IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DALAM ANALISIS POLA PEMBELIAN AKSESORIS PADA TOKO HILOVABLE

research
  • 10 Dec
  • 2024

IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DALAM ANALISIS POLA PEMBELIAN AKSESORIS PADA TOKO HILOVABLE

ABSTRAK

Rahmadewi Serinia Priana (12200209), Implementasi Algoritma Apriori dalam Analisis Pola Pembelian Aksesoris pada toko Hilovable

Data transaksi penjualan di suatu bisnis terkadang hanya tersimpan saja di database tanpa dikelola kembali dengan baik. Pada kasus ini terdapat sebuah toko aksesoris Hilovable yang memiliki permasalahan dalam pengelolaannya dimana sang owner tidak dapat mengetahui produk mana yang paling laris dan harus diperbanyak stok produksinya. Maka dari itu teknik Data Mining diperlukan, salah satu bentuk pola yang dapat dihasilkan dari data mining adalah Algoritma Apriori. Algoritma Apriori merupakan algoritma yang merupakan pencarian frequent itemset dengan menggunakan teknik aturan asosiasi. Dataset yang digunakan pada penelitian ini terdapat 32 transaksi. Setelah diolah menggunakan algoritma apriori dapat diketahui hasilnya bahwa terdapat 4 produk yang lulus tahap uji minimum support dan confidence yaitu; nilai support Alloy Ring 56,3%, Phone Strap 46,9%, Crystal Bracelet 46,9%, dan Ring Beads 50,0%. Serta diketahui nilai support dan confidence dari kombinasi 2 item yaitu: Alloy Ring dan Phone Strap, support 37,50%, confidence 66,67%. Phone Strap dan Alloy Ring, support 37,50%, confidence 80,00%. Crystal Bracelet dan Ring Beads, support 31,25%, confidence 66,67%. Ring Beads dan Crystal Bracelet, support 31,25%, confidence 62,50%. Setelah dihitung menggunakan Ms. Excel dan di support menggunakan software Tanagra hasilnya sama dan akurat. Dapat disimpulkan bahwa dengan perhitungan menggunakan algoritma apriori dapat membantu mendapatkan solusi produk mana yang memiliki tingkat laris paling tinggi di Hilovable.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] P. ’Alicia and S. ’Hefty, “Apa Itu Gantungan HP Beads, Tren Mode yang Dipopulerkan Idol K-Pop DK SEVENTEEN,” TribunJatim.com. Accessed: Aug. 20, 2024. [Online]. Available: https://jatim.tribunnews.com/2024/02/22/apa-itugantungan-hp-beads-tren-mode-yang-dipopulerkan-idol-k-pop-dk-seventeen idejualan-laris

[2] Dela Rahmah Aminarti and Qoniah Nur Wijayani, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE SHOP ‘QUEENBEA’ TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AKSESORIS DI E-COMMERCE SHOPEE,” JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, vol. 2, no. 1, pp. 16–27, Dec. 2023, doi: 10.61722/jssr.v2i1.470.

[3] D. Fernando, “PENERAPAN DATA MINING REKOMENDASI BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI,” Sistem Informasi |, vol. 7, no. 1, pp. 50–56, 2020.

[4] M. Saefudin, Kom, and S. Dn, “PENERAPAN DATA MINING DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN IKAN,” Sistem Informasi |, vol. 6, no. 2, pp. 110–114, 2019.

[5] D. N. Yoliadi, “DATA MINING DALAM ANALISIS TINGKAT PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS,” vol. 3, 2023.

[6] P. Mai et al., “IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN PERSEDIAAN BARANG (STUDI KASUS : TOKO SINAR HARAHAP),” 2022. [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index

[7] R. Kurniawan and R. Yusuf, “PENERAPAN METODE ASOSIASI DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PROMOSI,” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, vol. 10, no. 2, pp. 514–528, Feb. 2023, doi: 10.47668/edusaintek.v10i2.786.

[8] A. Penelitian Penerapan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Untuk Rekomendasi Menu Makanan Dan Minuman Nanda Nurisya Merliani, N. Isnaeni Khoerida, N. Tri Widiawati, L. Adi Triana, and P. Subarkah, “Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Attribution-ShareAlike 4.0 International Some rights reserved,” vol. 08, no. 01, pp. 009–016, 2022, doi: 10.25077/TEKNOSI.v8i3.2022.009-016.

[9] R. Hikmah, L. S. Astuti, and S. Wulandari, “PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL DALAM MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN,” Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 05, no. 05, pp. 494–501, 2022.

[10] R. Aditiya, S. samsir, A. Hakim Dalimunthe, and S. Subagio, “Implementasi Algoritma Apriori Menggunakan Tanagra Pada Coffee Shop Ruang Seduh Untuk Meningkatkan Penjualan,” Jurnal Bisantara Informatika (JBI), vol. 7, no. 2, 2023.

[11] M. I. R. Ihsan, K. S. D. Irmanti, and D. M. Dama, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Analisa Penjualan Sparepart Motor,” Jurnal Pariwisata Bisnis Digital dan Manajemen, vol. 1, no. 1, pp. 43–48, May 2022, doi: 10.33480/jasdim.v1i1.2999.

[12] S. D. Putri and S. Sitohang, “ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI,” JURNAL COMASIE, 2023.

[13] S. A. Rahmatullah, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Apotek & Alkes 58,” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 5, 2022.

[14] B. Kezia, I. P. T. Melki, F. Nehemia, J. Yulia, S. P. Meri, and D. S. Paulina, “Observasi Dampak Pelebaran Jalan Terhadap Kondisi Alam Di Sekitar Bukit Tirtifui di Desa pailelang, Kecamatan Alor Barat Daya, Kabupaten Alor,” Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, vol. 1, no. 3, pp. 255–265, 2023.

[15] H. Jurnal, E. A. Setiawan1 , S. Humaniora, D. Seni, and J. Psikologi, “KONTROL DIRI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA,” Januari, vol. 2, no. 1, 2023.

[16] M. Nina Adlini, A. Hanifa Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. Julia Merliyana, “METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA,” 2022.