Analisis dan Perancangan Desain UI/UX Aplikasi OLX Menggunakan Metode Design Thinking

research
  • 21 Feb
  • 2025

Analisis dan Perancangan Desain UI/UX Aplikasi OLX Menggunakan Metode Design Thinking

Azril Maldini (11230118), Analisis dan Perancangan Desain UI/UX Aplikasi OLX Menggunakan Metode Design Thinking.

Penggunaan teknologi informasi kini semakin pesat seiring berjalannya waktu. Hal ini menjadikan banyak perusahaan dituntut utuk menghadapi persaingan yang semakin hari semakin ketat. Penjualan merupakan sektor penggerak yang banyak dijalani oleh perusahaan di Indonesia. Aplikasi OLX adalah salah satu e-commerce yang menyediakan produk barang. OLX sudah berjalan cukup lama di Indonesia dan memiliki jumlah pengguna yang tak sedikit. Melihat persaingan yang kompetitif tidak menjadi OLX berhenti untuk berkembang. OLX selalu mencari cara untuk terus mempertahankan penggunanya. Akan tetapi, dari sektor tampilan desain aplikasinya masih terkesan ribet dan sulit dipahami karena terlalu ramai. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif rumit yang dialami penggunadengan melihat berdasarkan tingkat kepuasannya. Dengan metode design thingking dalam menganalisis aplikasi ini, pengembangan tampilan desain tampak terasakan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motif yang mendasari penggunadalam menggunakan aplikasi OLX adalah motif informasi dan kepuasan informasi yang banyak diperoleh. Hal tersebut bisa dilihat dari total nilai skor pada tahapan akhir metode ini. Dari pengolahan data pada skor akhir memperoleh nilai 71, dan disimpulkan bah rancangan tersebut sudah marginal, grade C, dan good.

Kata Kunci : Aplikasi OLX, Metode Design Thinking, UI/UX

Unduhan

 

REFERENSI

[1] M. Metode, D. Thinking, P. Cv, and M. Ban, “ANALISA DAN PERANCANGAN UI / UX APLIKASI PENJUALAN,” vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023.

[2] A. R. Setiadi and H. Setiaji, “Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor,” Automata, vol. 1, no. 2, pp. 228– 233, 2020.

[3] P. S. Rosiana, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan Ui/Ux Sistem Informasi Pembelian Hasil Tani Berbasis Mobile Dengan Metode Design Thinking,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 11, no. 3, pp. 246–253, 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i3.3048.

[4] Sofiya Azzara Rafles and Muhammad Irwan Padli Nasution, “Peran Penting Pengolahan Data Dalam Transformasi Bisnis MelaluiAnalisis,” J. Rimba Ris. Ilmu Manaj. Bisnis dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, pp. 321–340, 2023, [Online]. Available: https://journal.arimbi.or.id/index.php/Rimba/article/view/572

[5] J. Asmara, “Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala),” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2019.

[6] R. Hermiati, A. Asnawati, and I. Kanedi, “Pembuatan E-Commerce Pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman Php Dan Database Mysql,” J. Media Infotama, vol. 17, no. 1, pp. 54–66, 2021, doi: 10.37676/jmi.v17i1.1317.

[7] F. Puspitasari, “Perancangan Desain Ui / Ux Tempo Store Berbasis Website E- Commerce Dengan Metode Design Thinking,” pp. 44–64, 2024.

[8] Aas Aisyiah, M. Naufal Muhadzib Al-Faruq, and Nur Aini, “Perancangan UI/UX Aplikasi MinaTani Sistem Informasi Agriculture Technology Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Penelit. Rumpun Ilmu Tek., vol. 1, no. 4, pp. 64–77, 2022, doi: 10.55606/juprit.v1i4.780.

[9] J. Impresi and I. Jii, “Unique Content,” pp. 1–6, 2024.

[10] I. M. D. M. Adnyana, “Populasi dan Sampel,” Metod. Penelit. Pendekatan Kuantitatif, vol. 14, no. 1, pp. 103–116, 2021.

[11] “w3sGEAAAQBAJ.pdf.”

[12] D. F. Aryansyah, P. Sokibi, and R. Fahrudin, “Perancangan Design UI/UX Aplikasi Penjualan Store Pakaian Design Thinking Berbasis Android,” Jumistik, vol. 2, no. 1, pp. 128–135, 2023, [Online]. Available: www.ojs.amiklps.ac.id

[13] H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.

[14] A. P. Sakti, R. S. Sianturi, and A. P. Kharisma, “Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Belanja Online dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus Lazada),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 7, pp. 3499–3508, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[15] D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022.

[16] N. Komariah and N. Lutfiyana, “Perancangan Ui Menggunakan Metode Design Thinking Pada Sensus Upt Pajak Wilayah Ciomas Berbasis Mobile,” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 8, no. 2, p. 207, 2023, doi: 10.51211/isbi.v8i2.2662.