ANALISIS TINGKAT PENGGUNA JAMSOSTEK MOBILE (JMO) DENGAN METODE PEMERINGKATAN LANGSUNG

research
  • 02 May
  • 2024

ANALISIS TINGKAT PENGGUNA JAMSOSTEK MOBILE (JMO) DENGAN METODE PEMERINGKATAN LANGSUNG

Penelitian ini berfokus pada dua permasalahan utama terkait ketidakjelasan partisipasi dan keterlibatan peserta program Jamsostek dalam memanfaatkan fitur-fitur aplikasi, termasuk informasi manfaat program. Sementara itu, penelitian juga menjelajahi tingkat penerimaan teknologi di kalangan peserta program Jamsostek dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi minat mereka menggunakan aplikasi mobile untuk mengakses layanan Jamsostek. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian menggunakan metode Pemeringkatan Langsung yang mencakup dimensi Perhatian, Pemahaman, Respon Kognitif, Respon Afektif, Sikap. Proses analisis dilakukan dengan menarik sampel responden dari wilayah BPJS Ketenagakerjaan Bekasi Kota melalui metode Accidental Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 45, dan dibantu oleh SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan skor total keseluruhan sub variabel sebesar 84,42, menandakan tingkat efektivitas yang sangat baik.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] M. Mukhsin, “Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi,” Teknokom, vol. 3, no. 1, pp. 7–15, 2020, doi: 10.31943/teknokom.v3i1.43.

[2] M. S. Hartawan, “Analisis Faktor Pengaruh Penggunaan Aplikasi Mobile Menggunakan Unified Theory Acceptance and Use of Technology ( Utaut ),” J. Teknol. Inf. ESIT, vol. 14, no. 03, pp. 1–5, 2019.

[3] P. W. Lestari, Modul Pengolahan Analisis Data Menggunakan SPSS. 2021.

[4] D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. 2013.

[5] Wiradi, Pengertian Analisis. 2013.

[6] J. Fadilah and D. Andriana, “Efektivitas Iklan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Menggunakan Metode Direct Rating Mathod (DRM),” J-Ika, vol. 8, no. 1, pp. 84–92, 2021, doi: 10.31294/kom.v8i1.10611.

[7] F. H. Hanifa, A. Wulandari, and W. Sastika, “Direct rating method untuk mengukur efektivitas iklan melalui media televisi (studi pada iklan teh pucuk harum),” Ikraith-Humaniora, vol. 3, no. 2, pp. 116–120, 2019.

[8] I. D. Fitriani and E. Pujiyanto, “Perbandingan Efektivitas Media Promosi Menggunakan Direct Rating Method untuk Meningkatkan Brand Awarness pada Produk Indihome Study,” Semin. dan Konf. Nas. IDEC 2020, no. November, p. C05.1--10, 2020.

[9] K. A. Gultom, N. Wijaya, and N. P. Eka Mahadewi, “Efektivitas Iklan Terhadap Keputusan Wisatawan Membeli Tiket Pesawat Di Traveloka.Com,” J. IPTA, vol. 9, no. 2, p. 342, 2022, doi: 10.24843/ipta.2021.v09.i02.p13.