Transformasi Digital pada bidang ekonomi kreatif telah membuka peluang untuk pelaku industri terutama fotografer, dalam mendistribusikan dan memonetiasi karya seni digital lebih luas. Namun masih banyaknya fotografer yang memiliki keterbatasan dalam memasarkan produknya, terutama karena belum tersedianya platform lokal yang memfokuskan dan mendukung sistem penjualan produk digital seperti manajemen portofolio, transaksi digital berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang bisnis digital berupa platform berbasis web bernama Potoshare Indonesia, yang ditujukan sebagai marketplace digital yang menghusukan bidang fotografi dan produk karya seni digital seperti foto, preset, e-book, serta membangun portofolio online secara professional, . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Rational Unified Process (RUP) serta pemodelan bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC). Hasil dari penelitian ini adalah rancangan aplikasi dan strategi bisnis digital yang dinilai layak dan sangat berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Potoshare Indonesia diharapkan menjadi solusi digital yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di bidang fotografi.
Full Tugas Akhir
Full Tugas Akhir
[1] K. P. dan E. Kreatif, “Statistik Ekonomi Kreatif 2020,” Jakarta, 2020.
[2] N. E. Dwi, I. A. Putri, R. Ariany, and R. E. Putera, “Lisensi Creative Commons
Attribution 4.0 Internasional (CC BY),” Tata Kelola Ind. Kreat. di Indones.
dalam Perspekt. Sound Gov., vol. 12, no. Maret, pp. 1-1o, 2024.
[3] B. Hutagaol, “CENDIKIA PENDIDIKAN PEMASARAN SENI DI ERA
DIGITAL STRATEGI MEDIA SOSIAL DAN PLATFORM KREATIF,” vol.
10, p. 2024, doi: 10.9644/sindoro.v3i9.252.
[4] R. A. Mufid, “Perkembangan Teknik Fotografi,” Retin. J. Fotogr., vol. 2, no. 2,
pp. 296–301, 2022, doi: 10.59997/rjf.v2i2.2277.
[5] D. A. Annisa Sabilla, Novia Fachza, “ANALISIS KELAYAKAN USAHA
FOTOGRAFI DAN VIDEOGRAFI DI ERA DIGITAL,” vol. 3, no. 1, pp. 1–6,
2023.
[6] N. E. Tarigan, F. R. Laili, T. Samudra Hidayat, and R. Hidayat, “Membangun
Keunggulan Bisnis Digital : Sinergi Perencanaan Sumber Daya Manusia
Strategis Dan Artificial Intelligence,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1,
pp. 179–185, 2024, [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa-
university.ac.id/karya_jpm/index
[7] L. J. Ari Riswanto, Joko Joko, Siti Napisah, Yoseb Boari, Devy
Kusumaningrum, Nurfaidah Nurfaidah, Ekonomi Bisnis Digital. 2024.
[8] T. A. R. Widyastuti, L. Judijanto, and A. Y. Rukmana, Produk Digital: Revolusi
Produk Digital dan Inovasi di Era Teknologi, vol. 19, no. 1. 2024.
[9] I. Derun and H. Mysaka, “Digital assets in accounting: the concept formation
and the further development trajectory,” Econ. Ann., vol. 195, no. 1–2, pp. 59–
70, 2022, doi: 10.21003/ea.V195-06.
[10] C. Kurnia Sastradipraja and Z. Munawar, Konsep Dasar Teknologi Web, no.
October. 2022.
[11] Elgamar, BUKU AJAR KONSEP DASAR PEMROGRAMAN WEBSITE
DENGAN PHP. Ahlimedia Book, 2020. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/BUKU_AJAR_KONSEP_DASAR_P
EMROGRAMAN_WEBSI/sgLyDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=0
[12] A. S. Hussein, Metode Design Thinking Untuk Inovasi Bisnis. Malang
Indonesia, 20218. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Design_Thinking_untuk_Ino
vasi_Bis/nNWFDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=design+thinking&printsec
=frontcover
[13] R. F. A. Aziza, A. Nurmasani, and M. Azizah, Teori dan Praktik Desain UI/UX
Studi Kasus Implementasi dengan Metode Design Thinking. Penerbit ANDI,
Yogyakarta. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Teori_dan_Praktik_Desain_UI_UX/X
121
OArEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=tahapan+design+thinking&pg=PA7&p
rintsec=frontcover
[14] G. Wijayanto, BUSSINESS MODEL CANVAS : Cara Jitu Manajemen
Pemasaran Yang Berhasil. Gigi, Sulawesi Tengah: Feniks Muda Sejahtera,
2024. [Online]. Available:
https://books.google.co.id/books?id=97IDEQAAQBAJ&newbks=0&printsec=
frontcover&pg=PA33&dq=strategi+pemasaran+dengan+menggunakan+brand
+ambassador&hl=id&redir_esc=y#v=onepage&q=strategi pemasaran dengan
menggunakan brand ambassador&f=false
[15] Fatkhurahman, Buku Ajar Kewirausahaan. LPPM Univeristas Lancang
Kuning, 2025. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/KEWIRAUSAHAAN/odsuEQAAQB
AJ?hl=id&gbpv=1&dq=Business+Model+Canvasing+(BMC)&pg=PA82&pri
ntsec=frontcover
[16] R. R. Siregar, K. Nasution, and T. Haramaini, “Aplikasi Ujian Online Untuk
Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Menggunakan Metode Rational
Unified Process (RUP),” J. Minfo Polgan, vol. 10, no. 1, pp. 33–41, 2021, doi:
10.33395/jmp.v10i1.10953.
