PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PERSEDIAAN BARANG PADA CV. DWIPA DJAYA GROUP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

research
  • 14 May
  • 2024

PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PERSEDIAAN BARANG PADA CV. DWIPA DJAYA GROUP MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

CV. Dwipa Djaya Group merupakan perusahaan dibidang hiburan dengan nama New Dwipa Karaoke dan Resto. Pada proses kerja di gudang tersebut memiliki permasalahan pengolahan data yang yang masih manual sehingga rentannya kehilangan data atau rusak. Data manual akan menyebabkan kesalahan dalam membuat sebuah laporan. Beberapa karyawan ingin adanya sistem yang lebih praktis dan efisien. Untuk membangun sebuah sistem, diperlukan adanya rancangan UI/UX yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang UI/UX menggunakan metode design thinking pada aplikasi persediaan barang ND Mobile. Metode design thinking ini memiliki 5 tahapan diantaranya emphatize, define, ideate, prototype dan testing. Pada tahapan prototype, ada bagian penulis membuat wireframe dan UI Design aplikasi yang nantinya akan menjadi gambaran untuk bagian testing. Pada bagian testing penulis menguji kredibilitas prototype yang dibuat menggunakan aplikasi figma. Prototype diujikan kepada 10 orang responden yang merupakan karyawan CV. Dwipa DJaya Group dengan hasil penilaian memperoleh skor rata-rata sebanyak 45.2.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] S. N. Oktaviani, C. Fikri Aziz, and B. M. Sulthon, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisa UI/UX Sistem Informasi Penjualan Berbasis Mobile Menggunakan Metode Prototype,” Media Online, vol. 2, no. 6, pp. 225–233, 2022, [Online]. Available: https://djournals.com/klik
[2] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
[3] C. Damayanti, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 551, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3526.
[4] A. W. M. G. hidayat fahrul, “Desain UI/UX Aplikasi Konter Handphone Berbasis Mobile Menggunakan Design Thinking,” vol. 04, no. 03, pp. 31–41, 2023.
[5] H. Atanta Ginting, “Sistem Informasi Persediaan Barang Gudang Pada Tewangi Indonesia,” INFOTECH J., vol. 8, no. 2, p. 141, 2022.
[6] F. C. Wardana, I. G. Lanang, and P. Eka, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 04, pp. 1–12, 2022.
[7] S. Mangopa, H. Tuli, and M. Mahmud, “Analisis Penerapan SAK-EMKM Persediaan Pada Usaha Mikro & Kecil Sektor Ritel Barang Harian,” Jambura Account. Rev., vol. 1, no. 2, pp. 70–83, 2020, doi: 10.37905/jar.v1i2.12.
[8] M. D. P. M. C. M. Scarcelli, Young People and the Smartphone Everyday Life on the Small Screen. Switzerland AG: The Author(s), under exclusive license to Springer Nature, 2022. doi: https://doi.org/10.1007/978-3-031-06311-4_1.
[9] D. Calonaci, Designing User Interfaces Exploring. 2021.
[10] A. P. Wardhanie and E. Rahmawati, “Pengenalan dan Penerapan User Interface and User Experience Design for Beginners,” Batara Wisnu Indones. J. Community Serv., vol. 2, no. 3, pp. 536–544, 2022, doi: 10.53363/bw.v2i3.129.
[11] K. H. Lim and N. Setiyawati, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majuli Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inf. Technol. Ampera, vol. 3, no. 2, pp. 108–123, 2022, doi: 10.51519/journalita.volume3.isssue2.year2022.page108-123.
[12] R. Yulius, M. F. A. Nasrullah, D. K. Sari, and M. A. Alban, “Design Thinking: Konsep dan Aplikasinya,” Eureka Media Aksara, pp. 1–74, 2022.
[13] M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Log. J. Ilmu Komput. …, vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193
[14] J. Chen et al., “Wireframe-based UI Design Search through Image Autoencoder,” ACM Trans. Softw. Eng. Methodol., vol. 29, no. 3, 2020, doi: 10.1145/3391613.
[15] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[16] Ratna Nur Fadilah and Dhian Sweetania, “Perancangan Design Prototype Ui/Ux Aplikasi Reservasi Restoran Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Ilm. Tek., vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023, doi: 10.56127/juit.v2i2.826.
[17] N. Yuda Samudra, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Sistem CRM, Cash Flow, dan Management Stock Inventory Pada Aplikasi Krealogi,” Log. J. Ilmu Komput. dan …, vol. 1, no. 5, pp. 1283–1296, 2023.
[18] I. P. W. Hana Adilah, Rinta Kridalukmana, “Perancangan Ulang User Interface dan User Experience Mobile Web-Based PT Subur Makmur Migas Pratama dengan Metode Design Thinking,” J. Tek. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 39–52, 2023, doi: 10.14710/jtk.v2i1.38089.