Tugas Akhir Muhamad Ali Zaenal Abidin 12240137

research
  • 22 Oct
  • 2025

Tugas Akhir Muhamad Ali Zaenal Abidin 12240137

Perkembangan teknologi digital telah mendorong masyarakat untuk menggunakan aplikasi pemesanan tiket bioskop secara daring, termasuk CGV Cinemas Indonesia. Namun, meningkatnya jumlah ulasan dari pengguna aplikasi di Google Play Store memunculkan tantangan dalam mengidentifikasi persepsi pengguna secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terhadap aplikasi CGV Cinemas Indonesia dan membandingkan performa algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine (SVM) dalam klasifikasi sentimen. Data dikumpulkan dari Google Play Store sebanyak 4.600 ulasan (2.300 ulasan positif dan 2.300 negatif) melalui teknik web scraping. Proses analisis mencakup tahap preprocessing teks, balancing, ekstraksi fitur menggunakan TF-IDF, pelatihan model dengan Python dan Google Colab, serta evaluasi kinerja model menggunakan metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Naïve Bayes lebih unggul dibandingkan SVM, dengan akurasi sebesar 90,38% dan F1-score sebesar 90,46%, sedangkan SVM memperoleh akurasi sebesar 88,88% dan F1-score 89,08%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Naïve Bayes lebih efektif dalam klasifikasi sentimen ulasan pengguna aplikasi CGV. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penerapan analisis sentimen untuk mendukung evaluasi layanan digital berbasis opini pengguna secara otomatis dan akurat.

Unduhan

  • File_4.pdf

    File_4

    •   diunduh 5x | Ukuran 42,757 KB
  • File_2.pdf

    File_2

    •   diunduh 7x | Ukuran 42,757 KB
  • File_1.pdf

    File_1

    •   diunduh 21x | Ukuran 42,707 KB
  • File_3.pdf

    File_3

    •   diunduh 8x | Ukuran 42,757 KB
  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 8x | Ukuran 42,757 KB

 

  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 8x | Ukuran 43,783,070
  • File_6.pdf

    File_6

    •   diunduh 6x | Ukuran 43,782,829
  • File_7.pdf

    File_7

    •   diunduh 12x | Ukuran 43,782,940
  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 3x | Ukuran 43,729,749
  • File_8.pdf

    File_8

    •   diunduh 5x | Ukuran 585,124

REFERENSI

[1]     M. Yusuf Rismanda Gaja, I. Maulana, and O. Komarudin, “Analisis Sentimen Opini Pengguna Aplikasi Vidio Pada Ulasan Playstore Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 4, pp. 2767–2774, 2024, doi: 10.36040/jati.v7i4.7197.

 

[2]     A. Pebdika, R. Herdiana, and D. Solihudin, “Klasifikasi Menggunakan Metode Naive Bayes Untuk Menentukan Calon Penerima Pip,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 452–458, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6303.

 

[3]     H. Eldo, A. Ayuliana, D. Suryadi, G. Chrisnawati, and L. Judijanto, “Penggunaan Algoritma Support Vector Machine (SVM) Untuk Deteksi Penipuan pada Transaksi Online,” J. Minfo Polgan, vol. 13, no. 2, pp. 1627–1632, Oct. 2024, doi: 10.33395/jmp.v13i2.14186.

 

[4]     P. K. Sari and R. R. Suryono, “KOMPARASI ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE DAN RANDOM FOREST UNTUK ANALISIS SENTIMEN METAVERSE,” J. Mnemon., vol. 7, no. 1, pp. 31–39, Feb. 2024, doi: 10.36040/mnemonic.v7i1.8977.

 

[5]     K. C. Astuti, A. Firmansyah, and A. Riyadi, “Implementasi Text Mining Untuk Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Ulasan Aplikasi Digital Korlantas Polri pada Google Play Store,” REMIK Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 8, no. 1, pp. 383–394, 2024, doi: http://doi.org/10.33395/remik.v8i1.13421.

 

[6]     M. Y. Asyhari, J. Juwari, E. D. Hapsari, and S. Yulianto, “Pendekatan Metode Kolokasi untuk Text Processing Ulasan Aplikasi Android Surveilans Penyebaran Covid-19 di Indonesia,” J. Inf. Syst. Dev., vol. 8, no. 1, pp. 33–42, Feb. 2023, doi: 10.19166/isd.v8i1.586.

