Fenomena meningkatnya penggunaan strategi trendjacking di platform media sosial TikTok menjadi perhatian dalam dunia bisnis digital. Tokopedia telah menerapkan strategi trendjacking pada seluruh kontennya di media sosial TikTok dalam dua tahun terakhir, yang mampu meningkatkan social media engagement dilihat dari engagement rate kontennya. Namun, masih belum diketahui secara pasti apakah strategi tersebut efektif dalam mendorong minat beli konsumen, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten trendjacking TikTok Tokopedia terhadap minat beli, dengan social media engagement sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang berdomisili di Jakarta dan pernah melihat atau berinteraksi dengan konten trendjacking TikTok Tokopedia minimal 1 kali dalam 2 tahun terakhir. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi trendjacking tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap minat beli, namun bepengaruh signifikan terhadap social media engagement. Social media engagement berpengaruh langsung yang signifikan terhadap minat beli dan memediasi secara signifikan hubungan antara strategi trendjacking dan minat beli. Maka dari itu, penelitian ini menegaskan pentingnya interaksi audiens dalam pengoptimalan penggunaan strategi trendjacking guna meningkatkan minat beli.
Full Tugas Akhir
Abidin, A. R., & Abidin, M. (2021). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response ( S-O-R ) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. 6Abidin, A(2), 74–90.
Adrian, D., & Mulyandi, M. R. (2021). Manfaat Pemasaran Media Sosial Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online. 2(2), 215–222.
Aliyah, J., & Mardinata, E. (2024). Pengaruh Konten Promosi, Pemasaran Digital, dan Kemudahan Penggunaan Shopee Terhadap Minat Beli. 10(2020), 942–953.
Alviana, R. N., & Kussudyarsana. (2025). Pengaruh Social Media Engagement, Persepsi Kualitas Produk, dan Persepsi Kemudahan Aplikasi Terhadap Minat Beli Produk Fashion TikTok Shop. 8, 132–145.
Amiruddin, M. R., Alwan, S., Riswanto, W. E., & Fantini, E. (2023). Pengaruh Belanja Online pada E-Commerce Lazada Terhadap Perilaku Konsumen Rasional Generasi Milenial di Tangerang. 2(6), 1155–1166.
Amriel, E. E. Y., & Ariesey, R. R. (2021). Analisa Engagement Rate di Instagram : Fenomena Like dan Komentar. 9(2), 1–10.
Andon, N. S., & Annuar, S. N. S. (2023). The Adaptation of Social Media Marketing Activities in S-Commerce: TikTok Shop. 15(1), 176–183.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024.
Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. 6(3), 2008–2018.
Christanti, & Kembau, A. S. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Konten Dan Afiliasi Terhadap Pembelian Impulsif : Peran Mediasi. 36(2), 198–223.
Chung, W. J., & Jeong, C. (2024). The Role of Social Media Engagement in The Purchase Intention of South Korea’s Popular Media (Hallyu) Tourism Package: Based on Uses and Gratifications Theory. 17–30. https://doi.org/10.1080/10941665.2024.2308850
Darmadi, R., Silitonga, P., & Kristiadi, A. A. (2021). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Social Media Customer Engagement dan Kepuasan Pelanggan Pendahuluan. 11(1), 11–24. https://doi.org/10.32502/jimn
Databoks. (2024). Tingkat Penetrasi Internet Indonesia Capai 79,5% per 2024. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/e6f9d69e252de32/tingkat-penetrasi-internet-indonesia-capai-795-per-2024
Databoks. (2025). Pengunjung Situs Shopee dan Lazada Naik Kuartal I 2025 , Tokopedia dan Blibli Turun. 2024–2025.
Datareportal. (2025). TikTok Users, Stats, Data & Trends For 2025. https://datareportal.com/essential-tiktok-stats
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. 73–79.
Fadhilah, S., & Nurjanah, S. (2024). Strategi Optimalisasi Konten Tiktok Effa Design Dalam Meningkatkan Engagement Rate. 11(2).
Fadillah, M. N., & M.Subchan. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan Marketplace di Indonesia.
Firdaus, M. F., & Umar, T. M. (2022). Pengaruh Kuliah Online terhadap Semangat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. 2022, 55–59.
Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada UMKM Dalam Masa COVID-19. 2(2), 206–211.
Gandhi, C. P., Ekawati, N. W., & K, I. G. N. J. A. W. (2024). Peran Customer Engagement Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada E-learning AKU PINTAR. 13(9), 1986–1995.
Hanif, A. L. (2025). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Consumer Brand Engagement ( Survei Pada Perusahaan GoFood Indonesia ).
Hendrayati, H., Setyawati, I., & Waluyo, T. (2024). Trendjacking Strategies by Influencers : Their Impact on Engagement and Costumer Purchase Decisions in the Digital Era. 2(8), 1022–1035.
