Tugas Akhir

research
  • 15 Oct
  • 2025

Tugas Akhir

Tingginya minat masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran menyebabkan lonjakan drastis dalam pemesanan tiket kereta api secara online, khususnya melalui aplikasi seperti KAI Access, Traveloka, dan Tiket.com. Namun, tidak semua aplikasi mampu memberikan kualitas layanan digital yang optimal selama periode padat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan dari ketiga aplikasi tersebut menggunakan model WebQual 4.0 yang terdiri atas tiga dimensi utama, yaitu usability, information quality, dan service interaction. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran (mixed methods) dengan pengumpulan data kuantitatif melalui kuesioner terhadap 300 responden pengguna aktif (100 per aplikasi), serta data kualitatif melalui analisis ulasan pengguna di Google Play Store. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tiket.com memiliki skor tertinggi dalam aspek usability dengan nilai rata-rata 3,31, disusul Traveloka dengan 3,26, dan KAI Access 3,17. Pada dimensi information quality, Traveloka unggul dengan nilai 3,31, diikuti oleh Tiket.com (3,18) dan KAI Access (3,09). Traveloka juga menempati posisi tertinggi dalam service interaction (3,93), menunjukkan kestabilan sistem dan kemudahan akses layanan. Sebaliknya, KAI Access masih menghadapi kendala pada penyampaian informasi dan performa saat trafik tinggi. Kesimpulannya, meskipun seluruh aplikasi berada pada kategori “cukup hingga baik”, masih diperlukan peningkatan terutama dalam penyajian informasi dan responsivitas sistem selama periode mudik.

Unduhan

 

  • BAB 1.pdf

    File_2 BAB 1

    •   diunduh 0x | Ukuran 1,754,941
  • BAB 3.pdf

    File_4 BAB 3

    •   diunduh 0x | Ukuran 5,659,371
  • BAB 2.pdf

    File_3 BAB 2

    •   diunduh 0x | Ukuran 2,981,607
  • BAB 5.pdf

    File_6 BAB 5

    •   diunduh 0x | Ukuran 918,936
  • BAB 4.pdf

    File_5 BAB 4

    •   diunduh 0x | Ukuran 8,489,649

REFERENSI

[1]      V. L. Catra Mulia, “WIDYAPARWA_Desember,” Kaji. Kebahasaan Pada Iklan Cetak Di Masa Pandemi Covid-19, vol. 48, pp. 196–205, 2020.

[2]      Y. Alinggahe, “PENGALAMAN EMOSIONAL PEMUDIK DALAM TRADISI MUDIK: studi kasus pada mahasiswa gorontalo,” …  J. Kaji. Agama, Sos. dan …, vol. 2, no. 1, pp. 72–84, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tj/article/view/1584%0Ahttps://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tj/article/download/1584/1125

[3]      H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 162–175, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i2.1375.

[4]      A. Asnawi, M. Arfani, P. Priyanto, S. Kamariyah, and K. Dwijosusilo, “Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Website (Webqual) terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api melalui Aplikasi KAI Access di Surabaya,” J. Ilm. Adm. Bisnis dan Inov., vol. 7, no. 1, pp. 17–34, 2023, doi: 10.25139/jiabi.v7i1.6550.

[5]      H. S. Salsabilla, L. Z. Zahra, M. L. Sari, K. Zikrinawati, and Z. Fahmy, “Pengaruh Persepsi E-Service Quality pada Layanan Pemesanan Tiket Kereta Api Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pengguna Traveloka,” J. Ilm. Dan Karya Mhs., vol. 1, no. 2, pp. 170–179, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JIKMA/article/view/460

[6]      A. A. Rachman and W Nuruni Ika Kusuma, “Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap E-Loyality Melalui Variabel Penghubung E-Satisfaction 26 Asosiasi Sarjana Sosial, Ekonomi dan Politik Indonesia (ASSEPI) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-LOYALITY MELALUI VARIABEL PENGHUBUNG,” J. Sos. Ekon. dan Polit., vol. 2, pp. 26–33, 2021, [Online]. Available: http://www.jsep.org/index.php/jsep/index

[7]      F. Giovinda, H. Ridwan, and Pusporini, “Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiket. com,” Bus. Manag. Econ. Account. Natl. Semin., vol. 1, no. 1, pp. 1059–1076, 2020.

