ANALISA UI/UX WEBSITE INDONESIA MOTORCYCLE TOUR DENGAN METODE DESIGN THINKING

research
  • 12 Mar
  • 2025

ANALISA UI/UX WEBSITE INDONESIA MOTORCYCLE TOUR DENGAN METODE DESIGN THINKING

ndonesia Motorcycle Tour (IMT) adalah platform wisata sepeda motor yang masih
memiliki keterbatasan dalam desain User Interface (UI) dan User Experience (UX),
seperti navigasi yang kurang intuitif dan fitur terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang ulang UI/UX website IMT menggunakan metode Design Thinking, yang
terdiri dari lima tahap: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa desain baru meningkatkan navigasi, fitur pencarian, serta
komunitas pengguna dan testimoni pelanggan. Pengujian terhadap prototipe
menunjukkan peningkatan kepuasan pengguna dalam mengakses informasi dan
melakukan reservasi. Perancangan ulang ini diharapkan dapat meningkatkan
pengalaman pengguna serta memperluas jangkauan pasar IMT dalam industri wisata
sepeda motor.

Unduhan

  • 1. Cover DLLpdf.pdf

    File_1_Cover_Dll

    •   diunduh 19x | Ukuran 2,258 KB
  • Lampiran.pdf

    File_7_Lampiran

    •   diunduh 2x | Ukuran 4,302 KB
  • File 4 - Bab 3.pdf

    File_4_Bab 3

    •   diunduh 2x | Ukuran 1,049 KB
  • File 3 - Bab 2.pdf

    File_3_Bab 2

    •   diunduh 2x | Ukuran 1,376 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1]        F. Program and P. Vokasi, “Jurnal Nasional Pariwisata Adenisa Aulia Rahma,” 2020.

[2]        A. Evifania Agnestisia et al., “Perancangan UI/UX pada website Arttrash menggunakan metode Design Thinking,” AITI: Jurnal Teknologi Informasi, vol. 21, no. Maret, pp. 14–28, 2024.

[3]        A. M. Denasfi, J. Informatika, F. T. Industri, E. Gustri, and W. Jurusan Informatika, “Perancangan User Interface dan User Experience Situs Web Aplikasi Traveling ‘ANGLO’ dengan Metode Design Thinking.”

[4]        C. E. A. Ramoa, P. S. Pires, and E. S. Añaña, “MOTORCYCLE TOURISM AND NATURE: an analysis of motorcyclists´ motivations to travel,” Leisure Studies, vol. 40, no. 3, pp. 407–423, 2021, doi: 10.1080/02614367.2020.1858327.

[5]        Y. Septiani, E. Arribe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru)”.

[6]        A. Aldi, A. H. Mufidah, and C. B. Sanjaya, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI PEMESANAN PAKET WISATA DI DESA WONOKITRI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.5250.

[7]        A. Evifania Agnestisia et al., “Perancangan UI/UX pada website Arttrash menggunakan metode Design Thinking,” AITI: Jurnal Teknologi Informasi, vol. 21, no. Maret, pp. 14–28, 2024.

[8]        V. Trinovianti, A. Zaidiah, J. Rs, F. No, and J. Selatan, “Jurnal Sistem Informasi dan Aplikasi Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan User Interface Aplikasi PPSU DKI Jakarta Berbasis Mobile Keywords: User interface, User Experience, Design Thinking, System Usability Scale (SUS).”

[9]        Revoupedia, “User Interface,” https://www.revou.co/kosakata/user-interface. Accessed: Jan. 08, 2025. [Online]. Available: https://www.revou.co/kosakata/user-interface

[10]      M. L. Lazuardi and I. Sukoco, “Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, Jun. 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.51.

[11]      K. DAN RzyxwvutsrqponmlkjihgfedcbaZYXWV, “METODE PENELITIAN KUANTITATIF.”

[12]      “Berpikir Desain Inovatif,” 2023. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/377663637

[13]      W. Darmalaksana and M. Ag, METODE DESIGN THINKING HADIS Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat FAKULTAS USHULUDDIN UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG. 2020.

[14]      V. K. Reynaldi and N. Setiyawati, “PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PLATFORM PENDIDIKAN TEKNOLOGI.”

[15]      “Pendekatan Design Thinking Untuk Pengembangan Produk / Layanan Serial Modul Re.Search x SOMIA CX Disusun oleh: Somia Customer Experience,” 2024.

[16]      D. Siemon, F. Becker, and S. Robra-Bissantz, “How Might We? From Design Challenges to Business Innovation,” 2018. [Online]. Available: www.journalcbi.com

[17]      A. Y. Priyono, G. Aryotejo, and S. Adhy, “Penerapan Metode Design Thinking untuk Perancangan Prototype Lost and Found,” 2023.