Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap implementasi sistem Manajemen Layanan TI (ITSM) pada PT PELNI (Persero) menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Variabel yang diuji mencakup Persepsi Kegunaan (Perceived Usefulness), Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use), Sikap terhadap Penggunaan (Attitude Toward Using), Niat Perilaku untuk Menggunakan (Behavioral Intention to Use), dan Penggunaan Aktual (Actual System Use). Data diperoleh melalui kuesioner yang diolah menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) pada perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa hubungan antar variabel signifikan, seperti Persepsi Kegunaan (Perceived Usefulness) terhadap Sikap terhadap Penggunaan (Attitude Toward Using), begitu pula dengan hubungan Sikap terhadap Penggunaan (Attitude Toward Using) terhadap Niat Perilaku untuk Menggunakan (Behavioral Intention to Use). Namun, hubungan seperti Niat Perilaku untuk Menggunakan (Behavioral Intention to Use) terhadap Penggunaan Aktual (Actual System Use) tidak signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan awal terkait penerapan ITSM menggunakan TAM, meskipun terdapat keterbatasan pada kualitas data dan validitas indikator yang memerlukan perbaikan untuk penelitian lebih lanjut.
Jurnal Larik
Daftar Riwayat Hidup
[1] Aris Sarjito, “Peran Teknologi Dalam Pembangunan Kemaritiman Indonesia,” J. Lemhannas RI, vol. 11, no. 4, pp. 219–236, 2023, doi: 10.55960/jlri.v11i4.483.
[2] D. Krismayanti and T. Sutabri, “Analisis IT Service Management (ITSM) Pada Layanan Administrasi Mahasiswa STIPER Sriwigama Menggunakan Framewok ITIL V3 Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Homepage: https://journal Analisis IT Service Management (ITSM) Pada L,” J. Komunikasi, Media, dan Inform., vol. 1, no. 3, pp. 190–195, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/ijmst.v1i3.149
[3] D. Ikhtiarti and T. Sutabri, “Analisis IT Service Management (ITSM) Layanan E-Learning Universitas Bina Darma Menggunakan Framework ITIL V3,” J. Teknol. Dan Ilmu Komput. Prima, vol. 6, no. 1, pp. 48–53, 2023, doi: 10.34012/jutikomp.v6i1.3598.
[4] A. N. Rohman, M. Mukhsin, and G. Ganika, “Technology Acceptance Model in Analyzing Actual Use of E - Commerce Tokopedia Indonesia,” J. Ekon. Manaj. Akunt. Keuang. Bisnis Digit., vol. 2, no. 1, pp. 25–36, 2023.
[5] I. Pendahuluan, “Analisa Model Penerimaan Teknologi Aplikasi QMS pada XYZ Menggunakan Metode TAM,” vol. 8, pp. 1019–1028, 2024.
[6] A. Zhillan Sabtina Syawali, A. Syahadat Harahap, H. Aditya Pradesa, and F. Aditya Tri Andikaputra, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM),” Media Online, vol. 4, no. 1, pp. 624–633, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1205.
[7] M. Rusydi, Maftukhatusolikhah, and Syamsiar Zahrani, “Minat Menggunakan Perbankan Syariah Di Palembang: Pendekatan Theory of Reasoned Action,” J. Econ. Bus., vol. 1, no. 1, pp. 22–34, 2023, doi: 10.61994/econis.v1i1.52.
[8] F. Arianto, L. H. Susarno, U. Dewi, and A. F. Safitri, “Model Penerimaan Dan Pemanfaatan Teknologi: E-Learning Di Perguruan Tinggi,” Kwangsan J. Teknol. Pendidik., vol. 8, no. 1, p. 110, 2020, doi: 10.31800/jtp.kw.v8n1.p110--121.
[9] S. R. Wicaksono, Teori dasar Technology Acceptance Model. CV. Seribu Bintang, 2022. doi: 10.1007/978-1-4471-0067-6_4.
[10] Herlina, D. Widyaningrum, and G. Theotista, “Tipologi Financial Technology Paylater: Model Penerimaan Teknologi (TAM),” Formosa J. Multidiscip. Res., vol. 2, no. 1, pp. 207–216, 2023.
[11] Zulkifli Musannip et al, Structural Equation Modeling Konsep Dan Implementasinya Pada Kajian Ilmu Manajemen Dengan Menggunakan AMOS, no. November. 2023. [Online]. Available: file:///C:/Users/User/Downloads/StructuralEquationModeling_v.3.0_B5_FULLFINALPUBLISHDARIPENERBIT.pdf
[12] R. Subagiyo and A. Syaichoni, Pelatihan SmartPLS 3.0 untuk Pengujian Hipotesis. 2022. [Online]. Available: http://repo.uinsatu.ac.id/32190/
[13] J. Arjun, F. Lestari, and T. Sutabri, “Analisis IT Service Management Pada Aplikasi Traveloka Menggunakan Framework ITIL V3,” Bull. Inf. Technol., vol. 4, no. 4, pp. 465–472, 2023, doi: 10.47065/bit.v4i4.1035.
[14] dendy kurniawam dwi wulan agustin, “Jurnal Analisis Problem Management Pada It Helpdesk Uin Raden Fatah Dengan Implementasi Itsm Studi Kasus Pelayanan Dari Unit Pustipd (Pusat Teknologi Informasi Dan Pangkalan Data),” vol. 4, no. 1, pp. 12–23, 2024.
[15] A. Elia and Dkk, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif. 2023.
[16] S. Haryono, “Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL Smart PLS,” J. Phys. A Math. Theor., p. 450, 2016.
[17] M. S. Dr. Duryadi, Metode Penelitian Ilmiah Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS, vol. 7, no. 1. 2021.