[17] IBM, “Industry-Proven Best Practices,” 2003.
[18] D. Linda, R. Nurlistiani, and H. Purnomo, “Implementasi Pemasaran
Digitalisasi Jasa Fotografi Berbasis Web,” vol. 24, no. 2, pp. 108–117.
[19] H. N. Widiani, M. F. Alfatih, and T. M. Pasya, “Penerapan Business Model
Canvas ( BMC ) pada Bisnis Jasa Fotografi Produk Rabbithall Studio,” 2025.
[20] D. Jonatan and I. Jaelani, “Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Jasa
Fotografi Dengan Menerapkan Payment Gatewa y Menggunakan Metode
Prototype Program Studi Teknik Informatika , Sekolah Tinggi Teknologi
Wastukancana , Indonesia pembeli bertransaksi online . Layanan ini membantu
,” vol. 2, no. 5, pp. 157–168, 2024.
[21] F. Akbar, M. R. Dwiputra, and S. Nurlela, “Perancangan Rintisan Bisnis Digital
PotoShare Indonesia Sebagai Platform Untuk Monetisasi Karya Seni Digital”.
[22] T. Widiastuti, S. A. Santoso, R. D. Beeh, and E. E. Resi, Sistem Pendukung
Keputusan Wisata Ende. Kaizen Media Publishing, 2025. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Pendukung_Keputusan_Wisat
a_Ende/2f1eEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
[23] R. Destriana, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase Studi
kasus Aplikasi Bank Sampah. Deepublish, 2021. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Diagram_UML_Dalam_Membuat_Ap
likasi_Andro/6bM-
EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=UML+Adalah&pg=PA2&printsec=frontco
ver
[24] S. Mulyani, Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika,
2017. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Analisis_dan_Perancangan_S
122
istem/SbrPDgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=ERD+adalah&pg=PA100&print
sec=frontcover
[25] N. T. Romandloni and Miswanto, Sistem Basis Data Teori dan Praktikum.
Jambi, Indonesia: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024. [Online].
Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Basis_Data_Teori_dan_Prakti
kum/roEKEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=LRS+adalah&pg=PA18&printse
c=frontcover
[26] F. A. W and R. Firenza, Pemrograman 8 Bahasa dengan Chat GPT. Semarang,
Indonesia: Siega Publisher, 2023. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Pemrograman_8_Bahasa_dengan_Ch
atGPT/Qkm-
EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=UI+UX+adalah&pg=PT18&printsec=front
cover
[27] Figma, “What is Figma?”
[28] S. Rosalin, K. S. Rahayu, R. Bhakti, L. Edityastono, and R. Yuliawan,
Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi. Malang Indonesia:
Universitas Brawijaya Press UB Press, 2022. [Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Administrasi_Perkantoran_Berbasis_
Teknol/S7yfEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=draw+io+adalah&pg=PA211&
printsec=frontcover
[29] F. Elfaladonna and I. G. Tofik, Buku Ajar Algoritma dan Pemrograman dengan
C dan C++. Pekalongan Indonesia: PT Nasya Expanding Management, 2024.
[Online]. Available:
https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Algoritma_dan_Pemrogra
man_deng/2-
sZEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=vscode+adalah&pg=PA49&printsec=fro
ntcover
[30] U. Kalsum Siregar, T. Arbaim Sitakar, S. Haramain, Z. Nur Salamah Lubis, U.
Nadhirah, and F. Sains dan Teknologi, “Pengembangan database Management
system menggunakan My SQL,” SAINTEK J. Sains, Teknol. Komput., vol. 1,
no. 1, pp. 8–12, 2024.
[31] R. A. A. P. Meidyan Permata Putri, Ebtaria Nadeak, Malahayati, Nurlaini
Rahmi, Arsia Rini, Diah Novita Sari, Kurniati, Herlinda Kusmiati, Sistem
Manajemen Basis Data Menggunakan MYSQL. Penerbit Widina Media Utama,
2023. [Online]. Available: http://www.nber.org/papers/w16019
[32] F. A. M Reza Faisal, Pemrograman Web Dasar I, no. August. 2020. [Online].
Available: http://www.nber.org/papers/w16019
[33] M. G. Wonoseto, Bahasa Bahasa Pemrograman Web Client HTML5, CSS3 dan
Javascript. Sleman Yogyakarta Indonesia: KBM Indonesia, 2024. [Online].
Available:
https://www.google.co.id/books/edition/BAHASA_BAHASA_PEMROGRA
MAN_WEB_CLIENT_HTM/m_46EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=javascri
pt+adalah&pg=PA9&printsec=frontcover.