Analisis Kesuksesan Website Helpdesk SSD3 Pada PT. Indomaret Menggunakan Model Delone dan Mclean

research
  • 23 Jan
  • 2025

Analisis Kesuksesan Website Helpdesk SSD3 Pada PT. Indomaret Menggunakan Model Delone dan Mclean

Bagus Irawan (11230297), Analisis Kesuksesan Website Helpdesk SSD3 Pada PT. Indomaret Menggunakan Model Delone dan Mclean

Helpdesk merupakan platfrom yang digunakan untuk melaporkan keluhan atau kesalahan terhadap layanan atau produk milik perusahaan. Website helpdesk menjadi salah satu layanan yang digunakan untuk memfasilitasi interaksi antara tim IT Support SSD3 (Software Support Development 3) dengan IT Support DC (Distribution center) dalam mengajukan complain terkait error program dan menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah terebut. Pada website helpdesk IT SSD3 ini dalam penggunaannya, memiliki bebrapa kekurangan, yaitu kurangnya responsif dan kebingungan dalam navigasi website, keterbatasan fitur fitur, kurangnya informasi yang ditampilkan, serta kurangnya integrasi antara sistem helpdesk SSD3 dengan sistem helpdesk divisi lainnya dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengetahui tingkat kesuksesan website helpdesk SSD3. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode Delone and McLean, dimana pada metode Delone dan McLean memiliki variabel dan indikator kesuksesan sistem informasi berdasarkan enam nilai yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas ayanan, penggunaan, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Berdasarkan hasil data yang didapat dari responden user yang menggunakan website helpdesk SSD3, maka hasil analisa dan hipotesis dapat ditarik kesimpulan yaitu terdapat hubungan yang positif dan berdampak signifikan terhadap variabel penggunaan, kepuasan pengguna, manfaat bersih, dan kualitas informasi, kualitas layanan yang tidak berdampak signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian dihasilkan bahwa layanan website helpdesk SSD3 telah sukses dan membutuhkan pengembangan pada kualitas informasi serta kualitas layanan.

Kata Kunci: Analisis, Model Delone dan Mclean, Website, Helpdesk, Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kulaitas Layanan, Kepuasan Pengguna

Unduhan

 

REFERENSI

[1] K. Kurniawati, A. Sari Wardani, Sucipto, “Pengukuran Kesuksesan Websites Universitas Menggunakan Metode Delone and McLean”, JSITIK, Vol.1, No.1, Desember 2022. 

[2] Suhartini, M.Sadali, Y. Kuspandi Putra, “Sistem Informasi Berbasis Web SMA Al - Mukhtariyah Mamben Lauk Berbasis Php Dan Mysql Dengan Framework Codeigniter”, Infotek, Vol.3, NO.1, Januari 2020.

[3] L. Mazia, L. Asri Utami, F. Karina Bintang, “Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk Ticketing Berbasis Web pada PT. Mitra Tiga Berlian Bekasi”, Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol.6, No.1, Maret 2021.

[4] L. Stefani Wara, L. Kalangi, H Gamaliel, “Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan McLean Pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) Di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara”, Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing “Goodwill”, Vol.12, No.1, 2021.

[5] Y. Septiani, E. Arribe, R. Diansyah, “Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru”, Jurnal Teknologi dan Open Source, Vol.3, No.1, Juni 2020.

[6] A. Permata Sari, Suhendi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Talent Film Berbasis Aplikasi Web”, Jurnal Informatika Terpadu, Vol.6, No.1, Maret 2020.

[7] W. Rusbandi Husni Nasution, M. Irwan Padli Nasution, S. Suci Ayu Sundari, “9 Pendapat Ahli Mengenai Sistem Informasi Manajemen”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.3, No.4, September 2022.

[8] W. Likhar, H. Purwanto, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Ticketing Helpdesk Online Berbasis Web: Studi Kasus PT XYZ”, Jurnal Sistem Informasi, Vol.8, No.2, 2021.

[9] S. Putri Kawidjaya, A. Bergi Nugroho, H. Aditya Pradesa, N. Imam Taufik, “System Quality And Information And Its Effects On User Satisfaction Of BJB Greens”, Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol.4, No.5, 2023.

[10]A. Bashir, L. Safitri, “Determinan Kesuksesan Sistem Informasi Core Banking System Dengan Variabel Pendekatan Model Delone Dan McLean”, Jurnal Syntax Admiration, Vol.3, No.1, Januari 2022.

[11]J. Wahyu Fernanda, V. Luthifiana, M. Khoirul Akhyar, “Analisis Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) Untuk Pemodelan Penerimaan Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah”, Jurnal Statistika, Vol.15, No.2, 2022.

[12]M. Makbul, “Metode Pnegumpulan Data Dan Instrumen Penelitian”, UIN Alauddin Makassar, 2021.

[13]N. Suriani, Risnita, M. Syahran Jailani, “Konsep populasi dan Sampling Serta pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1, No.2, Juli 2023.

[14]M. Fahry, R. Oktaria M, G. D, M. Rosario Borroek, A. Feranika, “Analisis Kesuksesan Aplikasi Maxim di Kota Jambi Menggunakan Delone and Mclean”, Journal of Trends Economics and Accounting Research, Vol.4, No.2, Desember 2023

[15]D. Anggraini, N. Mutiah, R. Puspita Sari, “Analisis Kesuksesan Aplikasi JePin Menggunakan Delone And McLean Is Success Model Dan Metode Importance Performance Analysis”, Vol.7, No.1, Maret 2023.

[16]A. Arfian, D. Mustomi, Syafrianto, Herryansyah, J. Siregar, “Analysis Information Services For Teachers And Students Dengan Model Delone And McLean”, Technologia, Vol.13, No.3, Juli 2022.

[17]N. Evrilyan Rozanda, F. Razmi, Zarnelly, Megawati, “Analisis Efektivitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Delone And McLean”, Metrik Serial Teknologi Dan Sains, Vol.5, No.1, Februari 2024.

[18]I. Anung Prabadhi, Wilonotomo, A. Ramadhana, “Analisis Kesuksesan Aplikasi Pintu Si Juara Menggunakan Model Kesuksesan Delone & McLean”, Technology Managemen and Informatics Research Journals, Vol.5, No.1, 2021.

[19]H. Noval Hasany Aditya, Nurmalasari, Hendri, “Success Analysis Of KITABISA Application System By Using Delone And McLean Models”, Jurnal PILAR Nusa Mandiri, Vol.16, No.1, March 2022.

[20]A. Sefti Utami, D. Hafidh Zulfikar, S. Rahayu, “Analisis Pengaruh Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Palembang Menggunakan Model Delone dan McLean”, Journal of Computer and Information Systems Ampera, Vol.3, No.2, May 2022

[21]I Made Dedi Suardika, I Made Candiasa, D. Gede Hendra Divayana, “Analisis Kesuksesan Sistem E-Kinerja Pada Satuan Kerja Menggunakan Enhanced Information System Success Model”, KLIK, Vol.4, No.4, Februari 2024