Achmad Ainul Yakin (11230270), “Evaluasi Aplikasi SIMPEG KUMHAM Menggunakan Metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE)”.
Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kumham) merupakan platform digital yang dirancang untuk mengelola data kepegawaian secara terintegrasi. Aplikasi ini mencakup pengelolaan biodata pegawai, riwayat pekerjaan, penggajian, kenaikan pangkat, hingga proses pensiun. Menurut definisi dari International Organization for Standardization (ISO), usability adalah sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuannya dengan efektif, efisien, dan memuaskan. Evaluasi usability pada Simpeg Kumham dilakukan menggunakan metode WEBUSE untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna saat berinteraksi dengan aplikasi ini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua komponen Simpeg Kumham telah memenuhi standar yang baik, dengan skor sebagai berikut: (1) Content, Organization, and Readability: Skor 0,80, termasuk kategori “Excellent”,(2) Navigation and Links: Skor 0,84, termasuk kategori “Excellent”. (3) User Interface Design: Skor 0,80, termasuk kategori “Excellent”. (4) Performance and Effectiveness: Skor 0,86, termasuk kategori “Excellent”. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg) di Kumham memiliki kualitas usability yang sangat baik dan memenuhi kebutuhan penggunanya secara optimal.
Kata Kunci : Usability Website, Wabuse, Aplikasi SIMPEG
[1] W. Handiwidjojo and L. Ernawati, “Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit),” Juisi, vol. 02, no. 01, pp. 49–55, 2016.
[2] B. O. Lubis, A. Salim, and J. Jefi, “Evaluasi Usability Sistem Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Use Questionnaire,” J. SAINTEKOM, vol. 10, no. 1, p. 65, 2020, doi: 10.33020/saintekom.v10i1.131.
[3] D. Wiratama and F. Fatmasari, “Evaluasi Usability Website Pengadilan Negeri Prabumulih Menggunakan Metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE),” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 8, no. 2, pp. 87–100, 2022.
[4] F. E. Schaduw, I. Carolina, A. Haidir, B. O. Lubis, and L. S. Marita, “Evaluasi Aplikasi Hospitality pada Hotel dengan Metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE),” J. Teknol. Inform. dan Komput. MH. Thamrin, vol. 9, no. 1, pp. 361–375, 2023.
[5] R. A. A. Pratama, Mahmud, Y. Aprizal, Syaftriandi, and E. Setiawan, “Pengujian Tingkat Usability Pada Penggunaan Aplikasi Android PalComTech Online Learning dengan Metode PACMAD,” BULLET J. Multidisiplin Ilmu, vol. 2, no. 1, pp. 92–103, 2023.
[6] I. Safi’i, K. Candra Brata, and H. Muslimah Az-Zahra, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Malang e-Policing dengan Pendekatan Human Centered Design,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 9, pp. 3037–3046, 2020.
[7] A. Miftahul Azisz and W. A. Kusuma, “Perancangan User Interface & User Experience Aplikasi TipsnTrip Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 5, no. 2, pp. 225–232, 2023.
[8] I. Nugraha and A. Fatwanto, “User Experience Design Practices in Industry (Case Study from Indonesian Information Technology Companies),” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 49–60, 2021, doi: 10.21831/elinvo.v6i1.40958.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, 1st ed. Bandung: Alfabeta, 2019.
[10] N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian,” J. Pilar, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023.
[11] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.
[12] J. Mumu, B. Tanujaya, R. Charitas, and I. Prahmana, “Likert Scale in Social Sciences Research: Problems and Difficulties,” FWU J. Soc. Sci., vol. 16, no. 4, pp. 89–101, 2022, doi: 10.51709/19951272/Winter2022/7.
[13] I. Carolina, R. Komarudin, and K. Ramanda, Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2021.
[14] U. Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas),” Inov. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 50–62, 2020, doi: 10.31869/ip.v7i1.2281.
[15] Hikmah and Muslimah, “Validitas dan Reliabilitas Tes Dalam Menunjang Hasil Belajar PAI,” Palangkaraya Int. Natl. Conf. Islam. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 345–356, 2021.
[16] M. M. Sanaky, L. M. Saleh, and H. D. Titaley, “Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah,” J. Simetrik, vol. 11, no. 1, pp. 432–439, 2021, doi: 10.31959/js.v11i1.615.
[17] Sodik, A. M. B. Aji, B. O. Lubis, and M. Susanti, “Evaluasi Usability Website LPPI Dengan Pendekatan Metode Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE),” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 7, no. 2, pp. 269–279, 2023, doi: 10.52362/jisamar.v7i2.1044.
[18] H. W. Z. Simatupang, S. Widowati, R. R. Riskiana, and A. F. Alitu, “Evaluasi Usability Website dengan Website Usability Evaluation tool dan Importance-Performance Analysis,” Februari, vol. 21, no. 1, pp. 104–115, 2022.
[19] A. U. Safitra, A. M. B. Aji, B. O. Lubis, and B. Santoso, “Evaluasi Mobile Banking dengan Pendekatan Use Questionnaire dan Importance Performance Analysis,” J. Teknlogi Inform. dan Komput. MH. Thamrin, vol. 8, no. 2, pp. 148–164, 2022.