Analisa Usability Testing Pada Fitur Tangerang Cakap Kerja Di Aplikasi Tangerang LIVE Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS)

research
  • 11 Mar
  • 2025

Analisa Usability Testing Pada Fitur Tangerang Cakap Kerja Di Aplikasi Tangerang LIVE Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS)

Aplikasi Tangerang LIVE milik Pemerintah Kota Tangerang merupakan portal aplikasi pelayanan bagi masyarakat Kota Tangerang, didalam aplikasi ini terdapat Layanan kedaruratan, Ekonomi, Kependudukan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Pendidikan, dan pelayanan lainnya. Salah satu fitur yang paling banyak digunakan adalah fitur Tangerang Cakap Kerja, berdasarkan data 1 Januari sampai dengan Juni 2024 pengguna fitur tersebut mencapai 139.202 pengguna. Fitur Tangerang Cakap Kerja yang baru diluncurkan pada tahun 2022, belum pernah dilakukan pengujian usability (kebergunaan). Penelitian bertujuan Untuk mengetahui tingkat usability pada fitur Tangerang Cakap Kerja di aplikasi Tangerang LIVE menggunakan metode System Usability Scale. Metode System Usability Scale (SUS) dipilih karena pada metode ini pengujian dilakukan dengan melibatkan pengguna akhir, di mana
pengujian dengan metode ini lebih menekankan pada sudut pandang pengguna akhir.
Kuesioner SUS berisikan 10 pernyataan yang akan dihitung dengan skala
Likert. Penelitian dilakukan dengan 6 tahapan yakni identifikasi masalah, studi literatur, penyusunan kuesioner, pengumpulan data kuesioner, pengolahan data, analisis penelitian. Hasil perhitungan SUS diperoleh skor 78,225 menunjukkan bahwa fitur Tangerang Cakap Kerja pada aplikasi Tangerang LIVE dinyatakan acceptable dan
masuk ke dalam
grade B dengan rating “Good”. Nilai Net Promotore Score (NPS) masuk ke dalam kategori Passive namun mendekati Promoter. NPS adalah ukuran keinginan pengguna untuk merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain berada dalam kategori “Passive” yang artinya pengguna sudah puas tetapi kurang antusias terhadap pengalaman mereka selama menggunakan aplikasi.

Unduhan

  • File_3_BAB II.pdf

    File - 3

    •   diunduh 3x | Ukuran 733 KB
  • File_1.pdf

    File - 1

    •   diunduh 41x | Ukuran 2,267 KB
  • File_2_BAB I.pdf

    File - 2

    •   diunduh 3x | Ukuran 545 KB
  • File_4_BAB III.pdf

    File - 4

    •   diunduh 3x | Ukuran 663 KB

 

REFERENSI

  1. R. Kusmiyati, R. Ginting, and M. Thariq, “Digitalisasi Birokrasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Peluang Dan Tantangannya),” 2023.
  2. A. Basit, R. Setiansyah, D. Nurvitasari, and F. Santi, “Teknologi Komunikasi: Kegunaan dan Kemudahan pada Minat Penggunaan Tangerang LIVE Communication Technology: Usability and Ease of Interest Using Tangerang LIVE,” 2022.
  3. R. Ramadhan, R. Arifianti, and P. Studi Magister Kebijakan Publik, “Implementasi E-Government Di Kota Tangerang Menjadi Smart City (Studi Kasus Aplikasi Tangerang Live),” 2019.
  4. T. Aditya, “Implementasi Smart City: Analisis Perilaku Warga melalui Pemanfaatan Aplikasi Mobile ‘Tangerang-LIVE’ untuk Meningkatkan Pelayanan Publik pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang,” 2022.
  5. Diskominfo Kota Tangerang, “Tiga Fitur Favorit Super App Tangerang LIVE Milik Kota Tangerang,” https://diskominfo.tangerangkota.go.id/berita/tiga-fitur-favorit-super-app-tangerang-live-milik-kota-tangerang.
  6. R. Nurlistiani and N. Purwati, “Interpretasi Pengujian Usabilitas E-Learning di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan System Usability Scale,” 2021.
  7. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet, 2019.
  8. Tenia Wahyuningrum, Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak. Yogyakarta: Deepublish, 2021.
  9. Santoso and Singgih, Statistik Multivariat “Konsep dan Aplikasi dengan SPSS.” Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
  10. S. Nur Kholifah et al., “Analisis Usability Pada Aplikasi Himfo Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus) (Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Unsika),” 2023.
  11. N. Huda, F. Habrizons, A. Satriawan, M. Iranda, and T. Pramuda, “Analisis Usability Testing Menggunakan Metode SUS (System Usability Scale) Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee,” SIMKOM, vol. 8, no. 2, pp. 208–220, Aug. 2023, doi: 10.51717/simkom.v8i2.158.
  12. Y. W. S. , D. A. M. , N. N. F. , F. W. A. A. S. , H. F. N. , S. & M. Putra, Pengantar Aplikasi Mobile. Penerbit Widina, 2023. Accessed: Nov. 10, 2024. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Aplikasi_Mobile/2tLcEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
  13. Musrifah Mardiani Sanaky, Henriette D. Titaley, and La Moh. Saleh, “Jurnal Simetrik Vol 11, No. 1, Juni 2021,” 2021.
  14. F. D. Ridwan and Y. Budiarti, “Analisis Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Pada Dukcapil Kelurahan Kamal Muara dengan Metode System Usability Scale (SUS),” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 8, no. 2, p. 279, Sep. 2024, doi: 10.26798/jiko.v8i2.1250.
  15. Salsabilla and Muhamad Kadafi, “Analisis Kualitas Penggunaan Sistem E-Arsip Srikandi Kementerian Agama Kota Palembang Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Salsabilla 1 , Muhamad Kadafi 2* 12,” 2024, doi: 10.5281/zenodo.13738820.
  16. N. Wayan Riani, K. Adi Sastra Wijaya, I. Putu Dharmanu Yudartha, and R. Savitri, “Analysis of Public Service Innovation Based on JAKI Application in Realizing the New Public Service,” 2024.
  17. P. T. Wardani and A. Pratama, “SISFO : Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Jmo (Jamsostek Mobile) (Studi Kasus: Bpjs Ketenagakerjaan Binjai),” Sisfo : Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, vol. 7, no. 1, 2023.
  18. W. Hidayat, “Analisis Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Tangerang Live Di Kota Tangerang,” 2021. [Online]. Available: http://tangerangkota.go.id/peresmian-tangerang-
  19. A. Munawar, U. Hayati, and R. Danar Dana, “Analisis Penggunaan Aplikasi Kehadiran Pegawai Berbasis Android Menggunakan Metode System Usability Scale,” 2023.
  20. A. Usability et al., “Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional,” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, vol. 6, no. 4, pp. 780–791, 2022, doi: 10.52362/jisamar.v6i4.913.
  21. K. D. Nusandari, R. Widayanti, Y. F. Achmad, A. H. Azizah, N. A. Santoso, and P. S. Informasi, “Analisis Kesuksesan Pengguna Tangerang Live menggunakan Information System Success Model (ISSM),” vol. 1, no. 1, pp. 77–88, 2022, [Online]. Available: https://journal.pandawan.id/mentari/article/view/131