TEKNIK DATA MINING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN MENU TERLARIS PADA RESTORAN KFC (STUDI KASUS : KFC MT. HARYONO)

research
  • 13 Mar
  • 2025

TEKNIK DATA MINING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS UNTUK PENGELOMPOKAN MENU TERLARIS PADA RESTORAN KFC (STUDI KASUS : KFC MT. HARYONO)

Teknik Data Mining Menggunakan Metode K- Means Untuk Pengelompokan Menu Terlaris Pada Restoran KFC (Studi Kasus : KFC MT. Haryono)

 

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini mengenai analisis penjualan menu yang diminati konsumen. Terkadang pihak restoran mengalami kekurangan stok dengan kategori menu tertentu padahal minat konsumen banyak pada menu tersebut sedangkan pada menu lainnya kurang peminantnya namun jumlah stoknya cukup banyak. Hal ini tentu akan berakibat pada kurang baiknya dalam proses manajemen penjualan kedepannya serta kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode K-Means, dimana data penjualan dapat dikelompokkan ke dalam beberapa klaster berdasarkan kesamaan pola penjualan, sehingga dapat membantu manajemen dalam menentukan menu yang menjadi favorit konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan memahami pola penjualan menu di restoran tersebut serta menerapkan metode K-Means untuk memprediksi menu terlaris dengan memanfaatkan data penjualan. Tahapan dalam penelitian ini mencakup pengumpulan data berupa pengamatan langsung, wawancara dan studi literatur serta teknik data mining berupa seleksi data, pre-proses, transformasi, data mining dan evaluasi. Hasil penelitian ini Diketahui data yang paling banyak terjual dan masuk dalam kelompok menu terlaris terdari dari 14 menu yaitu pada menu dengan kode 1, 60, 71, 90, 100, 122, 123, 126, 205, 208, 212, 232, 235 dan 238.

 

Kata Kunci : Pengelompokan , Menu, Terlaris, K-Means

 

 

Unduhan

 

REFERENSI