Tugas Akhir Idholla Nur Aprillioen

research
  • 22 Oct
  • 2025

Tugas Akhir Idholla Nur Aprillioen

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis permasalahan rendahnya tingkat loyalitas pelanggan di Restoran Sudestada Jakarta yang diduga dipengaruhi oleh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan citra merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS 4.1.1.4. Data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 246 responden yang merupakan pelanggan Restoran Sudestada Jakarta, dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel yang diterapkan merupakan probability sampling dengan pendekatan simple random sampling untuk memastikan responden memenuhi kriteria penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Namun, pengaruh langsung kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan ditemukan tidak signifikan, sehingga menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berperan sebagai variabel mediasi dalam hubungan tersebut. Temuan ini menegaskan pentingnya perusahaan untuk mempertahankan kualitas layanan dan memperkuat citra merek melalui pengalaman pelanggan yang memuaskan guna membentuk loyalitas yang berkelanjutan.

Unduhan

  • File_5.pdf

    File_5 - 24210042_Idholla Nur Aprillioen

    •   diunduh 14x | Ukuran 364 KB
  • File_1.pdf

    File_1 - 24210042_Idholla Nur Aprillioen

    •   diunduh 96x | Ukuran 1,805 KB
  • File_8.pdf

    File_8 - 24210042_Idholla Nur Aprillioen

    •   diunduh 23x | Ukuran 651 KB
  • File_4.pdf

    File_4 - 24210042_Idholla Nur Aprillioen

    •   diunduh 22x | Ukuran 1,244 KB

 

  • File_2.pdf

    File_2 - 24210042_Idholla Nur Aprillioen

    •   diunduh 21x | Ukuran 726,942
  • File_7.pdf

    File_7 - 24210042_Idholla Nur Aprillioen

    •   diunduh 19x | Ukuran 261,030
  • File_3.pdf

    File_3 - 24210042_Idholla Nur Aprillioen

    •   diunduh 35x | Ukuran 960,377
  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir - 24210042_Idholla Nur Aprillioen

    •   diunduh 51x | Ukuran 8,347,569

REFERENSI

Adi, F. A (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen dalam Membentuk Loyalitas (Studi Pada Resto Ayam Goreng Nelongso Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1), 107–116. https://profit.ub.ac.id

Admin (2024, October 2). Pentingnya Citra Merek dan Faktor yang Memengaruhinya. Hartsimagineering. https://www.hartsimagineering.com/blog/Pentingnya-Citra-Merek-dan-Faktor-yang-Memengaruhinya-ef0f4f466337390c500002cd?form=MG0AV3&form=MG0AV3

Adrian, I., & Keni; (2021). PENGARUH FOOD QUALITY DAN PERCEIVED PRICE FAIRNESS TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR. UNTAR Repository.

Anggita, B. P. ; (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK MIE PEDAS DI SURAKARTA. Agrista. https://jurnal.uns.ac.id/agrista/article/view/79181

Badriyah, N., Wibowo, E., & Sumaryanto, S (2020). Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Kekuatan Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan Jco Chinesefood And Seafood Sragen). Jurnal Articel ProBank. https://www.neliti.com/publications/522808/meningkatkan-loyalitas-pelanggan-dengan-kekuatan-kualitas-produk-dan-kualitas-pe

Cahyo, A. S. T., Tulhusnah, L., & Pramitasari, T. D (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Cafe and Resto Azalea. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(6), 1234. https://doi.org/10.36841/jme.v1i6.2174

Dewanto, M. A. H. P. ;, & Prastiwi, E. H. ; (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, MEDIA SOSIAL DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA BURGERAX SURABAYA TIMUR. Neraca Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi. https://jurnal.researchideas.org/index.php/neraca/article/view/258

Dr. Pahmi, SE., M. S (2024). KUALITAS PRODUK DAN HARGA MEMPENGARUHI MINAT BELI MASYARAKAT. In KUALITAS PRODUK DAN HARGA MEMPENGARUHI MINAT BELI MASYARAKAT. Nas Media Pustaka.

Dr.Adnan;, & Dkk, D. M (2024). Strategi Pemasaran dan Perilaku Konsumen di Era Digital. In T. A. Roziw, B. E. Horn, Zulkifli;, SH.;, & MH (Eds.), Dr.Adnan, dkk (p. 61). MEGA PRESS NUSANTARA.

Editorial, Q (2025, May 23). Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Faktor, dan Contoh. Mekari Qontak. https://qontak.com/blog/loyalitas-pelanggan/#:~:text=Pelanggan yang loyal akan merekomendasikan,komunikasi langsung maupun ulasan online.

Eko, N (2024, January 24). 2024 Bawa Angin Segar bagi Pelaku Bisnis Kafe dan Restoran. Medcom.Id. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/zNAQrgZN-2024-bawa-angin-segar-bagi-pelaku-bisnis-kafe-dan-restoran

Elyana, N. N., & AC, A. M (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Resto Bebek Teman Ayam (BTA) Corner Tulungagung. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 890. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1045

Ferawati, D., & Aminah, M (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Restoran Chicken Geprek Ken Dedes. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/article/view/49326

Ghozali, I (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.2.9 untuk Penelitian Empiris (Edisi 3). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H (2019). Konsep, Teknik, Aplikasi menggunakan SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris (Edisi 2). Badan Penerbit Universitas Diponegoro (BP Undip).