[8]      L. Maharani, “Tinjauan Pustaka Sistematis : Mengevaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Pemesanan Tiket,” 2021.

[9]      K. Roz, “Analisis Pengaruh Website Quality terhadap Kepuasan Pengguna dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0,” J. Manaj. Dan Kewirausahaan, vol. 8, no. 1, 2020, doi: 10.26905/jmdk.v8i1.3782.

[10]    D. Aswara, “KAI Group Layani 11,8 Juta Pelanggan Selama Angkutan Lebaran 2025,” Tempo, 2025. [Online]. Available: https://www.tempo.co/ekonomi/kai-group-layani-11-8-juta-pelanggan-selama-angkutan-lebaran-2025-1226237

[11]    T. R. Arahman, “Analisis Usability pada Aplikasi Mobile KAI Access Berdasarkan Pengguna Goal-Directed User dan Experiential User Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” AT-TAWASSUTH J. Ekon. Islam, vol. VIII, no. I, pp. 1–19, 2022.

[12]    N. I. Solikha, A. Faroqi, and A. Wulansari, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Access by KAI Menggunakan Metode UX Honeycomb,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 13, no. 2, pp. 1272–1283, 2024.

[13]    E. Putri and R. P. Santoso, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pengalaman Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Access By KAI,” vol. 7, pp. 74–81, 2024.

[14]    D. Oleh et al., “Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode E-Servqual Proposal Tugas Akhir,” 2022.

[15]    R. Agianto, “Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen pada Aplikasi Tiket . com,” vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2021.

[16]    A. D. Rahmawan and I. Rodiyah, “Quality of Transportation Services by PT . Kereta Api Indonesia ( Persero ) at Surabaya Gubeng Station . Focus on Digital Ticket Booking through the KAI Access Application . [ Kualitas Pelayanan Transportasi PT . Kereta Api Indonesia ( Persero ) Di Stasiu,” pp. 1–15.

[17]    M. Alda, N. Aisah, N. Umniati, and M. Thasandra, “Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api Secara Online dengan Menggunakan Pemrograman Mobile,” vol. 8, pp. 4017–4025, 2024.

[18]    I. Salamah, L. Lindawati, M. Fadhli, and R. Kusumanto, “Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0,” J. Digit, vol. 10, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i1.151.

[19]    N. Azizah and E. Efrizon, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Tugas Akhir Elektronika dengan Metode Web Qual 4.0,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, pp. 23311–23320, 2023, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10310%0A

[20]    M. I. Maulana, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik (Portal SIAKAD) UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 23960–23967, 2023.

[21]    T. Informatika and U. N. Mandiri, “Analisa Kualitas Website SPX Shopee pada Shopee Express,” vol. 8, pp. 34489–34497, 2024.

[22]    I. Budiawan, A. A. Sungkar, and H. Harafani, “Analisa Usability Testing Pada website Kms . Pasarjaya . co . id untuk Mengukur Kepuasan Pengguna,” vol. 9, pp. 3228–3237, 2025.

[23]    R. A. T. Femmy Sofie Schouten, “Tiket Online Terhadap Jumlah Penumpang Kereta Api ( Studi Berdasarkan Data Penjualan Tiket ),” Inf. Technol. J. UMUS, vol. 5, no. 2, pp. 143–153, 2023.

[24]    P. W. Andini, “Pengalaman Pengguna dalam Rancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api Mytrain Menggunakan Metode UX Journey,” J. Repos., vol. 6, no. 3, pp. 259–268, 2024, doi: 10.22219/repositor.v6i3.32431.

