TUGAS AKHIR VIEKA AMANDA SORAYA

research
  • 22 Oct
  • 2025

TUGAS AKHIR VIEKA AMANDA SORAYA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada produk Jordan Oral Care Indonesia.
Fenomena persaingan yang semakin ketat dalam industri produk perawatan gigi
menuntut perusahaan untuk menghadirkan produk yang tidak hanya unggul dari sisi
fungsi, tetapi juga didukung oleh pelayanan yang berkualitas. Pendekatan yang
digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif, di mana data diperoleh melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pelanggan di wilayah
Jakarta Pusat. Analisis data dilakukan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26,
menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, baik secara parsial maupun
simultan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,250 menunjukkan bahwa 25%
variasi kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Penelitian
ini memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan dalam merancang strategi
peningkatan kualitas produk dan layanan serta memperkuat loyalitas pelanggan.

Unduhan

  • File_1.pdf

    File_1

    •   diunduh 34x | Ukuran 5,965 KB
  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 19x | Ukuran 5,964 KB
  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 0x | Ukuran 5,965 KB
  • File_7.pdf

    File_7

    •   diunduh 21x | Ukuran 6,118 KB

 

  • File_8.pdf

    File_8

    •   diunduh 18x | Ukuran 470,350
  • File_4.pdf

    File_4

    •   diunduh 15x | Ukuran 6,108,024
  • File_2.pdf

    File_2

    •   diunduh 33x | Ukuran 6,107,681
  • File_3.pdf

    File_3

    •   diunduh 45x | Ukuran 6,107,808

REFERENSI

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lupiyoadi, R. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa.

Priyatno, D. (2020). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Gava Media.

Santoso. (2018). Konsep Dasar dan Aplikasi SEM dengan AMOS 24. Elex Media Komputindo.

Sugiyono, P. D. (2024). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (6th ed.). ALFABETA.

Tjiptono, & Diana. (2021). Service Quality & Customer Satifaction.

Tjiptono, F., & A., D. (2023). Total Quality Management.

Karimah, Rizqi, & Farida, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (studi pada pelanggan pasta gigi pepsodent di Kecamatan Sedati). Surabaya, 6 (2), 345-358. Journal of Management & Business, SEIKO.

Cahyaning, R. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Apotek Lingga Husada. Balikpapan, 11 (3), 54-58. Journal-ipts.

Kadir, Abdul, Rifqi, & Tiara. (2023). Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Rajawali Nusindo di Banjarmasin. Banjarmasin, 13 (2), 95. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan.

Innes, Hapzi, & Hadita. (2022). Model Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga dan Kualitas Produk. Jakarta Raya, 3 (3), 2686-5246. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan.

Raga, Asih, & Aepullah. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Fajar Agung Pharindo Provinsi Banten. Banten, 2 (1), 2829-0917. Falatehan Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Ezra, Syafri, & Nurhayati. (2023). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Asuransi Kesehatan. Jakarta, 3 (2), 3005-3014. Jurnal Ekonomi Trisaksi. Retrived from https://www.e-journal.trisakti.ac.id/index.php/jet.

Roynaldus, Antonius, & Paulus. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Borwita Citra Prima Maumere. Maumere, 9 (2), 2357-7898. Jurnal Projemen UNIPA.