Hernosa, S. P. (2023). Karakteristik Konsumen Nanas Dikabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara (Jenis Kelamin, Umur, Pendidikan, Pekerjaan, Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga). 5(April), 14–22. https://doi.org/10.31289/agri.v5i1.8811
Indrasari, Y. (2020). Efesiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Rakyat Di Desa Gending Waluh Kecamatan Sempol (Ijen) Bondowoso. 14(1), 44–49. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.44
Irdiana, S., Darmawan, K., & Ariyono, K. Y. (2021). Impulse buying di masa pandemi covid 19.
Iswinarti, & Surahman. (2022). Meningkatkan Engagement pada Siswa melalui Variabel Emosi : Tinjauan Sistematik Improve Engagement on Students through Emotion Variable : A Systematic Review. 30, 210–225. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.54355
Juliandi, A. (2018). Modul Pelatihan Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) Dengan SmartPLS. https://doi.org/10.5281/zenodo.1243777
Kiely, T. (2024). What Is Trendjacking and How Can You Use It For Your Brand? Meltwater. https://www.meltwater.com/en/blog/trendjacking
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen, 15th Edition (15th ed.). Boston : Pearson Education. https://students.aiu.edu/submissions/profiles/resources/onlineBook/S3D7W4_Marketing_Management.pdf
Kurniawan, Y. A., & Sastika, W. (2024). Analisis Strategi Influencer Marketing Pada Instagram Studio Dapur Tahun 2024. 13(September), 1538–1549. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i3.1202
Kusumawaty, I., Achmad, V. S., Ginting, D. S., Yunike, Liana, Y., Indriyani, D., Martiningsih, W., Solehudin, & Lalla, N. S. N. (2022). Metodologi Penelitian Keperawatan (N. Sulung & R. M. Sahara (eds.); 1st ed.). PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://www.researchgate.net/profile/Nursyamsi_Nl/publication/363889383_METODOLOGI_PENELITIAN_KEPERAWATAN/links/6333c1fa5f6370520d01519c/METODOLOGI-PENELITIAN-KEPERAWATAN.pdf#page=34
Lambrecht, A., Tucker, C., & Wiertz, C. (2018). Advertising to Early Trend Propagators : Evidence from Twitter. 2(March), 177–199.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. 6(1), 33–39.
Liadeli, G., Sotgiu, F., & Verlegh, P. W. J. (2023). A Meta-Analysis of the Effects of Brands ’ Owned Social Media on Social Media Engagement and Sales. https://doi.org/10.1177/00222429221123250
Lianasari, M., & Ahmadi, S. (2022). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening. 21(1), 43–59. https://doi.org/10.32639/fokbis.v21i1.106
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819–826.
Maleachi, S., Juliana, Sutjipto, A. V., Tanubrata, J., & Jane, J. (2022). The Role Of Social Media Marketing Dan Customer Engagement Terhadap Niat Beli Konsumen ( Studi Pada Kopi Kenangan ). 1(2), 78–87. https://doi.org/10.56854/jbm.v1i2.95
Matin, A., Khoshtaria, T., & Tutberidze, G. (2020). The Impact of Social Media Engagement on Consumers’ Trust and Purchase Intention. 14(3), 305–323.
Milansari, H., Silmi, M. A., Vhegi, S., & Supriadi, I. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Sweetin. 4(1), 1–10.
Mulyani, Y. S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial TikTok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. 11(1).
Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2021). Konsep Dasar Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-LPS) Menggunakan SmartPLS. Pascal Books.
Nirmala, I. A., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengaruh Islamic Marketing Mix Terhadap Keputusan Manjadi Nasabah Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi. 5(November), 326–337.
Nisa, M., Sudarno, & Sugito. (2021). Moderating structural equation modeling dengan partial least square pada pemodelan penerimaan dan penggunaan dompet digital di kota semarang. 10, 66–75.
Novita, D., Mayndarto, E. C., Maulana, M. A., & Hanifah. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. 12, 2543–2550.
Nurhabiba, F. D., Misdalina, M., & Tanzimah. (2023). Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi SD 19 Palembang. 09.
Nurhasanah, A., Day, S. C. P., & Sabri. (2023). Media Sosial Tiktok Sebagai Media Penjualan Digital Secara Live di Kalangan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan. 7(September 2023), 69–77. https://doi.org/10.30595/jssh.v7i2.16304
Pertiwi, A. D., & Fahmi, S. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Digital, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion di Marketplace. 1(4), 625–634.
Pramiyati, T., Jayanta, & Yulnelly. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus : Skema Konseptual Basisdata SIMBUMIL). 8(2), 679–686.
Prasetyo, J. H., Prakoso, B. S., Wiharso, G., & Fabrianto, L. (2021). E-commerce : The Importance Role of Customer Perceived Value in Increasing Online Repurchase. 2(6), 955–962.
