Perancangan Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bogor

research
  • 18 Apr
  • 2024

Perancangan Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bogor

ABSTRAK

Dati Nurhasanah (11220974), Perancangan Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor adalah salah satu unsur pelaksana pemerintah daerah di Provinsi Jawa Barat, dalam hal ini menunjang pemerintah daerah dalam bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Sebagai salah satu perangkat daerah di Kota Bogor, DP3A terus berusaha untuk melakukan perbaikan dan peningkatan dalam hal pelaksanaan pelayanan publik terhadap masyarakat. Perbaikan dan peningkatan pelayanan publik ini dapat dievaluasi salah satunya dengan merujuk pada hasil penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dihitung setiap akhir tahun. Namun dikarenakan proses perhitungan dan pengolahan survei kepuasan masyarakat masih dilakukan manual, sehingga membutuhkan waktu dalam pengolahan data. Perancangan sistem informasi survei kepuasan masyarakat (SISUKA) dapat membantu mempermudah pengelolaan data survei kepuasan masyarakat sekaligus mengolah data sehingga menghasilkan nilai indeks kepuasan masyarakat yang valid dan akurat. Metode penelitian dilakukan dengan cara observasi dan wawancara untuk mempermudah perancangan sistem sesuai kebutuhan. Sistem informasi ini dirancang untuk dapat menghindari adanya kesalahan dalam perhitungan nilai indeks kepuasan masyarakat, sehingga sistem akan otomatis menghitung dan menghasilkan nilai indeks kepuasan masyarakat pada DP3A Kota Bogor secara cepat dan akurat.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] Presiden Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Jakarta, 2012. [Online]. Available: www.djpp.depkumham.go.id

[2] Arman, S. Dunggio, and S. M. Kantu, “Faktor Pendukung Pelayan Publik Dalam Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah,” Al Qisthi J. Sos. dan Polit., vol. 12, pp. 1–14, Dec. 2022, Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: https://www.semanticscholar.org/paper/FAKTOR-PENDUKUNGPELAYANAN-PUBLIK-DALAM-KINERJA-ArmanDunggio/41b2e60b9319e10316745ffbd6689e3f732ce4d2

[3] Wiratno, “Implementasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan,” Supremasi Huk., vol. 16, no. 02, pp. 1–23, Jul. 2020, Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: http://www.ejournal.unis.ac.id/index.php/JSH/article/view/739

[4] Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, 2017. Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/132600/permen-pan-rb-no-14- tahun-2017

[5] Kurniawati and M. Badrul, “Penerapan Metode Waterfall Untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 8, no. 2, pp. 52–57, Sep. 2021, Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/3852

[6] Ikatan Akuntan Indonesia, Asurans dan Sistem Informasi, 1st ed. Jakarta Pusat: Ikatan Akuntan Indonesia, 2015.

[7] S. Maulidiah, Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), 1st ed., vol. 1. Bandung: CV. Indra Prahasta, 2014.

[8] T. Prasodjo, Pelayanan Publik Era Digital, 1st ed., vol. 1. Kecamatan Lowokwaru Kota Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2023.

[9] J. T. Santoso and Migunani, Desain & Analisis, Sistem Berorientasi Obyek dengan UML. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik & Universitas Sains Teknologi Komputer (Universitas STEKOM), 2021.

[10] H. G. Simanullang and A. P. Silalahi, Pemrograman Web Menggunakan 99 Framework Codeigniter 4, 1st ed. Malang: Penerbit Madza Media, 2022.

[11] S. K. . M. K. Ach. Khozaimi, Pemrograman Aplikasi Web, 1st ed., vol. 1. Malang: Media Nusa Creative, 2020. Accessed: Oct. 26, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pemrograman_Aplikasi_Web/JVFKE AAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

[12] P. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, 1st ed., vol. 1. Yogyakarta: Alfabeta Bandung, 2022.

[13] L. E. Anjaswari and H. N. Irmanda, “Sistem Informasi Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Kecamatan Metro Pusat Berbasis Web,” Inform. J. Ilmu Komput., vol. 17, no. 2, pp. 132–141, Aug. 2021, Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.upnvj.ac.id/informatik/article/view/3468

[14] Amrin, M. D. Larasati, and I. Satriadi, “Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 6, no. 1, pp. 135–140, Feb. 2020, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

[15] Rosmiati, “Analisis Dan Pengujian Sistem Menggunakan Black Box Testing Equivalence Partitioning: System Analysis And Testing Using Black Box Testing Equivalence Partitioning,” J. Sains Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 56–63, 2021, Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: https://journal.umpr.ac.id/index.php/jsakti/article/view/1932

[16] Y. Firmansyah, R. Maulana, M. S. Maulana, and Bobi, “Implementasi Metode SDLC Prototype Pada Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Berbasis Website Studi Kasus Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil,” JUSTIN (Jurnal Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 315–323, Jul. 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.46964.

[17] J. Bazarah, A. Jubaidi, and F. Hubaib, “Konsep Pelayanan Publik di Indonesia (Analisis Literasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia),” Dedik. J. Ilm. Sos. Hukum, Budaya, vol. 22, no. 2, pp. 105–122, Dec. 2021, Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: http://ejurnal.untagsmd.ac.id/index.php/dedikasi/article/viewFile/5860/5575

[18] L. Suheri, “Analisis dan Desain Sistem Informasi Pengolahan Data Pegawai Berbasis GUI,” Simtika, vol. 3, no. 1, pp. 1–6, Jan. 2020, Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/70

[19] R. C. Puspitarini and M. S. Aprilia, “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Mal Pelayanan Publik Kota Probolinggo,” Publicio J. Ilm. Polit. Kebijak. Dan Sos., vol. 3, no. 1, pp. 56–61, Jan. 2021, Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.upm.ac.id/index.php/public/article/view/497