Goeltom, V. A. H. ., Saputri, J. A., & Christine, D (2023). Pengaruh Customer Satisfaction, Customer Delight, Dan Customer Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Otentik Di Tangerang. Jurnal Bintang Manajemen. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jubima/article/view/1094

Hair, J. F., Hult, G. T., Ringle, C. M. ., Sarstedt, M., Danks, N. P. ., & Ray, S (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. In Handbook of Market Research (Issue July). https://doi.org/10.1007/978-3-319-57413-4_15

Hair, J. F., Jeffrey Joe, R., Sarstedt, M., & Ringle, C. M (2019). When to use and how to report the results of PLS SEM, European Business Review. Emerald Publishing Limited.

Handayani, F., & Ma’ruf, M (2024). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN DJOS GHANDOS SRAGEN TAHUN 2023. Jurnal Ekonomi & Manajemen Bisnis. https://ejournal.unu.ac.id/index.php/jimbis/article/view/256

Hanny, H., & Krisyana, K (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada kafe di kota Batam. JESYA (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah). https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/703

Hery, A (2024). Manajemen Pemasaran Pendekatan Konsep dan Aplikasi dalam Bisnis. In N. A. N (Ed.), Manajemen Pemasaran Pendekatan Konsep dan Aplikasi dalam Bisnis (Pertama, p. 117). PT. Remaja Rosdakarya.

Heryanto, I., & Triwibowo, T (2018). Path Analysis Menggunakan SPSS dan Exel. Informatika Bandung.

Indraswari, N. R., & Susanti, E. D (2023). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasa Pelanggan pada Burger King Selama Pandemi Covid-19: Studi Pada Burger King di Sidoarjo. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. https://journal.laaroiba.com/index.php/reslaj/article/view/1728

Jannah, S. A., & Hayuningtias, K. A (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah. https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1421

Julianingsih, R., Patwayati;, Rommy, N., Sukotjo, E., Madi, R. A., & Ittaqullah, N (2024). PENGARUH FOOD QUALITY, SERVICE QUALITY, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MCDONALD’S DI KOTA KENDARI. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. https://jmk.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/11

Kotler, P., & Armstrong, G (2021). Principles of Marketing, Global Edition. In 9781292341224 (Ed.), Principles of Marketing, Global Edition.

Kusuma, E. P (2023). Metode Penelitian Bisnis: Analisis Data Melalui SPSS dan Smart-PLS. In Proceedings of the National Academy of Sciences (Vol. 3, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10

Mariana, P., Ruslan, M., & Setiawan, L (2024). PENGARUH CITRA MEREK DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIZZU. JBM Indonesia Journal of Business and Management. https://journal.unibos.ac.id/jbm/article/view/4439

Muhamad;, R. A., Siwiyanti, L., Komariah, K., & Saribanon, E (2023). MANAJEMEN PEMASARAN. In MANAJEMEN PEMASARAN. Penerbit Widina.

Mukti, B. H (2025). Sample size determination: Principles and applications for health research. Health Sciences International Journal, 3(1), 127–143. https://doi.org/10.71357/hsij.v3i1.63

Nathalia, T. C. ., Kristiana, Y., Dwipa, A., & Andika, E (2025). PENGARUH LINGKUNGAN FISIK, PRICE FAIRNESS, CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN RESTORAN OTENTIK TANGERANG. Media Bina Ilmiah. https://binapatria.id/index.php/MBI/article/view/1138

Novianto, I., & Nainggolan, B. M (2023). Kualitas Pelayanan,Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan PelangganDi Gallery Restoran Hotel Redtop Jakarta. JURNAL HUMAN CAPITAL DEVELOPMENT. https://ejournal.asaindo.ac.id/index.php/hcd/article/view/2482/1781

Nurfitriani, M.  (2021). BISNIS DAN MANAJEMEN. In S. Ishak (Ed.), BISNIS DAN MANAJEMEN. Cendekia Publisher.

Ogbeibu, S., Jabbour, C. J. C., Gaskin, J., Senadjki, A., & Hughes, M (2021). Leveraging STARA competencies and green creativity to boost green organisational innovative evidence: A praxis for sustainable development. Business Strategy and the Environment, 30(5), 2421–2440. https://doi.org/10.1002/bse.2754

Pahrurozi, A., & Nurtjahjadi, E (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan yang di Mediasi oleh Kepuasan Pelanggan Richeese Factory di Kota Cimahi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains). https://jmas.unbari.ac.id/index.php/jmas/article/view/1930

Prasasti, T. E (2024). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RESTORAN MCDONALD’S (STUDI KASUSPADA MAHASISWA KOTA BANDUNG DI MASA BOIKOT). Prosiding FRIMA. https://prosidingfrima.digitechuniversity.ac.id/index.php/prosidingfrima/article/view/670

Pratondo, A., & Eviani, E (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Suasana Terhadap Kepuasan Pelanggan di Asia Restoran. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi. https://ulilalbabinstitute.co.id/index.php/EKOMA/article/view/4253

Rahardjo, D. T., & Yulianto, A. E (2022). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE SETAN DI SURABAYA. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4790

Ramadhan, M. R., & Arifiansyah, R (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI SOFIA RESTAURANT JAKARTA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/2118

Ramdan, A. M., Siwiyanti, L., Komariah, K., & Saribanon, E (2023). MANAJEMEN PEMASARAN. In Business & Economics (pp. 80–81). Widina, Penerbit.