Prayogo, A., Fauzi, A., Bagaskoro, D. S., Alamsyah, F. A., Tonda, F., Hafidzi, M. K., Fatturrohman, M. R. H., & Wijaya, S. (2023). Pengaruh Brand Image , Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen. January. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Pascal Books. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=9dZWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=metode+kuantitatif+adalah&ots=1fdDP64uKb&sig=R4xMqnLotDCpvb8_al875Z-KNeg&redir_esc=y#v=onepage&q=metode kuantitatif adalah&f=false
Priyandhini, B., Annisa, S., & Manurung, M. (2023). The Job Description of a Content Specialist to Increase Digibank Brand Awareness Through Instagram at Olrange Digital Agency Period of January – March 2023 (Issue March). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-132-6
Putri, S. I., Yulianti, E., Saputra, G. G., & Ningrum, H. F. (2022). Faktor Penentu Minat Beli Konsumen Melalui E-Commerce Berbasis Marketplace. 14(1), 29–40.
Rahmawati, E., Dewi, R. R., Kamilah, N. S., Husen, A. A., & Hasibuan, R. (2024). Penerapan Model Fishbein Multiatribut Untuk Mengukur Sikap Konsumen Terhadap Produk Sabun Pencuci Piring Dari Cairan Eco Enzyme ( Zymora ). 2, 175–183.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendy (ed.)). Cipta Media Nusantara.
Rodriguito, A. P. (2025). Trendjacking’s Trail: Navigating Consumers’ Buying Patterns. April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17237.13282
Romadhona, A., & Putri, F. F. (2025). Analisis Strategi Promosi Melalui Akun Instagram Infokrian Untuk Meningkatkan Brand Awareness UMKM. 6(1), 30–43.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli produk pakaian secara online. 11(1).
Sagala, L. M., & Marpaung, D. S. H. (2021). Penegakkan Hukum Serta Upaya Penyelesaian Sengketa Online Marketplace Melalui Mekanisme Online Dispute Resolution. 4, 421–434.
Santy, K. P. A., Lakoni, I., & Markoni. (2024). Pengaruh Financial Technology , Financial Attitude dan Financial Behavior Terhadap Financial Literacy ( Studi Kasus Pada Umkm Di Kota Bengkulu ). 5(2), 454–469.
Sari, N., & Sari, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Minat Beli Konsumen Online di Marketplace. January 2020. https://doi.org/10.32722/eb.v18i2.2490
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. 8(1), 147–155.
Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literatre Review Keputusan Pembelian dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga dan Promosi. 3(1), 301–313.
Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. 7, 54–61.
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2020). Analisis SEM-PLS Dengan WarpPLS 7.0 Untuk Hubungan Nonlinier Dalam Penelitian Sosial dan Bisnis (C. Mitak (ed.); 2nd ed.).
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. 4(1), 26–37.
Suhara, O. N., & Susilowati, E. (2022). Pengaruh Kinerja Keuangan Memediasi GCG Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI Tahun 2015-2019. 4, 5426–5436.
Sukanda, U. F., & Abdurahman, A. I. (2020). Efek Tayangan Video Penjelasan Kasus Corona Terhadap Khayalak (Analisis Deskriptif Kuantitatif Terhadap Efek Video Penjelasan Kasus Corona di Provinsi Banten ). 8(2).
Sulistyono, A., & Jakaria. (2022). Analisis Pengaruh Social Media Engagement Terhadap Relationship Quality Yang Dimediasi Oleh Faktor-Faktor Relationship Management. 11(1), 53–65.
Susanto, G., Evelyn, R., Leo, D., & Felicio, H. (2023). Pemanfaatan Algoritma Tiktok Dan Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness. 9(November), 483–491.
Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian (E. Risanto (ed.); 1st ed.). Penerbit ANDI (Anggota IKAPI). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=87J3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=populasi++adalah&ots=LOGBq9ZIxw&sig=7Cjt4wALX8CjTKWIQDdzGclciqM&redir_esc=y#v=onepage&q=populasi adalah&f=false
Trunfio, M., & Rossi, S. (2021). Conceptualising and measuring social media engagement : A systematic literature review. Italian Journal of Marketing, 2021(3), 209–234. https://doi.org/10.1007/s43039-021-00035-8
Tsai, W.-H. S., & Men, L. R. (2017). Consumer Engagement With Brands on Social Network Sites: A Cross-Cultural Comparison of China and the USA. Journal of Marketing Communications.
Universitas Telkom Jakarta. (2025). Jakarta 2025: Kota Global dan Berbudaya di Era Digital. https://jakarta.telkomuniversity.ac.id/jakarta-2025-kota-global-dan-berbudaya-di-era-digital/
Utami, B. A., & Kurnia. (2021). Komunikasi Bisnis melalui Social Media Trust guna Meningkatkan Customer Engagement pada Pixy Cosmetic. Journal Riset Manajemen Komunikasi, 46–53.
Vaharani, A. A., & Halim, R. E. (2024). The Dynamics of Indonesia’s Local Beauty Market: An Analysis of the Impact of Social Media Engagement on Purchase Intention. 1(1), 39–44.
Vitara, V., & Kurniawati, M. (2023). Pengaruh Social Media Engagement TikTok Terhadap Impulse Buying Produk Pakaian Pada Dewasa Awal. 15–21.
We Are Social, & Meltwater. (2025). Digital 2025: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2025-indonesia
Wiadnyana, D. G. A., Gama, G., & Rismawan, P. A. E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gianyar. 1–15.