Muhamad Alfiyandi (11230219) Analisa UI/UX Pada website Gramedia.com Menggunakan Metode Design Thingking
website Gramedia.com belum memaksimalkan desain UWU%, schingga menimbulkan masalah bagi pengguna dan pihak pengelola informasi, yaitu PT. Gramedia Asri Media. Beberapa masalah yang terdapat pada web Gramedia.com antara lain adalah User Interface pada halaman daftar yang korang menarik, keterbatasan fitur pencarian, dan kurangnya fitur interaktif. Penelitian ini menggunakan metode design thinking dan mencakup beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, pengelolaan data, analisis dan perancangan prototipe, pembuatan prototipe, dan pengujian prototipe. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan berbagai insight yang diharapkan dapat membantu kelancaran penelitian ini. Objektif penelitian ini adalah untuk memahami kebutuhan pengguna dalam menggunakan website Gramedia.com, memahami pain point dan gain user, memahami motivasi pelanggan dalam membeli online, serta membuat solusi desain yang memudahkan pengguna dalam mencari buku atau keperluan lainnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap halaman website Gramedia.com, dapat disimpulkan terdapat masalah yang dihadapi oleh user yang menyulitkan mereka dalam menggunakan website tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis dan perancangan ulang beberapa aspeknya. Setelah melakukan perancangan dan pengujian dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS), didapati nilai 82 yang menunjukkan bahwa halaman tersebut sudah acceptable, dengan grade scale B dan excellent, sehingga desain ini dapat direkomendasikan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan bagi pengguna.
[1] Puspitasari, F. "Perancangan Desain UI/UX Tempo Store Berbasis Website E- Commerce dengan Metode Design Thinking," pp. 44-64, 2024,
[2] "Gramedia.com." [Online]. Available: https://www.gramedia.com. (Accessed: Mei. 13, 2024].
[3] Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., and Sevtiana, A. "Perancangan UVUX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma," 1. 10.51920/jd.v1012.171. Digit, vol. 10, no. 2, p. 203, 2020, do
[4] Firmansyah, M. T., Fauzi, R., and Fajar, S. S. G. "Perancangan User Interface dan User Experience Mobile Application Sibengkel untuk Memenuhi Kebutuhan Pengguna dengan Metode User-Centered Design (UCD)," e Proceeding Eng, vol. 7, no. 2, pp. 7574-7580, 2020.
[5] Parno, and Syakir, M. F. "E-Commerce: Purwarupa Berbasis Website pada Toko Online UNXPLND MARKET Menggunakan Figma, IKRA-ITH Inform. J. Komput. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 101-109, 2024, doi: 10.37817/ikraith-informatika.v8il.3204,
[6] Kurniawan, R., and Budi, M. "Perancangan UI/UX Aplikasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma," 1. Sist. Inf, vol. 5, no. 1, pp. 2-7, 2022.
[7] Rochmawati, 1. "Iwearup.com User Interface Analysis," Visualita, vol. 7, no. 2, pp. 31-44, 2019, doi: 10.33375/valtv712.1459.
[8] Ridwansyah, A. R., Dinata, C., Savitri, N., Rahmawati, N., Herdiana, N., and Rahman, A. "Perancangan UI/UX pada Aplikasi V. Menggunakan Metode Design Thinking, MDP Student Conf., vol. 1, no. 1, pp. 504 511, 2022
[9] Dr. Darmalaksana Wahyudin, M.Ag.. Metode Design Thinking Hadis. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, 2021.
[10] Haryuda, D., Asfi, M., and Fahrudin, R. "Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web pada Laportea Company," J. Ilm. Teknol. Informasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111-117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[11] Karimah, M., Supriyatna, S., and Rozali, C. "Penggunaan Figma dalam Menggali Kreativitas Desain UI/UX Web pada SMK IT Bina Adzkia," JIMP: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat vol. 2, pp. 6-10, 2024.
[12] Mustika, A. "Permodelan Sistem Informasi Penjualan Barang Menggunakan Metode Scrum," J. Data Sci. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 14-25, 2024
[13] Andryadi, A. A., and Fatonah, N. H. "Analisis User Experience dan User Interface (UI/UX) pada Website Menggunakan Metode Google Design Sprint," J. Teknol. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 137-144, 2021, doi: 10.37087/jtb.v3i2.61.
[14] Putra, R. W. Pengantar Desain ANDI, Yogyakarta, 2021.
[15] Mukhirah, M. Dra. Dasar Seni dan Desain, Syiah Kuala University, Banda Aceh, 2018.
16] Ariska, D., and Nuricla, S. "Analisis dan Perancangan UVUX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking," J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86-91. 2022.