Rangkuti, F (2017). Riset Pemasaran (Marketing Research). PT Gramedia Pustaka Utama.

Riadi, M (2022, December 28). Kepuasan Konsumen (Pengertian, Aspek, Strategi dan Indikator). Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2021/01/kepuasan-konsumen.html

Roqi, M., & Surono (2023). Pengaruh Suasana Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Di Kopi Bajawa Flores NTT. Jurnal Panorama Nusantara, 18(2), 1–16.

Sa’adah, L., Arisinta, O., & Sholeh, Y (2022). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Di Rumah Makan Bu Rupa di Tanah Merah. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 623. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.502

Salam, D (2024, September 23). Pangsa Pasar Restoran Mengalami Pertumbuhan Besar. In.Crop an Ascentium Company. https://www.cekindo.com/id/blog/pasar-restoran-di-indonesia

Sari, I. W., & Amalia, L (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Kopi Kenangan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/view/1286

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F (2017). Treating Unobserved Heterogeneity in PLS-SEM: A Multi-method Approach. In H. Latan & R. Noonan (Eds.), Partial Least Squares Path Modeling: Basic Concepts, Methodological Issues and Applications (pp. 197–217). Springer International Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-64069-3_9

Septianingrum, S. H., Fajri, A., Semarang, U. M., Ekonomi, F., & Semarang, U. M (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Administrasi Karya Dharma, 2(2), 2829–8292.

Setiabudhi, H., Suwono, Setiawan, Y. A., & Karim, S (2025). Analisis Data Kuantitatif Dengan SmartPLS 4 (I. P. H. H. Duari (ed.)). Borneo Novelty Publishing.

Sudiparwati, P. A., Arcana, I. N., & Massenga, L. M (2024). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen pada Restoran Me Gacoan di Panjer, Denpasar, Bali. Jurnal Gastronomi Indonesia. https://ejournal.ppb.ac.id/index.php/jgi/article/view/1378

Sugiyono, P. D (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. In S. S.H., M.Pd (Ed.), Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed., pp. 1–546). ALFABETA, CV.

Tiawati, N. P (2024). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MEMBELI KEMBALI DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PADA RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO KUTA. Eprints.Unmas.Ac.Id. https://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/6738/

Tjiptono, F (2020). Pemasaran Strategik Domain, Determinan, Dinamika. In F. Tjiptono (Ed.), Pemasaran Strategik Domain, Determinan, Dinamika (4th ed., pp. 1–644). Penerbit Andi.

Tjiptono, F (2022). SERVICE MANAGEMENT Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4 (4th ed., p. 3). Penerbit Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A (2022). Manajemen dan Strategi Kepuasan Pelanggan (A. Diana (ed.); Pertama). Penerbit Andi.

Wahyu, M., Nursanti Wirda, & Suliati (2023). Pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada loyalitas pelanggan di restoran pizza hut cabang jatiwaringin. Jurnal Manajemen FE-UB, 11(1), 1–23.

Wardani, L. I. K., & Wiyadi, W (2023). Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Yang Dimediasi Oleh Kecintaan Merek. Among Makarti, 16(2), 105–122. https://doi.org/10.52353/ama.v16i2.456

Wijaya, W. R. B., Widayati, C. C. ., & Perkasa, D. H. ; (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen(Studi Kasus Pada Restoran ABCDi Pantai Indah Kapuk). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta (JKMT), 1. https://siberpublisher.org/index.php/JKMT/article/view/70/46

Wisnubroto, K (2025, January 25). Meneropong Tren Pariwisata 2025. Indonesia.Go.Id. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8899/meneropong-tren-pariwisata-2025?lang=1

Yamin, S (2025). PAHAM ANALISIS DATA SEM PLS SMARTPLS 4 & 3 (A. Rasyid (ed.); 4th ed.). Dewangga Energi Internasional, PT.

Yandini, N. I., & Rangkuti, F (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS SHUKAKU ALL YOU CAN EAT SUMMARECON BEKASI). Jurnal Ilmiah Hospitality. https://ejournal.stpmataram.ac.id/JIH/article/view/2966

Zai, K., & Christiani, S (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RESTORAN GADO – GADO KELAPA KUNING, TANGERANG. Jurnal Penelitian Manajemen. https://jurnal.utpas.ac.id/index.php/jpema/article/view/59/32

Zulfa, N., Arief, M. Y., & Harisandi, Y (2022). PENGARUH FASILITAS DAN CITA RASA DALAM MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN LESEHAN IKAN BAKAR BU TATIK DI KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME). https://unars.ac.id/ojs/index.php/jme/article/view/2057