ANALISIS DAN PERANCANGAN DESAIN UI/UX UNTUK APLIKASI PENGELOLAAN LIMBAH B3 BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

research
  • 12 Mar
  • 2025

ANALISIS DAN PERANCANGAN DESAIN UI/UX UNTUK APLIKASI PENGELOLAAN LIMBAH B3 BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di PT. Firmenich menghadapi berbagai tantangan, seperti ketidakefisienan dalam pencatatan manual, ketidakakuratan data, dan proses pelaporan yang lambat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototipe aplikasi pengelolaan limbah B3 berbasis mobile menggunakan metode Design Thinking. Metode ini melibatkan lima tahapan utama: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pada tahap Empathize, dilakukan wawancara, observasi, dan distribusi kuesioner untuk menggali kebutuhan pengguna. Tahap Define merangkum hasil analisis untuk merumuskan inti permasalahan. Ide-ide solusi dihasilkan dalam tahap Ideate dan diwujudkan dalam bentuk prototipe menggunakan figma. Prototipe ini diuji melalui metode System Usability Scale (SUS) yang menghasilkan skor rata-rata 89,5, yang menunjukkan aplikasi diterima sangat baik oleh pengguna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan Design Thinking efektif dalam menghasilkan desain yang relevan dengan kebutuhan pengguna serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut.

Unduhan

  • 1988-Article Text-10004-1-2-20250202.pdf

    jurnal ANALISIS DAN PERANCANGAN DESAIN UI/UX UNTUK APLIKASI PENGELOLAAN LIMBAH B3 BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

    •   diunduh 22x | Ukuran 520 KB

 

REFERENSI

REFERENSI
[1] S. A. Marizky, N. Ramadani, and W. Oktoeberza KZ, “SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENGOLAHAN LIMBAH PADA PT. ELANG HIJAU BENGKULU SEJAHTERA (EHBS),” Inf. Syst. J., vol. 6, no. 02, pp. 96–107, Nov. 2023, doi: https://doi.org/10.24076/infosjournal.2023v6i02.1327.
[2] PERATURAN PEMERINTAH RI, “PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN (PP NOMOR 101 TAHUN 2014),” 2014.
[3] Y. D. Safitri and A. Sucipto, “PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EPERINCE (UX) SISTEM PENGADUAN PENCEMARAN LINGKUNGAN,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 26–32, Sep. 2022, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
[4] C. S. Surachman, M. Riyan Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in,” Oct. 2022.
[5] R. N. Fadilah and D. Sweetania, “PERANCANGAN DESIGN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI RESERVASI RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JUIT, vol. 2, no. 2, pp. 132–146, May 2023.
[6] S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, Jul. 2023, doi: DOI10.47065/josh.v4i4.3648.
[7] K. T. Mukti, R. E. Febrita, and I. W. Suardinata, “Perancangan UI/UX Pada Website Ruang Rindu Dengan Metode Design Thinking,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 495–403, Jul. 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i3.1375.