IMPLEMENTASI DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

research
  • 15 Jul
  • 2024

IMPLEMENTASI DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

ABSTRAK

Diastika (11170878), Implementasi Data Mining Terhadap Data Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori.

Banyaknya persaingan bisnis salah satunya pada bidang pangan, maka menuntut para pemilik usaha agar dapat memaksimalkan strategi penjualan. Salah satunya dengan memanfaatkan data penjualan. Penjualan produk makanan ringan pada Toko Kamoe belum memanfaatkan data mining yang dapat membantu menganalisis data transaksi untuk mengoptimalkan penjualan. Produk yang terdapat pada Toko Kamoe adalah makanan berupa serundeng kelapa, kering tempe, keripik paru, bawang goreng, bumbu pecel, ikan wader, keripik ikan asin balado, rujak serut, jahe merah bubuk dan baby prawn. Dalam usaha ini masalah yang terjadi adalah bagaimana menerapkan algoritma apriori untuk mengetahui produk apa saja yang sering dibeli serta bagaimana cara mengimplementasikan data penjualan pada Toko Kamoe dengan menggunakan aplikasi Rapid Miner. Sehingga dapat diketahui dengan 2 variable yang memenuhi support dan confidence. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui, jika membeli serundeng kelapa maka akan membeli bumbu pecel dengan nilai support 50%, confidence 71% serta lift ratio 1,10. Dengan memanfaatkan dari hasil yang diperoleh, maka pemilik usaha dapat menggunakan algoritma apriori untuk meningkatkan penjualan.

Unduhan

  • Repository.pdf

    DIASTIKA

    •   diunduh 66x | Ukuran 815 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1]  M. El Fikri, R. Ahmad, and R. Harahap, “Strategi Mengembangkan Kepuasan Pelanggan Online Shop Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sabun Pyari),” J. Manaj. Tools, vol. 12, no. 1, pp. 87–105, 2020.

[2] A. Prasetyo, N. Musyaffa, and R. Sastra, “Implementasi Data Mining Untuk Analisis Data Penjualan Dengan Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus Dapoerin ’ S ),” vol. VIII, no. 2, 2020.

[3] R. Yanto and H. Di Kesuma, “Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2017.

[4] E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2018.

[5]M. Badrul, “Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. XII, no. 2, pp. 121–129, 2016. 

[6] C.Pradeepkumar and S.Loganathan, “Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ),” Int. J. Sci. Eng. Res. (IJ0SER), vol. 3, no. 4, pp. 120–127, 2015.

[7]M. A. M. Afdal and M. Rosadi, “Penerapan Association Rule Mining Untuk Analisis Penempatan Tata Letak Buku Di Perpustakaan Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, p. 99, 34 2019.

[8]  N. L. W. S. R. Ginantra et al., Data Mining dan Penerapan Algoritma. Yayasan Kita Menulis, 2021.

[9] E. S. Sihombing, A. S. Honggowibowo, and D. Nugraheny, “Implementasi Data Mining Menggunakan Metode Apriori Pada Transaksi Penjualan Barang (Studi Kasus Di Chorus Minimarket),” Compiler, vol. 1, no. 1, pp. 17–30, 2012.

[10] S. B. Efori Buulolo, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ) Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ),” J. Tek. Inform., vol. 4, no. August 2013, pp. 71–83, 2017.