[25]    Nanda Zakiyatul A, Zahrotun Nikmah, Rania Rivalda, Alifia Shafara, Khairani Zikrinawati, and Zulfa Fahmy, “Bagaimana Tingkat Kepuasan Pengguna KAI Acces? Persepsi Kualitas Pelayanan Online Reservation Ticket,” J. Ilm. Dan Karya Mhs., vol. 1, no. 2, pp. 158–169, 2023, doi: 10.54066/jikma.v1i2.459.

[26]    H. Sudarso, A. Fahrudin, Suryati, Fajriana, and B. I. Sappaile, “Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Menggunakan,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 61–67, 2024.

[27]    M. Handayani et al., “Sosialisasi dan Pengenalan Aplikasi Pengolahan Data SPSS pada Mahasiswa Administrasi Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan,” J. Inf. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 24–32, 2023, [Online]. Available: https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jipm

[28]    Wardhani, “Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Membentuk Niat Beli Ulang Tiket Kereta Api Pada KAI Acces,” Innov. J. Soc. Sci. Res. Vol., vol. 4, pp. 9454–9467, 2024.

[29]    V. S. Wulandari, M. Dimyati, and H. Maspufah, “Pengaruh E-Service Quality, Harga, Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api Melalui Aplikasi Kai Access Di Kabupaten Jember,” JMBI  J. Manaj. Bisnis dan Inform., vol. 4, no. 2, pp. 209–219, 2024, doi: 10.31967/prodimanajemen.v4i2.994.

[30]    R. Islami, S. S. Hilabi, and A. Hananto, “Analisis User Experience Aplikasi Traveloka dan Tiket.Com Menggunakan Metode User Experience Quesionnaire,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 497–505, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12106.

[31]    Laila Putri Shalihah and Titin Hargyatni, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api Argo Lawu Di Stasiun Balapan Solo,” Manajemen, vol. 2, no. 2, pp. 141–149, 2022, doi: 10.51903/manajemen.v2i2.176.

[32]    A. Publik, F. Ilmu, I. Politik, and U. D. Medan, “Universitas Dharmawangsa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,” no. 2, pp. 72–82, 2023.

[33]    N. R. Putri, T. Lesmana, E. Y. Utami, and M. Munizu, “Peran Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pemesanan Tiket Kereta Api Jarak Jauh Melalui Aplikasi KAI Access Ditinjau dari Perspektif Marketing Syariah,” vol. 5, no. 6, pp. 3778–3795, 2024.

[34]    N. L. Izzati and S. D. Rahmawati, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi KAI ACCESS dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan PT . KAI ( Studi pada Stasiun Gubeng ) ( Effectiveness of Using KAI ACCESS Application in Improving the Quality of PT KAI Services ( Study at Gubeng Station ),” vol. 7, no. 2, pp. 272–277, 2025, doi: 10.31334/transparansi/.

[35]    A. W. Ningsih and M. Albina, “Telaah Kritis Model Mixed Method : Ragam Strategi , Langkah Implementasi , dan Contoh Praktis dalam Penelitian,” pp. 66–76, 2025.

[36]    P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2023.

[37]    Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.

[38]    K. A. M. J. U. A. Suryadin, H. Z. F. T. M. K. N. Ardiawan;, and M. E. Sari., METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. 2020.

[39]    M. . Dr. Sandu Siyoto, SKM., M.Kes & M. Ali Sodik, DASAR METODOLOGI PENELITIAN. 2015.

[40]      M. Isnaini, M. Afgani, A. Haqqi, and I. Azhari, “Teknik Analisis Data Uji Normalitas ANOVA,” JurnalCendekiaIlmiah, vol. 4, no. 2, p. 170, 2021, [Online]. Available: https://ulilalbabinstitute.id/index.php/J-CEKI/article/view/7007/5922