Penerapana Random Number Generator (RNG) Pada Mobile Game Edukasi Matematika Dasar Untuk Kelas V SD

research
  • 10 Jul
  • 2018

Penerapana Random Number Generator (RNG) Pada Mobile Game Edukasi Matematika Dasar Untuk Kelas V SD

ABSTRAKSI

IkbalFathulRohman (12110234), PENERAPAN RANDOM NUMBER GENERATOR (RNG) PADA MOBILE GAME EDUKASI MATEMATIKA DASAR UNTUK KELAS V SD


Matematikaadalahsalahsatuilmueksak yang wajibdikuasaiolehsemua orang, karenamerupakanilmu yang pentingdanpastiditemui di kehidupansehari-hari, olehkarenaituharusdikenalkansejakmasihdini.Game diambildaribahasaInggris yang diterjemahkan yang artinyapermainan. Edugameadalahgame yang didesainuntukbelajar, tapitetapbisamenawarkanbermai­­ndanbersenang-senang.


PerkembanganTeknologiInformasisepertisekarangini, komputertidakhanyadigunakansebagaijaringankomunikasi yang banyakdibutuhkan, akantetapibisadimanfaatkandalamberbagaibidang, antara lain untukkeperluanpendidikan, hiburan, dsb. Sedangkanmatematikamerupakansalahsatumatapelajaran yang diajarkanditingkatdasar, berbagaimacamcara manual dapatdigunakanuntukbelajar, akantetapi lama kelamaanmenjadimembosankanbagianak- anakkarenadesain yang kurangmenarikdaninteraktif,


sesuaidenganduniaanak – anaksehinggadapatmenambahminatbelajardanmemudahkan, Aplikasiinidimainkanolehsatupemain, terdiridari 3 pilihanpemainanyaituperkalian, pembagiandanpemfaktoran, danterdiridari 3 tingkatkesulitan level 1-6, 1-9, dan 1-12, pertanyaanharussemuadijawabbarukitaakanmengetahuiskor.


REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Hartanto.(2014:12). “RancangBangunEdugameNight At SchoolPadaAndroidSebagai Media PembelajaranSiswaSekolahDasar”


Hidayatullahdkk.(2013:27). “RancangBangunAplikasiPembelajaran Sandi PramukaPadaSiswa Tingkat SekolahDasarBerbasis Android”.JSIKA Vol 2, No 2 2013.ISSN : 2338-137X.


Hidayat.(2011:12). “Random Number Generator”.Makalah IF2091 StrukturDiskrit – Sem. 1 Tahun 2010/2011.


M. Zulfin. (2014:6). “AnalisisKinerjaSistemAntrian M/M/1”.SINGUDA ENSIKOM Vol. 7 No. 3 Juni 2014.


Perkasa dkk. (2014:17). “ PerancanganAplikasiPenjualanSparepartPadaBengkel Motor FajarMengunakanMetodeBerorientasiObjek”. ISSN : 2302-7339 Vol. 11 No. 1 2014


Roylekarl. (2013:16). Games and learning symposium and research strand organiser.learning Without Frontiers.2011.,9-11th January 2011, London.


Setiawan, Finnata, Firstano, Rico. (2012:1)“Pembuatan Game evaluasiOperasimatematikaDasarUntukSiswaSekolahDasarKelasTiga”


Sulistyorini. (2009:12). “Pemodelan Visual DenganMenggunakan UML Dan Rational  Rose”. JurnalTeknologiInformasi DINAMIK Vol XIV No. 1 Januari2009 : 23-29. ISSN : 0854-9524