ABSTRAK
Wisnu Herlambang (12180276), Analisa Efektifitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19 Menggunakan Model Studysaster Pada Siswa Kelas 6 SDN Sudimara 13.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang analisa efektifitas pembelajaran daring menggunakan model studysaster. Studysaster diukur menggunakan pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan tentang studysaster, kendala menerapkan studysaster dan pencapaian hasil menggunakan studysaster. Efektifitas pembelajaran daring diukur menggunakan pertanyaan yang berkaitan dengan waktu pembelajaran daring, kendala pembelajaran daring, solusi pembelajaran daring dan pencapaian atas hasil efektifitas pembelajaran daring. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada guru di SDN Sudimara 13 Kota Tangerang. Sampel yang terdapat pada penelitian ini sebanyak 14 responden dengan pertanyaan yang diberikan sebanyak 20 pertanyaan sehingga jawaban yang diperoleh sebanyak 280. Metodologi yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas dan uji t atau parsial. Berdasarkan hasil pengujian di dapatkan bahwa efektifitas pembelajaran daring memiliki pengaruh dengan menggunakan model studysaster.
DAFTAR PUSTAKA
[1] Andriani, T. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117-126. http://dx.doi.org/10.24014/sb.v12i1.1930
[2] Arsyad, Azhar. R. 2014. Media pembelajaran.Jakarta: Rajawali Pers.
[3] Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA
[4] D. Arianto and A. Sutrisno, “Kajian Antisipasi Pelayanan Kapal dan Barang di Pelabuhan Pada Masa Pandemi Covid–19,” J. Penelit. Transp. Laut, vol. 22, no. 2, pp. 97–110, 2021, doi: 10.25104/transla.v22i2.1682.
[5] D. N. Baety and D. R. Munandar, “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no.3, pp. 880–989, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476
[6] F. Panggabean, “Penerapan Media Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Aplikasi Discord Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Selama Pandemi Covid-19 Di Kelas Viii-2 Smp Negeri 2 Tebing Tinggi,” Sch. Educ. J. Pgsd Fip Unimed, vol. 11, no. 1, pp. 35–41, 2021, doi: 10.24114/sejpgsd.v11i1.24565
[7] F. Romadlon, Mendefinisikan Ulang Pola Pembelajaran Daring: Antara Sharing Knowledge dan Transfer Etika. 2020.
[8] Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: BPFE
[9] Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, & Puji Sumarsono. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
[11] I. Endang Kartini, Lalu Mimbar, “Dan Implementasi Merdeka Belajar,” J. Ilm.Rinjani Media, vol. 9, no. 2, pp. 43–50, 2021.
[12] J. Patrick and L. M. Cahya, “Analisa Beban Kerja Mental Mahasiswa Fakultas Teknik Dalam Proses Pembelajaran Secara Daring Di Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya,” Unpar, no. Md, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://journal.unpar.ac.id/index.php/ritektra/article/view/4960
[13] M. H. Firdaus and H. Baisa, “Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ),” J. Mitra Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 557–558, 2019.
[14] Maryono, Y, B. Patmi Istiana. 2008. Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung: Quadra 50
[15] N. Pangestika, M. Faizin, and M. Mursalim, “Analisis Faktor Penghambat Implementasi Pembelajaran Daring Siswa SD Inpres 68 Kota Sorong,” J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 81–88, 2022, doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2065.
[16] Puspitarini, Bety Indri, “Penggunaan Model Studysaster pada Pembelajaran Daring dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 5 SD Kyai Ibrahim Surabaya Tahun Pelajaran 2020-2021,” PTK, Vol.2, No. 2 ,2022, doi: https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.53.
[17] R. Efendi, S. Nugroho, D. A. Izzuddin, and S. M. Alauddin, “Manfaat platform digital dimasa covid-19 bagi mahasiswa unsika tahun akademik 2021- 2022,” vol. 1, pp. 105–117, 2022.
[18] Rahartri. 2019. “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka. 21(2): 148
[19] Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
[20] Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksar [21] Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. 2014: KENCANA
[22] Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabe
[23] Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Prenadamedia Group.
[24] Syahputra, Edi. 2020. Snowbal Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Suka Bumi: Haura Publishing
[25] Widyasari, E. 2020. Model Pembelajaran Studysaster Dalam Upaya Meningkatkan Imunitas pada Pandemi Covid-19. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 32-37