Implementasi adalah bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan dilakukan secara sungguh-sungguh berdasarkan acuan norma tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan. Oleh karena itu implementasi tidak berdiri sendiri tetapi dipengaruhi oleh objek berikutnya. Sedangkan sistem mempunyai arti kumpulan komponen yang saling berhubungan atau keterkaitan satu sama lain dengan mempunyai tujuan tertentu. Dari kedua pengetian tersebut bahwa implementasi dan sistem dapat disimpulkan baik implementasi atau sistem mempunyai tujuan tertentu, sehingga dapat dihubungkan dengan berbagai jenis kegiatan dan lain-lain. Salah satu yang dapat dihubungkan dengan implementasi dan sistem yakni pengelolaan anggaran dana BOP, arti dari pengelolaan adalah proses yang memberikan pengawasan pada semua hal yang terlibat dalam pelaksanaan kebijaksanaan dan pencapaian tujuan. Anggaran merupakan alat akuntansi yang dapat membantu pimpinan perusahaan dalam merencanakan dan mengendalikan operasi perusahaan, sedangkan dana Biaya Operasional Pendidikan (BOP) adalah bantuan dari Pemerintah pusat kepada sekolah-sekolah berdasarkan jumlah murid yang ada di sekolah tersebut. Dari semua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa salaing keterkaitan sehingga dapat di jabarkan dalam bahasa pemograman yakni java. Java adalah suatu bahasa pemograman objek murni karena semua kode programnya dibungkus dalam kelas, dalam hal ini penulis membuat rancangan sebuah aplikasi yang dapat membantu sekolah dalam pengelolaan anggaran dana BOP dengan menggunakan basis data mysql.
FULL TUGAS AKHIR
[1] Nurdin Usman, “Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum”, Jakarta:Grasindo, hal. 170, 2022.
[2] Guntur Setiawan, “Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan”, Jakarta:Balai Pustaka, hal. 39, 2019.
[3] Sutabri, Tata. Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Andi Offset. 2016.
[4] Julitta. Dewayani , Fitri Wahyuningsih. Sistem Informasi Monitoring Persediaan Spareparts Motor Dengan Menggunakan Metode Fifo Pada Toko Adil Jaya Motor Semarang. , Vol.9 No.1, 2016.
[5] Hartono. Manajemen Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, hal. 26. 2016.
[6] Arti kata dana - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. 2025.
[7] Maimunah, David Ericson Manalu dan Dian Budi Kusuma. Perancangan Prototype Visual pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi dan Promosi pada PT Sulindafin”. Yogyakarta: Universitas Amikom Yogyakarta.Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. Vol 5 No 1, ISSN: 2302-3805. 2017.
[8] H. Warnaningtyas and A. Rohmatiah, PENGANGGARAN PERUSAHAAN. Lakeisha, 2022.
[9] KONSEP BIAYA OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (BOSP). 2025.
[10] Mardiani, Eri. dkk. Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan Java NetBeans. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2017.
[11] Nofriadi. Java Fundamental Dengan Netbeans 8.0.2. Yogyakarta: Dee Publish.2015.
[12] N. Gede, R. S. Diatmika, I. Made, A. D. Suarjaya, and K. S. Wibawa, Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Pemesanan Menu Restoran. 2022.
[13] Fariyanto, F., & Ulum, F. PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI. 2021.
[14] Akhmad Syukron dan Noor Hasan., Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas Winong. Bianglala Informatika, 3(1). pp.28-34 (Perancangan) (uml) (Usecase) (Activity Diagram) (Class Diagram). 2015.
[15] Rosa and Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2016.
[16] Astuti, P. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Sepatu Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 Indonesia Jurnal of Software Engineering (IJSE), 4(1), 73 - 78. https://doi.org/10.31294/ijse.v4i1.300. 2018
[17] Rusmawan S. Gatoet, Panduan Mudah Merancang Bangunan. Jakarta: NiagaSwadaya, 2013.
[18] Syabaniah, r. N., riyanto, a., & selviana, e. M. Pemanfaatan aplikasi tabungan siswa berbasis web pada pendidikan anak usia dini (paud). Syntax, 8(2), 101–109.2019.
[19] Angraina Fitri, D., & Sulistio. Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web Pada SDIT Al-Manar Kota Pekanbaru. Jurnal Fasilkom, 10(1), 20–24. https://doi.org/10.37859/jf.v10i1. 1903. 2020.
[20] https://www.oktapriyana.com/2022/03/Hirarki-Basis-Data.html.
[21] Winarsih, N. A. S., & Kurniawan, P. H. M. D. Penerapan User-Centered Design pada Sistem Informasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Semarang Berbasis Web untuk Mengelola Potensi Masjid Kota Semarang. Jurnal Ilmu Komputer, 8(1), 1–8. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/57626/34393. 2020. roekhuis,
[22] Broekhuis, M., van Velsen, L., & Hermens, H. Assesingusability of eHealth technolog: A compatison of usability bencmarking instruments. In Internasional Journal of Medical Informatics (Vol. 128, pp. 24-31). https:/doi.org/10.101/j.ijmedinf.2019.05.001. 2019.
[23] Sinansari, P.,Salsabila, S. H., Hanoum, S., Lopatka, A., & Wlodarski, W. Identity Customer Element Through Empathy Map and User Persona. Procedia Computer Science, 225, 4148. https://doi.org/10.101/j.procs.2023.10411 . 2023.
[24] Hartawan, M. S., & Id, J. Penerapan User Centered Design (UCD) pada Wireframe dan User Experience Aplikasi Sinopsis Film . JEIS: Jurnal Elektro dan Informatika Swadharma, 2(1), 43-47. https://doi.org/10.548/JEIS.VOL2NO1.11. 2022.
[25] Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. Perancangan UI/UVX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171. 2020a.
[26] Renaldo F., DwinoraCahyati, I., Dody, Rizky Pribadi, M., Fajriati, R., Komputer dan Rekayasa, I., & Mulri Data Palembang, U., Peranvcangan UI/UX pada Aplikasi Helo Life dengan Metode Design Thinking. MDP Student Conference, 1(1), 273-278. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1758. 2022.
[27] Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. Perancangan UI/UVX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171. 2020b.
[28] Razi, A., Mutiaz, I., & Setiawan, P., Penerapan Metode Design Thinking pada Model Perancangan UI/UX, Aplikasi Penagngan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer. 2018.