PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN PRODUK PENJUALAN TERBAIK DI TOKO KUE HER TASTE

research
  • 10 Dec
  • 2024

PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN PRODUK PENJUALAN TERBAIK DI TOKO KUE HER TASTE

ABSTRAK

Ndarusabdo Pamekasan (12190347), ”Penerapan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Produk Penjualan Terbaik di Toko Her Taste”.

Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau ecommerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, dan jaringan komputer lainnya. Perdagangan elektronik dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.. Sulitnya mengontrol produk yang sering terjual untuk di rekomendasikan kepada konsumen menjadi masalah yang berpengaruh bagi owner bisnis khususnya FnB. Di era digital ini banyak kemajuan ilmu dan teknologi yang mampu mempermudah serta membantu menyelesaikan masalah tersebut. Data mining adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang bertujuan untuk mengekstrak informasi penting pada data. Proses pengumpulan dan ekstraksi informasi tersebut dapat dilakukan menggunakan perangkat lunak dengan bantuan perhitungan statistika, matematika, ataupun teknologi Artificial Intelligence (AI). Data mining sering disebut juga Knowledge Discovery in Database (KDD). Algoritma apriori adalah suatu metode untuk mencari pola hubungan antar satu atau lebih item dalam suatu dataset. Analisis dilakukan untuk data transaksi penjualan di toko Her Taste. Data yang diolah menghasilkan asosiasi rule kue yang dijual secara bersamaan. Berdasarkan hasil aturan asosiasi final yang memenuhi dua syarat minimum support dan confidence yang sudah ditentukan.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] W. Stephanny och d. , ”Analisis Pengendalian Persediaan Barang Dagang Dalam Menunjang kelancaran Transaksi Jual Beli,” Jurnal Ekopendia: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, pp. 174-175, 2021.

[2] A. P. Narendra, ”Data Besar, Data Analisis, dan Pengembangan Kompetensi Pustakawan,” Record and Library Journal, p. 88, 2015.

[3] I. K. J. Arta och d. , ”Data Mining Rekomendasi Calon Mahasiswa Berprestasi di STMIK Denpsar Menggunakan Metode Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution,” Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, pp. 12-13, 2019.

[4] A. ”Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha,” Jurnal Manajemen Bisnis, pp. 318-320, 2020.

[5] A. A. Firdaus och d. , ”Penerapan Algoritma Apriori untuk Prediksi Kebutuhan Suku Cadang Mobil,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, pp. 13-14, 2021.

[6] A. T. panudju och d. , ”Metodologi Penelitian,” i Research Gate, Padang, CV. Gita Lentera, 2024, pp. 17-23.

[7] A. P. Asta, ”Analisa Pola Peminjaman Buku Menggunakan Algoritma Apriori untuk Oprimalisasi Layanan Perpustakaan pada Sekolah EMIISc Jakarta,” p. 5, 2023.

[8] D. N. Yoliadi, ”Data mining Dalam Analisis Tingkat Penjualan Barang Elektronik Menggunakan Algoritma K-means,” Insearch (Information System Research) Journal, pp. 43-44, 2023.

[9] A. Pebdika och d. , ”Klasifikasi Menggunakan Metode Naive Bayes Untuk Menentukan Calon Penerima PIP,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), p. 455, 2023.

[10] I. Budiman och d. , ”Penerapan Fungsi Data Mining Klasifikasi untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa Tepat Waktu pada Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi,” Jurnal Jupiter, pp. 40-42, 2015.

[11] N. Purwati, ”Data Mining dengan Algoritma Neural Network dan Visualisasi Data untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa,” Jurnal Informatika, p. 157, 2020.

[12] A. Saifudin, ”Metode Data Mining untuk Seleksi Calon Mahasiswa pada Penerimaan Mahasiswa Baru Di Universitas Baru di Universitas Pamulang,” Jurnal Teknologi, p. 26, 2018.

[13] R. Sari, ”Implementasi Algoritma Apriori pada Data Mining untuk Pola Peminjaman Buku di Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang,” pp. 17-19, 2018.

[14] I. Nur och d. , ”Penerapan Algoritma Apriori Pada E-commerce Elektronik,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), p. 558, 2023.

[15] N. I. Pratiwi, ”Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi,” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, pp. 210-212, 2017.

[16] A. Prasetyo och d. , ”Implementasi Data Mining untuk Analisis Data Penjualan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus DAPOERIN'S),” Jurnal Khatulistiwa Informatika, p. 94, 2020.

[17] M. Jannah och d. , ”Implementasi Metode Apriori Dalam Menentukan Tren Pembelian Perlengkapan Bayi Pada Haritsa Babyshop,” PROSIDING SEMINAR ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI, pp. 40-41, 2022.

[18] W. Delrinata och d. , ”Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Stok Obat,” Jurnal SISFOKOM, pp. 222-223, 2020.