ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA MARKETPLACE BUKALAPAK DENGAN METODE PIECES FRAMEWORK

research
  • 04 Feb
  • 2025

ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA MARKETPLACE BUKALAPAK DENGAN METODE PIECES FRAMEWORK

ABSTRAK

Muhamad Noer Apriadi (12182305), Analisis Kepuasan Pengguna Marketplace Bukalapak Dengan Metode PIECES FRAMEWORK

Marketplace merupakan Platform di mana pedagang berkumpul serta dapat menjual benda ataupun pelayanan ke klien walaupun tidak berjumpa dengan secara fisik. Bukalapak ialah salah satu pusat perbelanjaan digital Indonesia yang dibuat oleh Ahmad Dzaky, Nugroho Herucahyono serta Fajrin Rasyid pada tahun 2010. Pengukuran mutu produk serta pelayanan pada dasarnya serupa dengan pengukuran kebahagiaan klien, ialah didetetapkan dengan memakai tata cara: PIECES FRAMEWORK ialah tata cara yang memakai 6 elastis penilaian ialah Performance, Information atau Informasi, Economic, Control atau Security, Efficiency, serta Service. Banyaknya pengguna E-Commerce menjadikan Marketplace BukaLapak mendapatkan kritikan hingga beralih ke Marketplace lain. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pengguna marketplace bukalapak sebagai sarana pembelajaan online, untuk mengetahui dampak dan tanggapan pengguna terhadap marketplace tersebut, dan Untuk mengetahui kendala yang terjadi pada pengguna saat menggunakan marketplace sebagai sarana pembelanjaan online.Hasil Analisis ini terdapat nilai kepuasan performance 82,46%, Information 81,23%, Economic 85,67%, Control 80,74%, Effeciency 82,71%, dan Service 80,00%.

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] D. T. S. Satri, “Sistem Informasi E-Marketplace Pada Pemesanan Jasa Fotografi Berbasis Web Di Kotawaringin Timur,” J. Penelit. Dosen FIKOM, vol. 10, no. 2, pp. 1–8, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/142.

[2] M. A. Hidayat, “Desain Iklan Pada Marketplace Untuk Menarik Minat Konsumen ( Studi Iklan Online Shop Shopee ),” Desain Iklan Pada Marketpl. Untuk Menarik Minat Konsum. ( Stud. Iklan Online Shop Shopee ), vol. 1, no. 3, p. 6, 2019.

[3] A. Aco and A. H. Endang, “Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar,” J. Tek. Inform., vol. 2, pp. 1–13, 2017.

[4] Y. Septiani, E. Arribe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEMINFORMASI AKADEMIKUNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASANPENGGUNAMENGGUNAKAN METODE SEVQUAL. JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE (Studi Kasus?: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020.

[5] F. Syarief, K. P. Utomo, M. A. Winardi, and A. Kurniawan, “PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN KUALITAS TERHADAP MOTIVASI PEMERINTAH KOTA BEKASI,” J. Ris. BISNIS DAN Manaj., vol. 11, no. 2, 2021.

[6] R. N. Matantu, D. L. Tampi, and J. V, “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Gran Puri Manado,” PRODUCTIVITY, vol. 1, no. 4, 2020.

[7] Fatihudin, Didin, and M. A. Firmansyah, PEMASARAN JASA?: Strategi, Mengukur Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

[8] N. Wahyuni, A. Irman, and A. Gunawan, “PENGENALAN DAN PEMANFAATAN MARKETPLACE E-COMMERCE UNTUK PELAKU UKM WILAYAH CILEGON,” Pengabdi. Din., vol. 6, no. 1, 2019.

[9] O. A. D. Wulandari, U. Ujiani, and N. R. Putri, “ANALISIS PEMANFAATAN MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN BAGI PENJUALAN PRODUK UMKM DI PURBALINGGA,” Ekon. Manaj., vol. 6, no. 2, 2020.

[10] R. Irawati and I. B. Prasetyo, “PEMANFAATAN PLATFORM ECOMMERCE MELALUI MARKETPLACE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN DAN MEMPERTAHANKAN BISNIS DI MASA PANDEMI (STUDI PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI MALANG,” Penelit. Manaj. Terap. Penataran, vol. 6, no. 2, 2021.

[11] L. A. Darmawan, F. Reffiane, and S. Baedowi, “Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak Pada Tema Ekosistem,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 3, no. 1, 2019. 45

[12] W. Wisman and R. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Berbasis Online Menggunakan Google Form dan Google Classroom,” Penelit. Pendidik. Bhs. Indones. Daerah, dan Asing, vol. 3, no. 2, 2020.

[13] D. M. Vernia, “OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI BISNIS ONLINE BAGI IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA,” Ilm. Pendidik. Ekon., vol. 1, no. 2, 2017.

[14] W. Priyadi and O. Marleen, “Analisis Website Menggunakan Metode PIECES di PT Majapahit Teknologi Nusantara,” Ilm. komputasi, vol. 19, no. 4, 2020.

[15] I. M. Pradanthi, F. Erawantini, S. Farlinda, and D. S. Hendyca, “Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Dokumen Akreditasi (SISMADAK) Dengan Menggunakan Metode PIECES di Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang,” Rekam Med. dan Inf. Kesehat., vol. 2, no. 1, 2020.

[16] H. Gunawan and K. Ayuningtiyas, “PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI BUKALAPAK PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BATAM,” J. Appl. Bus. Adm., vol. 2, no. 1, 2018.

[17] L. Hikmiyah, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PjBL BERBANTUAN MINITAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMP,” Mathedunesa, vol. 10, no. 3, 2021.