka, “Perancangan Sistem
Pengaduan Masyarakat Berbasis Web dengan Terintegrasi GIS Studi Kasus Muara Baru
Jakarta Utara Design of a Web-Based Public Complaint System Integrated with GIS : A
Case Study in Muara Baru , North Jakarta,” vol. 14, no. 105, pp. 371–382, 2025.
[10] D. F. Kuncoro, U. Juniarti, J. Syahputra, B. R. Sumantri, Bambang Bambang, and R.
Suryani, “Rancang Bangun Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Dengan Metode
Waterfall,” J. Sist. Inf. dan Teknol. Perad., vol. 3, no. 2, pp. 14–19, 2022, [Online].
Available: http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jsitp/article/view/1259
[11] Sciore, E. (2020). Database Design and Implementation (2nd Edition). Springer.
[12] Hernandez, M. J. (2021). Database Design for Mere Mortals (4th Edition). Pearson
Education.
[13] Unhelkar, B. (2018). Software Engineering with UML. CRC Press.
[14] Rumpe, B. (2016). Modeling with UML: Language, Concepts, Methods. Springer.
[15] Seidl, M., Scholz, M., Huemer, C., & Kappel, G. (2015). UML @ Classroom: An Introduction
to Object-Oriented Modeling. Springer.