ABSTRAK
Rizky Eka Saputro (12170263), Rizky Yusti Pratama (12170341), Teguh Prihandana (12170329) Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Pengembangan Usaha Penjualan Alat Kesehatan
Bisnis alat kesehatan seperti masker pada awalnya dimulai dengan
berjualan secara offline seperti kebanyakan pedagang lainnya, akan
tetapi ditengahp proses perjalanan usaha ini penjual mulai merasakan bahwa penjualan nya kurang maksimal dan omset yang didapat pun juga kurang memuaskan. Disini penjual mengeluhkan bahwa sedikitnya pelanggan pada penjualan produknya yang tidak maksimal dan tidak sesuai dengan keinginan penjual. Pada awal nya penjual masker juga masih menggunakan proses transaksi manual sehingga dalam proses transaksi hanya dapat diakses di satu tempat itu saja. Maka dari itu, diisni penulis mencoba untuk menerapkan sebuah konsep E-Commerce yaitu dengan menggunakan bentuk website pada penjualan masker, dengan memanfaatkan teknologi internet sehingga dalam sebuah proses transaksi nanti nya dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Dengan Website juga penjual dapat memasarkan produknya secara luas dan meraih pendapatan yang lebih besar kedepan nya. Semua hal ini dapat dipastikan berjalan dengan baik jika kita memulainya dengan cara atau sebuah langkah yang tepat maka kita akan mendapatkan hasil akhir yang maksimal yang sesuai dengan kita harapkan.
DAFTAR PUSTAKA
[1] P. Ekonomi et al., “Pertumbuhan Ekonomi Dan Inflasi Di Indonesia Pada Masa Pandemi,” ETNIK: Jurnal Ekonomi dan Teknik, vol. 1, no. 3, pp. 191–198, Dec. 2021, doi: 10.54543/ETNIK.V1I3.33.
[2] “Covid-19: Peluang dan Tantangan dalam Perspektif Bisnis (Sebuah Catatan dari Generasi Z),” Oct. 2021.
[3] O. : Sukmayadi et al., “ANALISIS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PADA HOTEL HANDAYANI SUMEDANG,” SINTESA STIE SEBELAS APRIL SUMEDANG, vol. 10, no. 2, pp. 37–46, 2020, Accessed: Jan. 06, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.stie11april sumedang.ac.id/ojs/index.php/ejournalstiesas/article/view/98
[4] 162010180 KARINA NURACHMAN, “PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOTA BANDUNG,” Oct. 2020.
[5] N. 1910550 Khusni Tamimudin and M. S. I. NIDN. 2131038501 3. Dr. Sulis Rokhmaanto, “MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PEMBELAJARAN (di MTS Minat Kesugihan Cilacap),” Apr. 2021.
[6] K. R. Melati, “Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo dan Sekar Arum di Kota Yogyakarta,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), vol. 2, no. 2, pp. 216–234, Mar. 2017, doi: 10.22146/JPKM.27278.
[7] K. R. Melati, “Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo dan Sekar Arum di Kota Yogyakarta,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), vol. 2, no. 2, pp. 216–234, Mar. 2017, doi: 10.22146/JPKM.27278.
[8] K. R. Melati, “Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo dan Sekar Arum di Kota Yogyakarta,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), vol. 2, no. 2, pp. 216–234, Mar. 2017, doi: 10.22146/JPKM.27278.
[9] P. Imansyah, “Praktik Kerja Lapangan Implementasi Media Komunikasi Pemasaran Pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.,” 2015, Accessed: Jan. 11, 2022. [Online]. Available: http://lib.unair.ac.id
[10] K. Kasiyati, “Strategi Komunikasi Pemasaran Surabaya North Quay dalam Menarik Minat Pengunjung,” 2018.
[11] K. R. Melati, “Perancangan dan Implementasi Perencanaan Bisnis dan Strategi Promosi bagi Kelompok Rintisan Usaha Mandiri Sanggar Batik Jenggolo dan Sekar Arum di Kota Yogyakarta,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), vol. 2, no. 2, pp. 216–234, Mar. 2017, doi: 10.22146/JPKM.27278.
[12] L. C. Luzar and M. Monica, “Peranan Komunikasi Visual bagi Identitas Perusahaan,” Humaniora, vol. 4, no. 1, pp. 528–538, Apr. 2013, doi: 10.21512/HUMANIORA.V4I1.3461.
[13] J. Ekonomi, P. Syariah, and L. Nurhisam, “Etika Marketing Syariah,” IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, vol. 4, no. 2, pp. 171–193, Dec. 2017, doi: 10.19105/IQTISHADIA.V4I2.1412.
[14] H. Hasim, “POLA KOMUNIKASI BISNIS ETNIS SUNDA DI BANDUNG,” ENSAINS JOURNAL, vol. 1, no. 1, pp. 36–43, Jun. 2018, Accessed: Jan. 11, 2022. [Online]. Available: http://jurnal.universitaskebangsaan.ac.id/index.php/ensains/article/view/50
[15] “Perencanaan Bisnis (Business Plan): Aplikasi Dalam Bidang Sumberdaya Alam - John E.H.J. FoEh - Google Buku.” https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=B8EDEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Ma nusialah+sebagai+makhluk+ciptaan+Tuhan+yang+paling+sempurna+dan+berakal+budi+itulah+ yang+harus+didorong,+didukung+atau+bahkan+%E2%80%9Cdipaksa%E2%80%9D+untuk+berkarya&ots=vXmvYn6P8a&sig=7vbXuutN4TrWVK08Pgy2iCL3PwE&redir_esc=y#v=onepage
&q&f=false (accessed Jan. 11, 2022).
[16] “E-Commerce: Suatu Pengantar Bisnis Digital - Google Books.”
https://www.google.co.id/books/edition/E_Commerce_Suatu_Pengantar_Bisnis_Digita/DLjwDw AAQBAJ?hl=id&gbpv=1 (accessed Jan. 11, 2022).
[17] “Kewirausahaan dan Bisnis Online - Google Books.” https://www.google.co.id/books/edition/Kewirausahaan_dan_Bisnis_Online/6YzzDwAAQBAJ? hl=id&gbpv=1&dq=bisnis+sumber+daya+online&printsec=frontcover (accessed Jan. 11, 2022).
[18] I. Rokhayati, “PERKEMBANGAN TEORI MANAJEMEN DARI PEMIKIRAN SCIENTIFIC MANAGEMENT HINGGA ERA MODERN SUATU TINJAUAN PUSTAKA,” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, vol. 15, no. 2, pp. 1–20, 2014, doi: 10.31941/JEBI.V15I2.227.