Industri pakaian dan fashion merupakan salah satu sektor retail yang terus berkembang dan berubah seiring dengan perubahan trend, mode dan preferensi konsumen. Di era digital ini, meskipun semakin banyak toko baju yang beralih ke platform online, toko baju berbasis offline masih memainkan peran penting dalam pasar retail. Toko baju offline tetap menjadi tempat yang penting bagi konsumen untuk merasakan produk secara langsung, mencoba pakaian, dan mendapatkan pengalaman belanja yang unik. Dimana kendala masalah pada Annisa Collection tersebut yaitu Keterbatasan stok dan pilihan dimana toko sering mengalami keterbatasan dalam jumlah stok. Pendataan ketersediaan barang yang tidak akurat dimana hanya diingat dengan kekuatan memori dan tidak semua barang tercatat. Salah satu teknik yang telah terbukti efektif dalam menganalisis pola pembelian adalah algoritma Apriori. Algoritma ini memungkinkan untuk mengidentifikasi asosiasi antara item-item yang dibeli secara bersamaan, yang dapat digunakan untuk menghasilkan rekomendasi produk yang relevan dan strategi pemasaran yang lebih efektif. Dengan informasi yang sudah didapatkan ini, pemilik dari Annisa Collection sudah dapat memprediksi dan mempersiapkan stok produk lebih banyak lagi serta dapat melakukan promosi untuk produk yang paling larisnya.
12200130 - RINA AGUSTINA
[1] W. Shafitri, J. Kamase, Suriyanti, and R. Dewi, <Analisis Perbandingan Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Melalui Online Shop dan Offline Store,= Cent. Econ. Students J., vol. 6, no. 2, pp. 127–140, Apr. 2023, doi: 10.56750/csej.v6i2.578.
[2] F. S. Amalia, S. Setiawansyah, and ..., <Analisis Data Penjualan Handphone Dan Elektronik Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Cv Rey Gasendra),= … J. Telemat. …, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/article/view/1810
[3] J. R. Gumilang, <Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Konter Berbasis Web,= J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 226–233, 2021, doi: 10.33365/jatika.v1i2.612.
[4] S. Nurajizah, <Analisa Transaksi Penjualan Obat menggunakan Algoritma Apriori,= INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 4, no. 1, p. 35, 2019, doi: 10.35314/isi.v4i1.938.
[5] I. Qoniah and A. T. Priandika, <Analisis Market Basket Untuk Menentukan Asossiasi Rule Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Tb.Menara),= J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 26–33, 2020, doi: 10.33365/jtsi.v1i2.368.
[6] C. F. Suardi, H. S. Y, and S. Sunardi, <Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Data Transaksi Penjualan Pada Toko Berbasis Desktop,= J. Tekno Kompak, vol. 17, no. 1, p. 136, 2023, doi: 10.33365/jtk.v17i1.2148.
[7] E. Manurung and P. S. Hasugian, <Data Mining Tingkat Pesanan Inventaris Kantor Menggunakan Algoritma Apriori pada Kepolisian Daerah Sumatera Utara,= J. Inform. Pelita Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 8–13, 2019.
[8] A. B. Kusdinar, D. Riyadi, and A. Asriyanik, <Implementasi Algoritma Apriori Pada Penyusunan Menu Makanan Rumah Makan Prasmanan,= J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 391–399, 2020, doi: 10.28932/jutisi.v6i2.2742.
[9] R. C. Prihandari, <Data Mining: Konsep Dan Apikasi Menggunakan Rapidminer (Series: Supervised Learning Dan Unsupervised Learning),= p. 8, 2022, [Online]. Available: http://repository.uin-suska.ac.id/63073/1/REGITA CAHYANI PRIHANDARI.pdf
[10] A. J. P. Sibarani, <Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,= JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.
[11] A. R. Wibowo and A. Jananto, <Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma FPGrowth Pada Perusahaan Ritel,= Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 2, p. 200, 2020, doi: 10.35585/inspir.v10i2.2585.
[12] H. Kusumo, E. Sediyono, and M. Marwata, <Analisis Algoritma Apriori untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,= Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 49, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.4000.
[13] I. Rosmayati, W. Wahyuningsih, E. F. Harahap, and H. S. Hanifah, <Implementasi Data Mining pada Penjualan Kopi Menggunakan Algoritma Apriori,= J. Algoritm., vol. 20, no. 1, pp. 99–107, 2023, doi: 10.33364/algoritma/v.20-1.1259.
[14] E. Alma’arif, E. Utami, and F. W. Wibowo, <Implementasi Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Pada Toko Online,= Creat. Inf. Technol. J., vol. 7, no. 1, p. 63, 2021,
doi: 10.24076/citec.2020v7i1.241.
[15] Styawati, Nurkholis Andi, and Anjumi Krisma Nur, <Analisis Pola Transaksi Pelanggan Menggunakan Algoritme Apriori,= J. Sains Komput. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 619–626, 2021