 

[7]     M. Z. Haq, C. S. Octiva, A. Ayuliana, U. W. Nuryanto, and D. Suryadi, “Algoritma Naïve Bayes untuk Mengidentifikasi Hoaks di Media Sosial,” J. Minfo Polgan, vol. 13, no. 1, pp. 1079–1084, 2024, doi: 10.33395/jmp.v13i1.13937.

 

[8]     M. Apriliyani, M. I. Musyaffaq, S. Nur’Aini, M. R. Handayani, and K. Umam, “Implementasi analisis sentimen pada ulasan aplikasi Duolingo di Google Playstore menggunakan algoritma Naïve Bayes,” AITI, vol. 21, no. 2, pp. 298–311, Sep. 2024, doi: 10.24246/aiti.v21i2.298-311.

 

[9]     S. Talib, S. Sudin, and M. Dzikrullah Suratin, “PENERAPAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM) PADA KLASIFIKASI JENIS CENGKEH BERDASARKAN FITUR TEKSTUR DAUN,” J. Ris. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, Feb. 2024, doi: 10.30787/restia.v2i1.1364.

 

[10]   F. Nufairi, N. Pratiwi, and F. Herlando, “ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN APLIKASI THREADS DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 1, pp. 339–348, Feb. 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i1.4929.

 

[11]   F. Reynaldi Valerian, M. Syarief, and D. Abdul Fatah, “KLASIFIKASI TINGKAT OBESITAS MENGGUNAKAN METODE GBM DAN CONFUSION MATRIX,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 2242–2249, Mar. 2025, doi: 10.36040/jati.v9i2.13062.

 

[12]   R. A. Fahriza, “Sistem Pencarian Wisata Puncak Gunung Indonesia Berbasis Web Menggunakan Framework Flask Python,” JIKA (Jurnal Inform., vol. 8, no. 3, pp. 253–260, 2024, doi: 10.31000/jika.v8i3.10567.

 

[13]   A. Fakhri and Y. C. Winursito, “Analisis Penumpang Kapal Titanic Menggunakan Titanic Dataset Dengan Bantuan Pemrograman Python,” J. Sains Student Res., vol. 2, no. 1, pp. 537–542, 2024, doi: https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.759.

 

[14]   L. C. Saragih, A. Octaviani, M. Damaria, N. Natalia, and P. I. Sushanty, “Penggunaan Pola Dua Gambar dengan Metode Fast Style Transfer Menggunakan TensorFlow,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 4, no. 4, pp. 391–400, Apr. 2024, doi: 10.47111/jointecoms.v4i4.13223.

 

[15]   A. N. Hasanah and B. N. Sari, “ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI JASA OJEK ONLINE MAXIM PADA GOOGLE PLAY DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, pp. 90–96, Jan. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3628.

 

[16]   B. Betesda, H. Purwanto, H. Nuryadi, D. Sinaga, S. J. Al Din, and D. Y. Al Afghani, “ANALISA SENTIMEN DATA ULASAN PADA GOOGLE PLAY DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE,” J. Sains dan Teknol. ISTP, vol. 22, no. 01, pp. 08–15, Dec. 2024, doi: 10.59637/jsti.v22i01.423.

 

[17]   A. Y. Lubis and M. Y. H. Setyawan, “Analisis Sentimen Terhadap Aplikasi Pospay Menggunakan Algoritma Support Vector Machine dan Naive Bayes,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 514–521, Jul. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i3.1310.

 

[18]   M. A. Java, Mohammad Syafrullah, W. Windarto, and P. Painem, “Analisis Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Threads pada Google Play Store Menggunakan Multinomial Naive Bayes dan Support Vector Machine,” J. Ticom Technol. Inf. Commun., vol. 12, no. 2, pp. 75–80, Jan. 2024, doi: 10.70309/ticom.v12i2.112.

 

[19]   V. Fazrian, T. Suprapti, and R. Narasati, “PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES TERHADAP ANALISIS SENTIMEN APLIKASI GAME MULTIPLAYER ONLINE BATTLE ARENA,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, pp. 1005–1012, Mar. 2024, doi: 10.36040/jati.v8i1.8432.

 

[20]   E. Eskiyaturrofikoh and R. R. Suryono, “ANALISIS SENTIMEN APLIKASI X PADA GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM),” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 3, pp. 1408–1419, Aug. 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i3.5392.