Arwan Hasyim (12200134), Arifana (12200184), Aplikasi Manajemen Stok Bahan Sablon Dengan Flutter: Studi Kasus Pada Usaha Sablon.
Manajemen stok bahan yang optimal merupakan faktor krusial dalam keberhasilan bisnis sablon, terutama bagi sektor usaha kecil dan menengah. Namun, masih banyak pengusaha yang mengandalkan sistem pencatatan manual yang memiliki risiko tinggi terhadap kesalahan dan kurang efisien. Penelitian ini berfokus pada pengembangan aplikasi berbasis Flutter dengan pendekatan Agile, yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dalam mengelola persediaan bahan sablon. Aplikasi ini dikembangkan dengan memanfaatkan Flutter sebagai framework utama untuk aplikasi lintas platform, serta Firebase sebagai sistem basis data. Beberapa fitur esensial yang diimplementasikan meliputi manajemen stok, pencatatan transaksi pembelian dan penggunaan bahan, serta notifikasi otomatis ketika stok mendekati ambang batas minimum. Studi kasus yang dilakukan pada salah satu usaha sablon lokal bertujuan untuk mengevaluasi performa dan manfaat aplikasi ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan stok hingga 40%, meminimalisir kesalahan pencatatan, serta memungkinkan pemantauan stok secara real-time. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan para pelaku usaha dapat lebih fokus dalam meningkatkan kualitas produksi dan layanan bisnis mereka.
Kata Kunci: manajemen stok, aplikasi berbasis Flutter, usaha sablon, pengelolaan bahan, efisiensi.
Skripsi Arifana dan Arwan Hasyim
[1] H. Handayani, K. U. Faizah, A. Mutiara Ayulya, M. F. Rozan, D. Wulan, and M. L. Hamzah, “Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web Menggunakan Metode Agile Software Development Designing a Web-Based Inventory Information System Using the Agile Software Development Method,” J. Test. dan Implementasi Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 29–40, 2023.
[2] I. Larasati, A. N. Yusril, and P. Al Zukri, “Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile,” Sistemasi, vol. 10, no. 2, p. 369, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i2.1237.
[3] S. Soedewi, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.
[4] S. Al-Saqqa, S. Sawalha, and H. Abdelnabi, “Agile software development: Methodologies and trends,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 14, no. 11, pp. 246–270, 2020, doi: 10.3991/ijim.v14i11.13269.
[5] A. Susanto, C. E. Nugraheni, and M. Widyarini, “Aplikasi Pengelolaan Persediaan Bahan Pada Usaha Kecil Menengah Pakaian Jadi,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 3, pp. 722–731, 2021, doi: 10.28932/jutisi.v7i3.4125.
[6] G. Idan Arb and K. Al-Majdi, “A Freights Status Management System Based on Dart and Flutter Programming Language,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1530, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1530/1/012020.
[7] A. Umar, A. H. Sasongko, G. Aguzman, and Sugiharto, “Business model canvas as a solution for competing strategy of small business in Indonesia,” Int. J. Entrep., vol. 22, no. 1, pp. 1–9, 2018.
[8] H. Leonora and J. A. Ginting, “Perancangan Aplikasi Penjualan Suku Cadang Mobil Berbasis Android (Studi Kasus : CV. Emhaka Autoparts Jakarta),” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 6, no. 2, pp. 622–631, 2023, doi: 10.31539/intecoms.v6i2.6814.
[9] T. Priantoro, D. Wibowo, and M. Samsudin, “Goods Received Di Pt Pjpt Senopati Menggunakan Metode Agile,” vol. 1, no. 4, pp. 517–521, 2023, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.com/index.php/biikma
[10] S. Tjandra and G. S. Chandra, “Pemanfaatan Flutter dan Electron Framework pada Aplikasi Inventori dan Pengaturan Pengiriman Barang,” J. Inf. Syst. Hosp. Technol., vol. 2, no. 02, pp. 76–81, 2020, doi: 10.37823/insight.v2i02.109.
[11] K. ’Afiifah, Z. F. Azzahra, and A. D. Anggoro, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review,” Intech, vol. 3, no. 2, pp. 18–22, 2022, doi: 10.54895/intech.v3i2.1682.
[12] K. Wulansari, D. O. C. Kalangit, H. Pristanti, S. Suramli, S. Satryawati, and S. Sailawati, “e-Logbook Application Design for Job Training During the Covid-19 Pandemic (Case Study: Business Administration Department of Politeknik Negeri Samarinda),” Proc. Int. Conf. Appl. Sci. Technol. Soc. Sci. 2021 (iCAST-SS 2021), vol. 647, pp. 840–848, 2022, doi: 10.2991/assehr.k.220301.138.
[13] R. Pakaya, A. R. Tapate, and S. Suleman, “Perancangan Aplikasi Penjualan Hewan Ternak Untuk Qurban Dan Aqiqah Dengan Metode Unified Modeling Language (Uml),” J. Technopreneur, vol. 8, no. 1, pp. 31–40, 2020, doi: 10.30869/jtech.v8i1.531.
[14] P. Sulistyorini, “Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose,” J. Teknol. Inf. Din. Vol., vol. XIV, no. 1, pp. 23–29, 2009.
[15] S. K. ,M. M. S. I. Dr.Arie Gunawan, Mobile Programming Menggunakan Flutter dan Visual Studio Code Untuk Pemula. 2024. [Online]. Available: www.penerbitlitnus.co.id
[16] I. Liwanto, H. Arfandy, and A. M. S., “Implementasi Firebase Cloud Messaging Pada Aplikasi Broadcast Informasi Perkuliahan Untuk Mempercepat Pendistribusian Informasi Di Stmik Kharisma Makassar,” J. Ilmu Komput., pp. 63–73, 2017.
[17] Dalle Juhriyansah, Huda Nurul, and Yusuf Ahmad, “Implementasi Black Box Testing Pada Aplikasi Mobile,” vol. 9, no. April, pp. 135–143, 2024.
[18] A. C. Widodo and E. G. Wahyuni, “Penerapan Metode Pendekatan Design Thinking dalam Rancangan Ide Bisnis Kalografi,” J. Ilm. Farm., vol. 12, no. 1, pp. 1–5, 2016.
[19] C. S. Asep Saepulloh, “Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta,” J. Manaj. Inform. Jayakarta, vol. 7, no. 2, pp. 81–90, 2023, [Online]. Available: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta