Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada produk Jordan Oral Care Indonesia.
Fenomena persaingan yang semakin ketat dalam industri produk perawatan gigi
menuntut perusahaan untuk menghadirkan produk yang tidak hanya unggul dari sisi
fungsi, tetapi juga didukung oleh pelayanan yang berkualitas. Pendekatan yang
digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif, di mana data diperoleh melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pelanggan di wilayah
Jakarta Pusat. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26,
menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun
simultan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,250 menunjukkan bahwa 25%
variasi kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Penelitian
ini memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan dalam merancang strategi
peningkatan kualitas produk dan layanan serta memperkuat loyalitas pelanggan.
Full Tugas Akhir
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Lupiyoadi, R. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa.
Priyatno, D. (2020). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Gava Media.
Santoso. (2018). Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 24. Elex Media Komputindo.
Sugiyono, P. D. (2024). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (6th ed.). ALFABETA.
Tjiptono, & Diana. (2021). Service Quality & Customer Satifaction.
Tjiptono, F., & A., D. (2023). Total Quality Management.
Karimah, Rizqi, & Farida, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (studi pada pelanggan pasta gigi pepsodent di Kecamatan Sedati). Surabaya, 6 (2), 345-358. Journal of Management & Business, SEIKO.
Cahyaning, R. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Apotek Lingga Husada. Balikpapan, 11 (3), 54-58. Journal-ipts.
Kadir, Abdul, Rifqi, & Tiara. (2023). Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Rajawali Nusindo di Banjarmasin. Banjarmasin, 13 (2), 95. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan.
Innes, Hapzi, & Hadita. (2022). Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga dan Kualitas Produk. Jakarta Raya, 3 (3), 2686-5246. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan.
Raga, Asih, & Aepullah. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Fajar Agung Pharindo Provinsi Banten. Banten, 2 (1), 2829-0917. Falatehan Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.
Ezra, Syafri, & Nurhayati. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Asuransi Kesehatan. Jakarta, 3 (2), 3005-3014. Jurnal Ekonomi Trisaksi. Retrived from https://www.e-journal.trisakti.ac.id/index.php/jet.
Roynaldus, Antonius, & Paulus. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Borwita Citra Prima Maumere. Maumere, 9 (2), 2357-7898. Jurnal Projemen UNIPA.