ABSTRAK
Fazria Maharani (11182325), Perancangan E-commerce Berbasis Website Pada Toko Mata Kail_29 Menggunakan Lean User Experience.
Toko Mata Kail_29 merupakan toko yang menjual berbagai peralatan memancing yang berdiri sejak tahun 2017. Sistem yang saat ini digunakan oleh Toko Mata Kail_29 masih digunakan beroperasi secara manual, sehingga terdapat dokumen yang mudah hilang, sehingga bukti penjualan sering hilang, tidak ada penyimpanan data bukti penjualan yang terstruktur maupun terorganisir dengan baik. Pertanyaan lain adalah dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi pelanggan untuk langsung mendatangi penjual untuk memesan barang tersebut. Berdasarkan masalah diatas maka solusinya yaitu perancangan UI/UX aplikasi e-commerce berbasis web dengan metode Lean UX karena metode ini memiliki kelebihan pada tingkat keberhasilan yang cepat namun juga tetap fokus pada tingkat pemahaman terhadap product experience yang akan dibuat. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 12 orang dengan perincian 10 orang pelanggan toko dan 2 orang karyawan toko. Berdasarkan hasil analisis dan observasi, maka dibuat rancangan dengan metode Lean UX kemudian diuji cobakan kepada 10 pelanggan dan 2 karyawan toko mata kail_29 yang menghasilkan 50 task dan dapat berhasil diselesaikan oleh customer sebanyak 30 task, dengan rata-rata durasi penyelesaian customer setiap task adalah 8,72 detik dan nilai success rate pengujian untuk customer mencapai 60 % dan hasil pengujian untuk admin menghasilkan 12 task, yang dapat diselesaikan admin sebanyak 10 task, dengan rata-rata durasi penyelesaian admin setiap task adalah 2,73 detik dan nilai success rate pengujian prototype untuk admin mencapai 83,3 %.
DAFTAR PUSTAKA
[1] B. D. Permana, “UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta,” Reimajenasi Timbre Nostalg. Bunyi Melalui Komposisi Musik, 2021, [Online]. Available: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/8497
[2] P. User, I. Ui, D. A. N. User, and M. L. Ux, “Ananda Vickry Pratama-Fst,” 2020.
[3] “Skripsi-Ageng-M-_11161598_.”
[4] A. Wibawanto, “Penggunaan Internet dalam Perpustakaan,” Pustakaloka, vol. 10, no. 2, p. 191, 2018, doi: 10.21154/pustakaloka.v10i2.1472.
[5] Sudaria, A. S. Putra, and Y. Novembrianto, “Sistem Manajemen Pelayanan Pelanggan Menggunakan PHP Dan MySQL ( Studi Kasus pada Toko Surya ),” Tekinfo, vol. 22, no. 1, pp. 100–117, 2021.
[6] M. H. Arabigh and N. Saurina, “Sistem Pencarian Lokasi Toko Batik Di Wilayah Surabaya Dengan Algoritma Dijkstra,” Melek IT Inf. Technol. J., vol. 6, no. 2, pp. 47–54, 2020, doi: 10.30742/melek-it.v6i2.314.
[7] M. Agnes Manuhutu, J. Basuki Rahmat, and P. Barat, “Sistem Informasi Promosi Tempat Wisata Di Kota Sorong Berbasis Website (Kasus: Kawasan Wisata Mangrove Klawalu),” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 1, p. 304, 2021
[8] Y. Trimarsiah and M. Arafat, “Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana,” J. Ilm. MATRIK, vol. Vol. 19 No, pp. 1–10, 2017.
[9] B. Vallendito, “Pemodelan User Interface Dan User Experience Menggunakan Design Thinking,” Barly Vallendito, p. 30, 2020.
[10] B. S. Utama, “Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes,” pp. 8–45, 2020.
[11] A. E. Pradita, Evaluasi Usability Dan Perancangan User Interface
59 Menggunakan Heuristic Evaluation Dan Metode Lean Ux Dengan Standar ISO 13407, vol. 13407. 2021.
[12] R. Mawarni, D. Triyanti, D. Afriansyah, Y. Kurniawan, and Y. Bersaudara, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN ALAT-ALAT PANCING BERBASIS WEB PADA TOKO YOGGI BERSAUDARA DI TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS ( STUDI KASUS TOKO YOGGI
BERSAUDARA ),” no. 1, pp. 214–219, 2022.
[13] A. K. Rofik, T. Sagirani, and H. E. Wulandari, “Desain Prototipe Pada Startup Talentku Menggunakan Metode Lean Ux Startup Prototype Design for Talenku Using the Lean Ux Startup Method,” vol. 3, no. 2, pp. 49–59, 2020.
[14] R. Destriana, "Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase 'Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah'," Yogyakarta, Deepublish, 2021, pp. 3- 6.
[15] I. Sovia and J. Febio, "Membangun Aplikasi E-Library Menggunakan HTML, PHP SCRIPT, dan MYSQL Database," Jurnal Processor, vol. VI, no. 2, pp. 38-54, 2011.
[16] T. Suryana, A. Amarullah and D. Reza, "Pelatihan Pembuatan Website Dengan Menggunakan html dan Dreamwever," 2021. [Online]. Available: https://repository.unikom.ac.id/68752/1/Belajar%20Membuat%20Website%2 0Dengan%20Menggunakan%20HTML%20dan%20Dreamweaver.pdf. [Accessed 27 Juni 2022].
[17] A. A. Wahid, "Analisis Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi," Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, pp. 1-3, Oktober 2020.