Perkembangan teknologi informasi di lingkungan pendidikan tinggi mendorong institusi untuk menyediakan layanan digital yang efisien dan user-friendly. Aplikasi My Nusa KTM dikembangkan oleh Universitas Nusa Mandiri sebagai sarana digitalisasi kartu tanda mahasiswa, bertujuan mempermudah akses layanan akademik dan administratif. Namun, masih minim evaluasi terhadap pengalaman pengguna aplikasi ini, sehingga berpotensi menimbulkan ketidaksesuaian antara fitur yang tersedia dan kebutuhan aktual mahasiswa, Keluhan terkait tampilan antarmuka yang kurang intuitif serta keterbatasan akses terhadap fitur penting menunjukkan bahwa kualitas pengalaman pengguna belum optimal, efektivitas aplikasi ini perlu dievaluasi dari perspektif pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna aplikasi My Nusa KTM dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ), yang mencakup enam aspek: Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa aktif pengguna aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Kejelasan (Perspicuity) memperoleh nilai tertinggi dan termasuk dalam kategori Excellent, sementara Daya Tarik (Attractiveness), Efisiensi (Efficiency), dan Ketepatan (Dependability) berada pada kategori Above Average. Namun, aspek Stimulasi (Stimulation) berada pada kategori Below Average, dan Kebaruan (Novelty) mendapatkan nilai terendah dengan kategori Bad, mengindikasikan perlunya inovasi dalam fitur dan tampilan aplikasi untuk meningkatkan kesan kebaruan. Temuan ini memberikan masukan bagi pengembang aplikasi dalam upaya peningkatan kualitas pengalaman pengguna secara keseluruhan.
File 8_Artikel Ilmiah
File 9_Keseluruhan Halaman Skripsi
File 7_Lampiran
File 7_Lampiran
[1] T. J. Ekonomi et al., “Peran Teknologi Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Mahasiswa di Era Digital Program Studi Manajemen , Universitas Bina Bangsa , Indonesia fleksibilitas . Smartphone memiliki banyak fitur selain fungsi telepon dan SMS . Smartphone,” vol. 3, 2025.
[2] T. N. Azis, “Strategi pembelajaran era digital,” Annu. Conf. Islam. Educ. Soc. Sains (ACIEDSS 2019), vol. 1, no. 2, pp. 308–318, 2019.
[3] Y. Wijayanti, S. Suyoto, and A. T. Hidayat, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Seluler Visiting Jogja Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Janitra Inform. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 10–17, 2023, doi: 10.25008/janitra.v3i1.169.
[4] M. Rifqi Adli, Wahyudin, and S. Bahri, “Evaluasi User Experience Pada Pengguna Aplikasi Maxim Indonesia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 2, pp. 174–180, 2022, doi: 10.31294/jtk.v4i2.
[5] T. A. Novitasari, S. P. Kristanto, and L. Hakim, “Evaluasi User Experience Aplikasi Prospect Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ),” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 15, no. 1, p. 113, 2024, doi: 10.36448/jsit.v15i1.3635.
[6] S. Ratnawati and M. Faris, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Tokopedia dengan Menggunakan Metode User Expeprience Questionnaire (UEQ),” J. Perangkat Lunak, vol. 5, no. 2, pp. 210–216, 2023.
[7] R. Umar, A. Z. Ifani, F. I. Ammatulloh, and M. Anggriani, “Analisis Sistem Informasi Web Lsp Uad Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq),” METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 4, no. 2, pp. 173–178, 2021, doi: 10.46880/jmika.vol4no2.pp173-178.
[8] H. M. Akbar, H. M. Az-Zahra, and B. S. Prakoso, “Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile KAI Access menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan Usability Testing (Studi Kasus: PT. KAI),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 7, pp. 3537–3547, 2023, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13040
[9] H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, and D. H. Bangkalang, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 111–125, 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.560.
[10] A. Mardaniar, A. Mappatompo, and B. Romadhoni, “Ekonomis : Journal of Economics and Business Pengaruh Costumer Relationship Management , Keamanan Layanan terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah dalam Penggunaan Mobile Banking pada PT . Bank Mandiri Tbk Cabang Takalar,” vol. 9, no. 1, pp. 282–286, 2025, doi: 10.33087/ekonomis.v9i1.2317.
[11] R. Auliazmi, G. Rudiyanto, and R. D. W. Utomo, “Kajian Estetika Visual Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Ruangguru Aesthetic Studies of Visual Interface and User Experience of the Ruangguru Application,” J. Seni dan Reka Ranc. J. Ilm. Magister Desain, vol. 4, no. 1, pp. 21–36, 2021, doi: 10.25105/jsrr.v4i1.9968.
[12] Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.
[13] S. Mulyatun and A. F. Choirul, “Efesiensi Penerapan Sistem Pendukung Pada Lahan Parkir Dengan Memanfaatkan RFID (Radio Frequency Identification) Pada Kartu Tanda Mahasiswa,” INTECHNO Journal-Information Technol. J., vol. 1, no. 2, pp. 36–42, 2019.
[14] Feriandy, “Pengaruh Strategi Green Marketing TerhadapPilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada Pt. Askotama Inti Nusantara),” Aliansi J. Manaj. dan Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 105–114, 2021.
[15] M. Y. Balaka, “Metode penelitian Kuantitatif,” Metodol. Penelit. Pendidik. Kualitatif, vol. 1, p. 130, 2022.
[16] A. A. Masruroh, R. Juita, and B. Pangaribuan, “Analisis Kepuasan Penggguna Pada Layanan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” INFORMAL Informatics J., vol. 8, no. 2, p. 143, 2023, doi: 10.19184/isj.v8i2.38011.
[17] F. Heri Surya Ramadhani, “Analisa Website Sistem Akademik Institut Bisnis Dan Teknologi Menggunakan Metode Ueq ( User Experience Questionnaire ),” J. Satya Inform., vol. 8, no. 01, pp. 95–103, 2023, doi: 10.59134/jsk.v8i01.243.
[18] M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook,” URL https//www. Res. net/publication/303880829{_}User{_}Experience{_}Questionnaire{_}Handbook{_}Version{_}2.(Accessed 02.02. 2017), pp. 1–15, 2019, [Online]. Available: www.ueq-online.org
[19] I. N. S. W. Wijaya, P. P. Santika, I. B. A. I. Iswara, and I. N. A. Arsana, “Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTik Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, pp. 217–226, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2020762763.
[20] R. Islami, S. S. Hilabi, and A. Hananto, “Analisis User Experience Aplikasi Traveloka dan Tiket.Com Menggunakan Metode User Experience Quesionnaire,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 497–505, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12106.
[21] E. Kurniawati and C. Indah Ratnasari, “Pengujian Pengalaman Pengguna (User Experience) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus Pada Website Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia,” J. Portal - Univ. Islam Indones., vol. 4, pp. 63–72, 2023, [Online]. Available: www.fit.uii.ac.id.
[22] E. Susilo, R. Rizal Andhi, and D. Ramadhani, “Evaluasi User Interface Website Prodi Teknik Informatika UNRI Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 366–373, 2022, doi: 10.29408/jit.v5i2.5939.
[23] Asrulla, Risnita, M. S. Jailani, and F. Jeka, “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis,” 2023.