Perancangan UI/UX Aplikasi Absensi Kerja Pada PT. NEXWAVE Menggunakan Figma

research
  • 23 Apr
  • 2024

Perancangan UI/UX Aplikasi Absensi Kerja Pada PT. NEXWAVE Menggunakan Figma

ABSTRAK

Dwiky Cahya Kurniawan (11231226), Perancangan UI/UX Aplikasi Absensi Kerja Pada PT. NEXWAVE Menggunakan Figma.

PT. NEXWAVE adalah salah satu subkontraktor telekomunikasi terbesar di Indonesia. Sebagai akibat dari sistem berjalan yang memiliki tingkat minimum efektifitas yang masih berlangsung, perusahaan saat ini ingin mengubah cara pencatatan data absensi karyawan digital dengan membangun aplikasi Absensi Kerja Karyawan pada PT. NEXWAVE. Kendala yang saat ini sedang dihadapi oleh PT. NEXWAVE adalah karyawan memiliki kendala dalam melakukan absensi dikarenakan masih menggunakan pihak ketiga sehingga menurunkan efisiensi kerja karyawan. Perancangan UI/UX aplikasi menggunakan metode Design Thinking, yang mencakup tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Testing. Metode design thinking digunakan untuk meneliti user experience karyawan agar dapat menciptakan user interface aplikasi absensi yang mudah dioperasikan dan dipelajari oleh karyawan. Program juga diuji secara usability testing dengan menyuguhkan kuesioner yang dikonversikan menjadi benchmark diagram. Pengujian usability berdasarkan lima komponen yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation dan novelty.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] I. P. Q. Sari, “Attribution-ShareAlike 4.0 International Some rights reserved Sistem Informasi Perancangan Sistem Absensi Pegawai Kantoran Secara Online pada Website Berbasis HTML dan CSS,” 2020.

[2] W. B. A. A. M. D. Dinasari, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ABSENSI GURU BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS : SD NEGERI 3 TANGKIT SERDANG),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 50 57, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

[3] N. Cahya, “21-Article Text-39-1-10-20210314,” Peranc. Sist. Inf. ABSENSI KARYAWAN PADA Kant. SATPOL PP DAN WH ACEH, 2020.

[4] N. Rio, D. Hariyanto, and E. Sunita, “Rancang Bangun Sistem Informasi Absensi Karyawan Pada PT. San Andreas Mandiri Bekasi,” IJSE-Indonesian J. Softw. Eng., vol. 5, no. 2, pp. 34–41, 2019.

[5] R. Bagus Bambang Sumantri, R. Suryani, and R. Agus Setiawan, “Pelatihan Desain Prototipe Sistem Informasi Siswa SMK Menggunakan FIGMA,” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, p. 2023.

[6] M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 43–52, Aug. 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.

[7] F. Fariyanto and F. Ulum, “PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

[8] S. Soedewi, A. Mustikawan, and W. Swasty, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci,” 2022.

[9] M. Hamdandi, R. Chandra, F. Bachtiar, N. Lais, D. A. Sastika, and M. R. Pribadi, MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Bapakkost Dengan Metode Design Thinking. 2022.

[10] Wahyu Andhyka Kusuma, Kharisma Muzaki Ghufron, and Fauzan, “PENGGUNAAN USER PERSONA UNTUK EVALUASI DAN MENINGKATKANEKSPEKTASI PENGGUNA DALAM KEBUTUHAN SISTEM INFORMASIAKADEMIK,” 2020.

[11] S. Rizka Anggraeni and W. A. Kusuma, “ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN METODE USER PERSONA,” 2021.

[12] E. Dwi Wahyuni, W. Andhyka Kusuma, H. Rais Abdillah, and H. Yuliani Sari, “PERSPEKTIF AWAM DALAM IMPLEMENTASI ELISITASI
KEBUTUHAN MENGGUNAKAN USER PERSONA,” 2020.

[13] A. Kathleen, R. P. Sutanto, and A. Pranayama, “ANALISIS PERBANDINGAN USER FLOW DARI APLIKASI E-CATALOGUE IFURNHOLIC,” 2021.

[14] R. P. Sutanto, “Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra,” Nirmana, vol. 22, no. 1, pp. 41 51, Jun. 2022, doi: 10.9744/nirmana.22.1.41-51.

[15] DYANDRA AYU KSP, “PERANCANGAN ULANG UI/UX WEBSITE ELEARNING SMK BPI BANDUNG MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” 2023.

[16] R. N. Fadilah and D. Sweetania, “PERANCANGAN DESIGN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI RESERVASI RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” JUIT, vol. 2, no. 2, 2023.

[17] W. S. Wardhono, A. Putra Kharisma, E. Muhammad, A. Jonemaro, and U. B. Malang, “PENGEMBANGAN DESAIN SOLUSI DASBOR LEARNING ANALYTICS SEBAGAI INPUT PADA MODEL PERSONALIZED LEARNING,” J. Edunity Kaji. Ilmu Sos. dan Pendidik., vol. 1, no. 04, 2022, [Online]. Available: https://edunity.publikasikupublisher.com

[18] Siti Rohimah, “Aplikasi Pengambilan Cuti Kepegawaian Secara Online BerbasisWebsite Pada Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung,” 2019.

[19] K. Sianturi and H. Wijoyo, “EKONAM: Jurnal Ekonomi Rancang Bangun System Informasi Penggajian Dan Absensi Karyawan Megara Hotel Pekanbaru Berbasis Web,” 2020, [Online]. Available: http://ejournal.uicmunbar.ac.id/index.php/ekonam

[20] T. Muhamad, S. Suhardi, and H. Priyandaru, “SISTEM INFORMASI ABSENSI KARYAWAN PADA CV. MANHA DIGITAL BERBASIS ANDROID,” J. Tek. Inf. dan Komput., vol. 5, no. 1, p. 60, Jun. 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i1.378.

[21] T. Syahril, A. Sulistyanto, and V. Yasin, “Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI KARYAWAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : CV ANEKA GARMINDO),” vol. 3, no. 4, pp. 382–395, 2023, doi: 10.52362/jmijayakarta.v3i4.1054.

[22] D. Nur Kholifah, K. Solecha, and M. Arif Fai, “Perancangan Program Absensi Karyawan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada PT Kedai Sayur Indonesia,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 8, no. 1, pp. 115–124, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse

[23] M. Haque and D. R. Indah, “Design of Digital Library Prototype Using The Design Thinking Method,” J. Ris. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 451–458, 2022, doi: 10.34288/jri.v5i1.442.