File Tugas Akhir Periode 1 2025

research
  • 19 Oct
  • 2025

File Tugas Akhir Periode 1 2025

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM Fashion Ratu Shopping. metode penelitian yang digunakan Adalah penedekatan kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner kepada 100 responden yang berdomisili di Pondok Gede, mengikuti akun media ratu shopping dan pernah melihat promosi media sosial Ratu Shopping. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square - Structural Education Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Melalui Media Sosial berpengaruh positif dan siginfikan terhadap Brand Awareness dengan koefisiensi sebesar 0,398. Selain itu, promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan koefisien sebesar 0,336. Sementara itu Brand Awareness memberikan pengaruh positif paling besar terhadap minat beli konsunen dengan koefisien sebesar 0,592. Nilai R2 untuk Brand Awareness sebesar 0,159 yang artinya Promosi menjelaskan 15,9%  variasi Brand Awareness. Sedangkan nilai R2 untuk Minat Beli sebesar 0,623 yang artinya promosi menjelaskan 62,3% variasi minat beli konsumen.  Temuan ini menegaskan bahwa strategi promosi melalui media sosial yang dilakukan UMKM Ratu Shopping terbukti efektif dalam meningkatkan Brand Awareness dan minat beli konsumen. Oleh karena itu, UMKM serupa disarankan untuk memaksimalkan pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran digital dalam rangka membangun kesadaran merek dan mendorong Keputusan pembelian konsumen.

Unduhan

  • File_1.pdf

    File_1

    •   diunduh 11x | Ukuran 655 KB
  • File_2.pdf

    File_2

    •   diunduh 11x | Ukuran 340 KB
  • File_6.pdf

    File_6

    •   diunduh 8x | Ukuran 332 KB
  • Full Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 0x | Ukuran 1,640 KB

 

  • File_7.pdf

    File_7

    •   diunduh 9x | Ukuran 336,793
  • File_4.pdf

    File_4

    •   diunduh 8x | Ukuran 441,951
  • File_3.pdf

    File_3

    •   diunduh 8x | Ukuran 500,297
  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 8x | Ukuran 249,907

REFERENSI

Abdillah, H. A., & Pradana, B. I. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 2(1), 134–143. https://doi.org/10.21776/jmppk.2023.02.1.14

Aditya Wardhana. (2022). Brand marketing the art of branding.

Anang Firmansyah. (2019). BukuPemasaranProdukdanMerek.

annora, gea cinta endy, & prabandari, sri palupi. (2022). Pengaruh Brand Awareness Sebagai Variabel Pemasaran Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen. https://doi.org/10.21776/jmppk

Crysma Terrasista, N., & Sidharta, H. (2021). Pengaruh media sosial marketing dan citra merek terhadap minat beli konsumen proyek bisnis kaku. In performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 6, Issue 5).

Dr. Wira Yudha Alam S.IP., SE.(2023). Sosial Media dan Strategi Pemasaran (Agisni Sofatunisa, Ed.; Cetakan Pertama). PT. Mega Press Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=fYj9EAAAQBAJ&lpg=PA85&hl=id&pg=PA6#v=onepage&q&f=false

Febian, A. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening.

Gouwendra, S. S., & Hermeindito, D. (2023). Pengaruh social media marketing, perceived quality, dan brand awareness terhadap minat beli konsumen tote bag rudoff. In performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 8, Issue 6).

Irwan, & Adam, K. (n.d.). Metode Partial Least Square (Pls) Dan Terapannya (Studi Kasus: Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan PDAM Unit Camming Kab. Bone).

Méndez-Suárez, M. (2021). Marketing mix modeling using PLS-SEM, bootstrapping the model coefficients. Mathematics, 9(15). https://doi.org/10.3390/math9151832

nabilaturahman ananda, siregar salim. (2022). document (3). https://doi.org/10.5281/zenodo.6534500

Puspita Sari, A., & Ali, A. (2024). Jurnal Ilmiah Bisnis. In Bisnis Manajemen dan Akuntansi (Vol. 3, Issue 1). Juli. http://jibaku.unw.ac.id

Rachmawati, I., Millanyani, H., & Aryanti. Maya. (2021). Pemasaran Melalui Media Sosial untuk Usaha Mikro Kecil Menengah PENULIS. https://telkomuniversity.ac.id

Ria Estiana, N. G. K. & T. S. (2022). efektivitas media sosial sebagai media promosi pada UMKM (Gofur Dyah Ayu, Ed.; cetakan pertama). 2022.

Rifky Stansyah, M., Tegar, M., Seiya, S. A., & Choirunnisa, R. (2023). Analisis Pengaruh Minat Beli Konsumen Terhadap Pembelian Makanan Dan Minuman Melalui Aplikasi Go Food. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11.

Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (n.d.). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, Dan Review Content Terhadap Minat Beli Pada Umkm Produk Organik. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 9).

Taroreh, N., Sambul, S. A. P., Andre, J., Program, K., Ilmu, S., & Bisnis, A. (2023). Pengaruh Sosial Media dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Pada Cokelat Sulamina di Kabupaten Kepulauan Sula (Vol. 4, Issue 3).

Viliaus, J., & Ina Oktaviana Matusin. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness, Brand Engagement Terhadap Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1765–1774. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.16157

Wardhana, A. (2024). perilaku konsumen di era digital. https://www.researchgate.net/publication/382028726