PENGEMBANGAN ANALISA DESAIN UI/UX PADA WEBSITE MANAJEMEN AKADEMIK DI MTS ASH SHOLIHIN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

research
  • 10 Mar
  • 2025

PENGEMBANGAN ANALISA DESAIN UI/UX PADA WEBSITE MANAJEMEN AKADEMIK DI MTS ASH SHOLIHIN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara institusi pendidikan dalam mengelola data akademik. MTS Ash Sholihin sebagai salah satu lembaga pendidikan yang bergerak di bidang pendidikan Islam perlu melakukan pembaruan dalam sistem manajemen akademik untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada website manajemen akademik MTS Ash Sholihin dengan menggunakan metode desain thinking. Metode ini melibatkan lima tahap, yaitu empati, definisi, ideasi, prototyping, dan pengujian. Melalui tahap empati, dilakukan pengumpulan informasi mengenai kebutuhan dan preferensi pengguna, yang diintegrasikan dalam tahap definisi untuk merumuskan masalah yang ada. Selanjutnya, tahap ideasi menghasilkan berbagai solusi dalam bentuk desain antarmuka yang lebih user-friendly. Prototyping dilakukan dengan membuat model awal dari website, dan tahap pengujian melibatkan pengguna untuk mendapatkan umpan balik yang konstruktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan UI/UX yang berbasis desain thinking dapat meningkatkan aksesibilitas dan kepuasan pengguna terhadap sistem manajemen akademik. Dengan adanya peningkatan ini, diharapkan MTS Ash Sholihin dapat lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan akademik siswa dan stakeholders lainnya. Rancangan website Sistem Informasi Manajemen Akademik Ash Sholihin pada skala daya Tarik dan efisiensi mendapatkan hasil dengan kategori good yang berarti 10% produk pada data set memiliki skor yang lebih tinggi sedangkan 75% lainnya lebih rendah. Untuk skala kejelasan, ketepatan, stimulasi dan kebaruan mendapatkan hasil dengan kategori excellent yang berarti termasuk dalam kisaran 10% produk memiliki skor tertinggi.

Unduhan

  • BAB II.pdf

    Bab 2

    •   diunduh 2x | Ukuran 197 KB
  • Lampiran.pdf

    Lampiran

    •   diunduh 1x | Ukuran 2,396 KB
  • BAB IV.pdf

    Bab 4

    •   diunduh 1x | Ukuran 4,932 KB
  • DRAFT PAPER.docx

    Draft Paper

    •   diunduh 1x | Ukuran 4,086 KB

 

  • BAB I.pdf

    Bab 1

    •   diunduh 2x | Ukuran 61,550
  • BAB III.pdf

    Bab 3

    •   diunduh 0x | Ukuran 145,950
  • BAB V.pdf

    Bab 5

    •   diunduh 1x | Ukuran 58,305
  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 29x | Ukuran 2,001,060

REFERENSI

[1]      M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

[2]      F. C. Wardana, I. G. Lanang, and P. Eka, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 04, pp. 1–12, 2022.

[3]      M. Hamdandi, R. Chandra, F. Bachtiar, N. Lais, D. A. Sastika, and M. R. Pribadi, “Perancangan UI / UX Pada Aplikasi Bapakkost dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” MDP Student Conf. 2022, vol. 1, no. 1, pp. 504–511, 2022.

[4]      B. B. Wahyujati, T. A. H. M, and S. D. U. Press, Metode Perancangan: Rangkuman Teori Dan Aplikasi. Sanata Dharma University Press, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=9WlnEAAAQBAJ

[5]      S. T. M. T. Dr. Eng. Herry Santosa, PENCITRAAN VISUAL KAWASAN URBAN : TEORI, STRATEGI DAN PERENCANAAN LANDSCAPE VISUAL PLANNING SYSTEM. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=FnRMEAAAQBAJ

[6]      D. Schatilow, Enhancing User Experience in Dating Apps through Gamification. GRIN Verlag, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=zGMNEQAAQBAJ

[7]      S. A. S. Yudho Yudhanto, Panduan UI/UX Aplikasi Digital. Elex Media Komputindo, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=5zcVEQAAQBAJ

[8]      K. Kumar and M. Kurni, Design Thinking: A Forefront Insight. CRC Press, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=GSl3EAAAQBAJ

[9]      K. L. Sanzo, J. P. Scribner, J. A. Wheeler, and K. W. Maxlow, Design Thinking: Research, Innovation, and Implementation. in Transforming Education Systems. Information Age Publishing, Incorporated, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=q8lfEAAAQBAJ

[10]    D. A. Editya, Membuat Website Keren Dalam 1 Jam: Develop Website dengan Mudah dan Gratis. in How-To. Lectura Publishing, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=7yP_DwAAQBAJ

[11]    H. S. Wibowo, Desain Interaktif dengan Figma Panduan Praktis untuk Pemula dan Profesional. Tiram Media, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=NeatEAAAQBAJ

[12]    A. Nurhasanah and R. S. Kusumadiarti, “Perancangan UI/UX Sistem Informasi Dosen (SIM-DOS Piksi Ganesha) Menggunakan Metode Design Thinking,” Decod. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 179–190, 2024, doi: 10.51454/decode.v4i1.333.

[13]    P. A. P, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui / Ux Dengan Usability Testing Untuk Sistem Akademik Sekolah Dasar,” pp. 64–71.

[14]    K. Amelia, M. Awaludin, and A. G. Gani, “Pendekatan Design Thinking Dalam Merancang Ulang UI/UX Website SIAKAD Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma,” vol. 25, no. 2, pp. 1–11, [Online]. Available: https://doi.org/10.37817/tekinfo.v25i2

[15]    A. Firdonsyah, Z. Arwananing Tyas, and L. Ma’rifatun, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Sistem Informasi Penelitian Mahasiswa Berbasis Web,” INFORMAL Informatics J., vol. 8, no. 2, p. 136, 2023, doi: 10.19184/isj.v8i2.33468.

[16]     A. Fadzar, M. A. Azkiya, N. Annisa, V. Husaine, and A. N. Fadillah, “RANCANGAN ULANG UI / UX WEBSITE SISTEM INFORMSI MENGGUNAKAN,” vol. 12, no. 3, 2024